Rangkuman IPAS Kelas 5 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi IPAS Kelas 5 SD Bab 4 “ Ayo Berkenalan dengan Bumi Kita” Kurikulum Merdeka

Halo sahabat kherysuryawan, pada posringan kali ini admin akan membahas mengenai materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran IPAS diKelas 5 SD Kurikulum merdeka. Adapun materi yang akan di sajikan pada kesempatan kali ini yaitu rangkuman materi IPAS Kelas 5 SD kurikulum merdeka Bab 4 yaitu tentang Ayo Berkenalan dengan Bumi Kita.

 


Belajar tentunya membutuhkan sebuah rangkuman dari materi yang akan dipelajari. Dengan membuat rangkuman maka akan lebih memudahkan bagi siswa dalam belajar. Rangkuman berisikan kumpulan materi inti yang menjadi materi terpenting dalam pembelajaran. Siswa akan lebih cepat tanggap dan mudah memahami materi jika materi yang di sajikan lebih ringkas dan terperinci.

 

Nah bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan rangkuman materi untuk mata pelajaran IPAS Kelas 5 Bab 4 tentang Ayo Berkenalan dengan Bumi Kita yang akan dipelajari pada pembelajaran dikurikulum merdeka, maka anda bisa mendapatkan rangkuman materinya pada artikel ini. Disini admin akan mencoba untuk menyajikan ringkasan materi IPAS Kelas 5 SD Bab 4 kurikulum merdeka secara mendetail.

 

Perlu diketahui bahwa materi Bab 4 tentang Ayo Berkenalan dengan Bumi Kita yang akan dipelajari di Kelas 5 SD kurikulum merdeka yang akan di sajikan pada postingan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran IPAS Kelas 5 kurikulum merdeka.

Adapun jenis materi yang akan di pelajari di Bab 4 Ayo Berkenalan dengan Bumi Kita yaitu memuat 3 Topik penting diantaranya adalah :

  • Topik A: Ada Apa Saja di Bumi Kita?
  • Topik B:Mengapa Bentuk Permukaan Bumi Berubah-ubah?
  • Topik C: Bagaimana Bumi Kita Berubah?

 

Ada beberapa Tujuan pembelajaran yang ingin di capai pada pembelajaran di Bab 4 ini diantaranya yaitu sebagai berikut :

Tujuan Pembelajaran :

  1. Mengetahui struktur lapisan Bumi (litosfer, hidrosfer, dan atmosfer) dan kenampakan alam yang ada di daratan maupun perairan.
  2. Menjelaskan terjadinya siklus air dan perubahan-perubahan di permukaan Bumi.
  3. Peserta didik menceritakan kembali proses pergerakan lempeng Bumi yang terjadi akibat arus konveksi cairan di mantel Bumi.

 

Baiklah untuk mengetahui rangkuman materi IPAS Kelas 5 Bab 4 “ Ayo Berkenalan dengan Bumi Kita” kurikulum merdeka, maka di bawah ini sajian lengkapnya :

 

Bab 4 : Ayo Berkenalan dengan Bumi Kita

Topik A: Ada Apa Saja di Bumi Kita?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ilmuwan, ternyata bentuk permukaan Bumi tidaklah datar dan mulus, melainkan bermacam-macam bentuknya. Ada daerah yang menonjol, ada daerah yang cekung, ada yang terisi oleh air, dan ada juga yang kering. Selain itu, ada daerah yang penuh dengan tanaman dan ada juga yang gersang.

 

1. Litosfer (daratan)

Gunung adalah bagian daratan yang menonjol dibandingkan dataran lainnya. Biasanya, gunung berukuran sangat besar. Jadi, kalian bisa melihat gunung dengan sangat jelas walaupun dari jarak jauh. Beberapa gunung ada yang bersifat aktif (bisa meletus) atau yang lebih sering dikenal sebagai gunung berapi. Namun, ada juga beberapa gunung yang sifatnya pasif (tidak dapat meletus).

 

Di daratan, kalian juga bisa menemui dataran tinggi dan dataran rendah. Sesuai namanya, dataran tinggi adalah daerah daratan yang ketinggiannya lebih dari 200 meter di atas permukaan laut. Adapun dataran rendah adalah bagian daratan yang ketinggiannya antara 0 - 200 meter di atas permukaan air laut.

 

2. Hidrosfer (perairan)

Hidrosfer adalah lapisan perairan yang menyelimuti permukaan Bumi. Meskipun sepertinya daerah dataran di Bumi sangat luas, ternyata pada kenyataannya daerah permukaan Bumi yang digenangi air lebih besar, lho. Sekitar 71% dari permukaan Bumi tertutup air, baik air yang ada di lautan, danau, sungai maupun rawa-rawa.

 

Atmosfer Bumi

Selain bentuk permukaan Bumi yang ada di daratan (litosfer) dan lautan (hidrosfer), di Bumi juga ada yang namanya atmosfer. Atmosfer adalah udara yang menyelimuti permukaan Bumi. Di dalam atmosfer terdapat udara yang bisa dihirup/digunakan oleh makhluk hidup untuk bernapas.

 

Di atmosfer terdapat lapisan-lapisan udara, yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer. Setiap lapisan udara dibedakan berdasarkan temperaturnya dan ketinggiannya dari permukaan Bumi. Troposfer merupakan lapisan paling dekat dengan Bumi. Di dalam troposfer terdapat gas oksigen, nitrogen, uap udara, dan awan. Bahkan, asap bekas polusi kendaraan terdapat di lapisan tersebut.

 

Ada juga lapisan udara yang bernama ozon. Ozon membantu mengurangi intensitas sinar ultraviolet (UV) dari cahaya Matahari yang masuk ke Bumi, Jika lapisan ini tidak ada atau rusak, maka cahaya Matahari yang masuk ke Bumi dapat merusak kehidupan di muka Bumi.

 

Materi Inti :

  1. Bumi kita secara umum terdiri atas tiga komponen, yaitu litosfer (lapisan tanah yang menyelimuti Bumi/daratan), hidrosfer (lapisan air yang menyelimuti Bumi/perairan), dan atmosfer (lapisan udara yang menyelimuti Bumi).
  2. Kenampakan alam yang ditemui di daratan diantaranya gunung, bukit, lembah, dataran tinggi, dan dataran rendah.
  3. Kenampakan alam yang ditemui di perairan diantaranya sungai, danau, muara, dan laut.
  4. Atmosfer dapat dibagi-bagi menjadi beberapa lapisan, yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer.

 

Topik B: Mengapa Bentuk Permukaan Bumi Berubah-ubah?

Bumi tempat kita tinggal juga mengalami perubahan yang sangat cepat. Salah satu contohnya perubahan cuaca.

Apa itu cuaca? Secara sederhana cuaca adalah keadaan udara di atmosfer pada waktu dan tempat tertentu yang sifatnya tidak menentu dan berubah-ubah. Contohnya, saat kalian berada di sekolah terjadi hujan, tapi pada saat yang bersamaan tidak terjadi hujan di rumah kalian.

 

Hujan sebagai salah satu peristiwa alam yang merupakan bagian dari siklus air.

Apa itu siklus air? Siklus air adalah proses perpindahan air di permukaan Bumi ke atmosfer yang terjadi secara terus-menerus.

 

Materi Inti :

  1. Bumi kita senantiasa mengalami perubahan.
  2. Perubahan kondisi Bumi dapat disebabkan oleh kondisi alam maupun perbuatan manusia.
  3. Cuaca di sekitar kita dapat berubah-ubah.
  4. Siklus air adalah proses perpindahan air di permukaan Bumi ke atmosfer yang terjadi secara terus-menerus.

 

Topik C: Bagaimana Bumi Kita Berubah?

Alam kita senantiasa berubah. Mulai dari perubahan cuaca yang sifatnya sementara sampai dengan perubahan kondisi lingkungan yang sifatnya semipermanen.

 

Perubahan kondisi lingkungan yang sifatnya semipermanen salah satunya terjadi karena bencana alam. Contohnya, ketika Gunung Tambora di Pulau Lombok yang meletus pada tahun 1815. Awalnya, Gunung Tambora memiliki ketinggian 4.200 meter di atas permukaan air laut (dpl). Namun, setelah meletus tingginya berkurang menjadi hanya 2.800 meter dpl.

 

Selain gunung meletus, ada juga faktor alam lainnya yang mengubah bentuk permukaan Bumi, seperti tsunami, tanah longsor, gempa Bumi, dan sebagainya. Peristiwa-peristiwa alam ini terjadi karena struktur permukaan Bumi yang terus bergerak.

 

Berikut ini contoh Struktur lapisan Bumi

Mengapa struktur permukaan Bumi kita senantiasa berubah dari waktu ke waktu ? Jawaban sederhananya, yaitu karena lempengan Bumi senantiasa bergerak akibat dari arus konveksi yang terjadi di dalam Bumi.

 

Materi Inti :

  1. Permukaan Bumi berbentuk padat (keras) dan bagian mantel Bumi berbentuk cair.
  2. Lapisan permukaan Bumi berbentuk lempengan-lempengan yang bisa saling tumpang tindih satu sama lain.
  3. Lempengan Bumi senantiasa bergerak karena adanya arus konveksi yang terjadi di dalam Bumi.
  4. Pergerakan lempeng Bumi ini yang menyebabkan permukaan Bumi mengalami perubahan.
  5. Arus konveksi pada cairan bergerak dari air yang memiliki suhu tinggi ke air yang memiliki suhu lebih rendah.

 

Itulah rangkuman materi IPAS Kelas 5 SD Kurikulum merdeka Bab 4 tentang “ Ayo Berkenalan dengan Bumi Kita”.

Bagi anda yang membutuhkan Buku teks pelajaran IPAS Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka maka anda bisa mendapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa IPAS Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai rangkuman / ringkasan materi pelajaran IPAS untu kelas 5 SD kurikulum merdeka yang ada pada Bab 4 yaitu tentang  “ Ayo Berkenalan dengan Bumi Kita”. Semoga sajian materi diatas dapat menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat baik bagi siswa maupun bagi guru dalam pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel