Rangkuman Matematika Kelas 5 Bab 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi matematika Kelas 5 SD Bab 1 Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat semester 1 kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, bagaimana kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Oh ya, pertama admin ingin mengucapkan selamat datang di website pendidikan ini. Disinilah tempat admin kherysuryawan untuk bisa selalu berbagi informasi khususnya informasi seputar pendidikan.

 


Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan membahas tentang salah satu mata pelajaran yang nantinya akan dipelajari di kelas 5 SD Kurikulum merdeka yakni mata pelajaran matematika. Melalui postingan ini admin akan berbagi tentang materi pelajaran matematika kelas 5 SD semester 1 kurikulum merdeka.

 

Perlu diketahui bahwa pada mata pelajaran matematika kelas 5 SD kurikulum merdeka semester 1 akan ada 8 Bab yang akan dipelajari dan dikesempatan ini admin akan memabahas materi yang terdapat pada bab 1 yaitu tentang “Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat”.

 

Untuk memudahkan para guru dan siswa dalam mempelajari materi pelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika maka diperlukan sebuah rangkuman atau ringkasan materinya. Oleh sebab itu melalui artikel ini admin kherysuryawan telah menyiapkan dan membuat ringkasan/rangkuman materi pelajaran matematika kelas 5 Bab 1 yang berjudul “Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat” yang akan di pelajari di kurikulum merdeka.

 

Rangkuman / ringkasan materi pelajaran matematika kelas 5 SD Bab 1 kurikulum merdeka ini akan dipelajari di semester 1 dan admin kherysuryawan sengaja membuatnya agar memudahkan bagi para sahabat pendidikan khususnya yang berada di jenjang sekolah SD sehingga bisa menjadikannya sebagai bahan belajar pada pembelajaran matematika di kelas 5 kurikulum merdeka.

 

Jika di sekolah anda sudah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka dan anda membutuhkan informasi mengenai materi pelajaran matematika Kelas 5 SD Bab 1 tentang Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat, maka anda bisa mendapatkan rangkuman materinya pada postingan ini secara lengkap dan gratis. Seluruh hasil rangkuman materi yang telah admin kherysuryawan berikan pada artikel ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran matematika kelas 5 SD Volume 1 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa pada materi matematika Kelas 5 Bab 1 ada beberapa materi pokok yang nantinya akan dipelajari, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sistem Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat
  • 10 kali dan 100 kali dari suatu bilangan
  • 1/10 dan 1/100 dari suatu bilangan

 

Baiklah berikut ini sajian materi matematika Kelas 5 Bab 1 Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat yang akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka.

 

Tujuan Pembelajaran Matematika Kelas 5 SD Bab 1 adalah Sebagai berikut:

  1. Untuk memperdalam pemahaman tentang bilangan bulat dan desimal melalui nilai tempat, serta mampu menerapkan dalam perhitungan.
  2. Membuat bilangan dengan besaran 10 kali, 100 kali, 1/10 , 1/100 , dan sebagainya kemudian mencari tahu hubungan satu dengan yang lainnya.

 

Bab 1 Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat

Sistem Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat

 

1. Ayo bandingkan dua bilangan 1.456 dan 1,456.

1. Isilah kotak berwarna hijau dengan sebuah bilangan.

Jawaban :


2. Lihatlah gambar blok di bawah dan diskusikan dengan temanmu.

Jawaban :


3. Lengkapilah pernyataan berikut ini.

Jawaban :

Bilangan bulat dan desimal bekerja dengan cara yang sama: sebuah bilangan satuannya dapat berpindah ke nilai tempat di atasnya jika sudah dikalikan dengan 10 dalam nilai tempat tersebut. Sebuah bilangan dapat berpindah ke nilai tempat di bawahnya jika dibagi 10.

4. Tulislah setiap bilangan pada tabel di bawah ini.

Jawaban : 


5. Bandingkan sistem bilangan desimal dengan sistem bilangan bulat dan diskusikan dengan temanmu.

Jawaban :



2. Ayo Berpikir tentang Sistem Bilangan

1. Untuk suatu bilangan bulat, ada berapa banyak bilangan yang diperlukan dalam sebuah nilai tempat agar dapat berpindah ke nilai tempat di atasnya? Ada berapa banyak bagian yang sama yang harus dibagi agar dapat berpindah ke nilai tempat di bawahnya?

 

2. Untuk suatu bilangan desimal, ada berapa banyak bilangan yang diperlukan dalam sebuah nilai tempat agar dapat berpindah ke nilai tempat di atasnya? Ada berapa banyak bagian yang sama yang harus dibagi agar dapat berpindah ke nilai tempat di bawahnya?

 

Pada bilangan bulat maupun bilangan desimal, sebuah bilangan satuannya dapat berpindah ke nilai tempat di atasnya jika sudah dikalikan dengan 10 dalam nilai tempat tersebut.

Sebuah bilangan dapat berpindah ke nilai tempat di bawahnya jika dibagi 10 (dikalikan 1/10 ).

Ini adalah ide dasar dari sistem nilai tempat. Dengan menggunakan sistem nilai tempat, setiap bilangan bulat atau bilangan desimal dapat dinyatakan dalam sepuluh bilangan yaitu 0, 1, 2,.., 9 dan tanda koma.

 

3. Ayo Bandingkan Perhitungan 132 + 47 dengan 1,32 + 4,7.

Apa pendapatmu tentang cara perhitungan Chia?

Jelaskan pendapatmu kepada teman-temanmu.


10 kali dan 100 kali dari suatu bilangan

4. Ayo Pikirkan Bilangan yang dikalikan dengan 10 dan 100

1. Ada 10 stiker yang masing-masing panjangnya 1,34 cm seperti pada gambar di bawah ini. Berapa cm total panjangnya?

Jawaban :



Ini adalah 10 kali dari 1,34, jadi kita dapat menghitungnya dengan 1,34 x 10 = 13,4

2. Ada 100 stiker yang masing-masing panjangnya 1,34 cm. Berapa cm total panjangnya?

Jawaban :

1,34 x 100 = 134

Jadi total panjangnya adalah 134 cm.

3. Tulislah panjang total dari 10 stiker dan 100 stiker pada tabel di bawah ini.

Jawaban :



4. Tulislah tanda koma ketika 1,34 dikalikan dengan 10 dan 100.

Jawaban :



Jika suatu bilangan dikalikan dengan 10, tanda komanya bergeser 1 tempat ke kanan. Jika suatu bilangan dikalikan dengan 100, tanda komanya bergeser 2 tempat ke kanan.

 

1/10 dan 1/100 dari suatu bilangan

5. Ayo pikirkan bilangan-bilangan yang merupakan 1/10 dan 1/100 dari suatu bilangan.

1. Hitunglah 1/10 dan 1/100 dari 296, dan tuliskan jawabannya pada tabel di bawah ini.

Jawaban : 



2. Bagaimanakah aturannya?

Jawaban :

Peringkatnya turun satu per satu.


3. Tulislah tanda koma dari bilangan yang merupakan 1/10 dan 1/100 dari 296 pada kotak di bawah ini.

Jawaban :



1/10 dari suatu bilangan menyebabkan tanda komanya bergeser 1 tempat ke kiri.

1/100 dari suatu bilangan menyebabkan tanda komanya bergeser 2 tempat ke kiri.

 

Bagi anda yang ingin mengetahui materi lengkapnya, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran matematika Kelas 5 SD kurikulum merdeka, yang filenya telah admin siapkan di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Matematika Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai rangkuman materi pelajaran matematika Kelas 5 SD Bab 1 Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat yang akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka. Semoga rangkuman materi ini senantiasa bermanfaat baik bagi guru maupun bagi siswa yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel