Rangkuman Matematika Kelas 5 Bab 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi matematika Kelas 5 SD Bab 2 Pengukuran per Kuantitas Unit semester 1 kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, bagaimana kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Oh ya, pertama admin ingin mengucapkan selamat datang di website pendidikan ini. Disinilah tempat admin kherysuryawan untuk bisa selalu berbagi informasi khususnya informasi seputar pendidikan.

 


Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan membahas tentang salah satu mata pelajaran yang nantinya akan dipelajari di kelas 5 SD Kurikulum merdeka yakni mata pelajaran matematika. Melalui postingan ini admin akan berbagi tentang materi pelajaran matematika kelas 5 SD semester 1 kurikulum merdeka.

 

Perlu diketahui bahwa pada mata pelajaran matematika kelas 5 SD kurikulum merdeka semester 1 akan ada 8 Bab yang akan dipelajari dan dikesempatan ini admin akan memabahas materi yang terdapat pada Bab 2 yaitu tentang “Pengukuran per Kuantitas Unit”.

 

Untuk memudahkan para guru dan siswa dalam mempelajari materi pelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika maka diperlukan sebuah rangkuman atau ringkasan materinya. Oleh sebab itu melalui artikel ini admin kherysuryawan telah menyiapkan dan membuat ringkasan/rangkuman materi pelajaran matematika kelas 5 Bab 2 yang berjudul “Pengukuran per Kuantitas Unit” yang akan di pelajari di kurikulum merdeka.

 

Rangkuman / ringkasan materi pelajaran matematika kelas 5 SD Bab 2 kurikulum merdeka ini akan dipelajari di semester 1 dan admin kherysuryawan sengaja membuatnya agar memudahkan bagi para sahabat pendidikan khususnya yang berada di jenjang sekolah SD sehingga bisa menjadikannya sebagai bahan belajar pada pembelajaran matematika di kelas 5 kurikulum merdeka.

 

Jika di sekolah anda sudah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka dan anda membutuhkan informasi mengenai materi pelajaran matematika Kelas 5 SD Bab 2 tentang Pengukuran per Kuantitas Unit, maka anda bisa mendapatkan rangkuman materinya pada postingan ini secara lengkap dan gratis. Seluruh hasil rangkuman materi yang telah admin kherysuryawan berikan pada artikel ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran matematika kelas 5 SD Volume 1 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa pada materi matematika Kelas 5 Bab 2 ada beberapa materi pokok yang nantinya akan dipelajari, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Nilai Rata-rata
  • Pengukuran Per Kuantitas Unit

 

Baiklah berikut ini sajian materi matematika Kelas 5 Bab 2 Pengukuran per Kuantitas Unit yang akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka.

 

Tujuan Pembelajaran Matematika Kelas 5 Bab 2 adalah sebagai berikut :

  • Untuk memahami arti, penggunaan, dan ekspresi rata-rata.
  • Mampu berpikir tentang pengukuran per kuantitas untuk memecahkan masalah sehari-hari secara matematis.


Bab 2 Pengukuran per Kuantitas Unit

Nilai Rata-Rata

Yosef dan Kadek membuat tabel berapa putaran yang mereka lalui ketika berlari pada setiap jam pelajaran olahraga selama 5 minggu.


1. Jika Yosef dan Kadek berlari dengan banyak putaran yang sama setiap minggu, berapa banyak putaran yang dilalui setiap minggu tersebut?

1. Jika kita misalkan Yosef berlari sebanyak 40 total putaran selama 5 minggu dan menempuh jumlah putaran yang sama setiap minggu, berapa banyak putaran yang dilalui setiap minggu tersebut?

Jawaban :

Jadi banyak putaran yang dilalui setiap minggu adalah 8 putaran

2. Jika kita misalkan Kadek berlari sebanyak 36 total putaran selama 4 minggu dan menempuh jumlah putaran yang sama setiap minggu, berapa banyak putaran yang dilalui setiap minggu tersebut?

Jawaban : 


Jadi banyak putaran yang dilalui setiap minggu adalah 9 putaran

3. Siapakah yang berlatih lebih banyak?

Jawaban :

Yang berlatih lebih banyak adalah Kadek

 

Proses untuk membuat pengukuran dari ukuran yang berbeda menjadi pengukuran baru dengan ukuran yang sama disebut merata-rata.


2. Ada jus buah dalam kotak-kotak berikut ini.

1. Ayo buat rata-rata dari jus buah tersebut sehingga setiap kotak memiliki volume jus yang sama.

Jawaban :


2. Ayo berpikir bagaimana cara menghitung pengukuran rata-rata.


Untuk menghitung pengukuran rata-rata dari 4 kotak, kita membagi total jus dalam 4 kotak menjadi 4.

 

Bilangan atau pengukuran yang merupakan rata-rata dari beberapa bilangan atau pengukuran disebut nilai rata-rata.

nilai rata-rata = jumlah total : banyaknya unit

 

3. Manakah di antara dua ayam berikut yang menghasilkan telur paling berat ketika dijumlah? Bandingkan dengan menghitung berat rata-rata dari telur tersebut.


Jawaban :

(56+ 58+ 56+ 61+ 54+ 57) : 6 = 57

(57+ 53+ 60+ 58+ 56+ 53+ 55) : 7 = 56

 

Jika menemukan sesuatu yang tidak mungkin untuk dinyatakan dengan bilangan desimal, misalnya jumlah buku, kamu tetap dapat menghitung nilai rata-ratanya dan dapat dinyatakan dengan bilangan decimal.

 

4. Tabel di bawah ini menunjukkan jumlah buku yang dibaca oleh 5 orang siswa pada bulan Agustus. Berapa banyaknya buku rata[1]rata yang dibaca oleh kelima siswa tersebut?


Jawaban :

Rata-rata = (4 + 3 + 0 + 5 + 2) : 5 = 2,8 buku

 

Bahkan untuk sesuatu yang tidak mungkin untuk dinyatakan dengan bilangan desimal, misalnya banyaknya buku, nilai rata[1]ratanya dapat dinyatakan dengan bilangan desimal.

 

Pengukuran per Kuantitas Unit

Beberapa anak berdiri di atas karpet.

Manakah dari gambar A , B , dan C yang paling padat?

Gambar A : 2 karpet, 12 anak

Gambar B : 3 karpet, 12 anak

Gambar C : 3 karpet, 15 anak

Jawaban :

Gambar yang paling padat adalah gambar A

 

1. Manakah yang lebih padat?

Bandingkan gambar B dan gambar C

Jawaban :

Ketika banyaknya karpet sama, karpet dengan anak lebih padat.

Jadi gambar C lebih padat

 

Bandingkan gambar A dan gambar B

Jawaban :

Ketika banyaknya anak sama, anak-anak dengan karpet yang lebih padat

Jadi gambar A lebih padat

 

Bandingkan gambar A dan gambar C

Jawaban :

Gambar A lebih padat

 

2. Ayo temukan berapa banyak anak dalam setiap karpet.

Jawaban :


3. Luas dari 1 karpet adalah 1 m2 . Berapa banyaknya anak per 1 m2 ?

Jawaban :

Gambar A : 12 : 2 = 6. Jadi banyak anak pada gambar A adalah 6 orang anak.

Gambar B : 12 : 3 = 4. Jadi banyak anak pada gambar A adalah 6 orang anak.

Gambar C : 15 : 3 = 5. Jadi banyak anak pada gambar A adalah 6 orang anak.

 

Tingkat kepadatan dinyatakan dengan 2 syarat, yaitu banyaknya anak dan luas.

Biasanya kita membandingkan tingkat kepadatan menggunakan satuan (unit) yang sama seperti 1 m2 atau 1 km2 . Ketika orang tidak dikelompokkan dalam cara yang terorganisir, banyaknya orang per 1 m2 menggambarkan tingkat kepadatan.

 

2. Tabel berikut ini menunjukkan populasi penduduk dan luas dari Kota Timur dan Kota Barat. Ayo hitunglah banyaknya orang per 1 km2 , dan lihatlah kota mana yang lebih padat.

Jawaban :


Kota Timur = banyak orang adalah 3.800

Kota Barat = banyak orang adalah 1.300

Jadi kota yang lebih padat adalah kota timur.


3. Ada sebuah kawat panjangnya 8 m dan beratnya 480 gram.

1. Berapa gram berat kawat per 1 m? Ayo tuliskan hubungan antara 4 bilangan dalam diagram dan dalam tabel berikut ini.

Jawaban :


Untuk membuat 8 menjadi 1, kita membaginya menjadi 8. Jadi kita bisa mendapatkan jawabannya dengan 480 ÷ 8 = 60.

Jadi berat kawat per 1 m adalah 60 gram.

2. Kita memotong kawat tersebut dan berat dari potongan kawat itu adalah 300 gram. Berapa meter panjang potongan kawat itu? Ayo jawab pertanyaan tersebut dengan menggambar diagram dan tabel berikut ini.

Jawaban :

Jadi panjang potongan kawat adalah 300 : 60 = 5 meter.

4. Mesin pertama dapat memompa 240 L air dalam 8 menit, sedangkan mesin kedua dapat memompa 300 L air dalam 12 menit. Mesin mana yang dapat memompa lebih banyak air per menit?

Jawaban :

Jadi jawabannya adalah mesin pertama memompa lebih banyak air per menit.

 

Menyelidiki Pemanasan Global Menggunakan Pengukuran Per Unit

Pemanasan global dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kenaikan permukaan air laut dan masalah dalam produksi pangan.

Salah satu penyebab pemanasan global adalah meningkatnya kadar karbondioksida di udara.

 

5. Ayo temukan berapa banyak peningkatan kadar karbondioksida di Jepang. Temukan juga berapa banyak peningkatan kadar karbondioksida per orang. Tunjukkan hasilnya menggunakan diagram batang dan diagram garis.

Jawaban :


6. Diagram berikut menunjukkan kadar karbondioksida per orang di beberapa negara. Apa yang dapat kamu amati? Diskusikan jawabanmu dengan teman-temanmu.


Bagi anda yang ingin mengetahui materi lengkapnya, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran matematika Kelas 5 SD kurikulum merdeka, yang filenya telah admin siapkan di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Matematika Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai rangkuman materi pelajaran matematika Kelas 5 SD Bab 2 Pengukuran per Kuantitas Unit yang akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka. Semoga rangkuman materi ini senantiasa bermanfaat baik bagi guru maupun bagi siswa yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel