Rangkuman Materi PPKN Kelas 5 Unit 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi PPKN Kelas 5 SD Unit 2/Bab 2 Kurikulum Merdeka dengan Judul “NORMA DALAM KEHIDUPANKU”

Halo sahabat kherysuryawan, senang rasanya bisa kembali memberikan informasi seputar dunia pendidikan. Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan memberikan pembahasan seputar materi pelajaran yang akan di pelajari di kelas 5 SD Kurikulum Merdeka yaitu mata pelajaran PPKN.

 


Bagi sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka maka dalam melakukan pembelajaran tentunya telah menggunakan buku teks pelajaran kurikulum merdeka. Agar memudahkan bagi siswa dalam belajar maka diperlukan sebuah ringkasan atau rangkuman materi yang berisikan materi inti atau materi yang penting-penting saja.

 

Disini admin kherysuryawan telah menyiapkan rangkuman materi pelajaran PPKN kelas 5 SD kurikulum merdeka khususnya materi yang ada pada Unit 2 yaitu “NORMA DALAM KEHIDUPANKU”. Materi ini nantinya akan di pelajari pada semester 1 kurikulum merdeka.

 

Ada beberapa materi inti yang nantinya akan dipelajari pada materi PPKN kelas 5 Unit 2 “NORMA DALAM KEHIDUPANKU”, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Makna norma dalam kehidupanku
  • Menjadi anak hebat dengan menerapkan norma
  • Menampilkan hasil telaah tentang norma

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat rangkuman/ringkasan materi yang ada pada mata pelajaran PPKN Kelas 5 SD Unit 2 “NORMA DALAM KEHIDUPANKU” kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian ringkasannya secara lengkap di bawah ini :

 

Unit 2: Norma Dalam Kehidupanku

1. Makna Norma dalam Kehidupanku

Hidup tanpa aturan maka tentunya akan sangat membahayakan. Pada prinsipnya Tuhan Yang Maha Esa sudah mentakdirkan manusia sebagai makhluk multi dimensi yang memiliki berbagai kebutuhan dan keinginan dalam hidupnya.

 

Secara naluri, semua kebutuhan dan keinginan manusia akan dicapai dengan berbagai macam cara. Apabila manusia tidak berpedoman pada aturan yang sudah di tetapkan oleh Tuhan Yang Maha Esa melalui kitab sucinya, maka akan terjadi kerusakan dan kekacauan di sekitar kita.

Mentaati perintahnya dan menjauhi larangannya adalah upaya kita Bersama untuk mewujudkan kehidupan yang berasaskan nilai Ketuhanan Yang Maha Esa.

 

Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berbudi luhur sangat menjunjung tinggi norma dalam kehidupan bermasyarakat. Norma pada hakikatnya merupakan kaidah hidup berupa tuntunan tingkah laku manusia dalam hidup bermasyarakat.

 

Norma adalah kebiasaan atau aturan yang menjadi pedoman berperilaku dalam kehidupan sehari-hari. Norma dapat dijumpai di berbagai tempat, khususnya pada saat di rumah dan sekolah. Dengan adanya norma kehidupan akan lebih teratur.

 

Terdapat empat norma yang berlaku di Indonesia, yaitu norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma hukum. Keempat norma tersebut berisi petunjuk, cara berkehidupan, tata krama, dan pedoman bertingkah laku bagi manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial.

 

Norma agama, adalah seperangkat aturan yang bersumber dari kitab suci berisi perintah, larangan, dan anjuran Tuhan Yang Maha Esa. Norma kesusilaan adalah norma yang bersumber dari hati nurani manusia. Norma kesopanan adalah norma yang bersumber dari kebiasaan dan tata cara hidup masyarakat. Norma hukum merupakan seperangkat aturan yang mengikat seluruh warga negara serta bersumber dari peraturan perundang-undangan yang berlaku dan memiliki sanksi yang tegas.

 

Contoh norma agama :

  1. Menunjukkan sikap menghormati perbedaan agama dan kepercayaan.
  2. Melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut.

 

Contoh norma kesusilaan :

  1. Menjenguk teman yang sedang sakit.
  2. Selalu mengedepankan sikap jujur.

 

Contoh norma kesopanan :

  1. Mengucapkan kata permisi ketika melewati orang lain.
  2. Menyapa guru pada saat bertemu.

 

Contoh norma hukum :

  1. Selalu mematuhi peraturan di sekolah
  2. Menyeberang di jalan raya melalui zebra cross.

 

2. Menjadi Anak Hebat dengan Menerapkan Norma

Empat norma yang berlaku di Indonesia sudah melingkupi seluruh petunjuk, cara berkehidupan, tata krama, dan peroman bertingkah laku bagi manusia sebagai makhluk individu dan sosial. Penerapan norma dalam kehidupan sehari-hari merupakan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik dengan memperhatikan hak dan kewajiban masing-masing individu agar tercipta masyarakat yang rukun, damai dan sejahtera.

 

Secara sederhana, hak adalah kewenangan seseorang untuk mendapatkan, memiliki, atau melakukan sesuatu berdasarkan ketentuan yang berlaku. Sementara itu, kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilaksanakan oleh seseorang berdasarkan aturan yang berlaku.

 

Contoh pelaksanaan hak dan kewajiban berdasarkan norma :

1. Norma Agama

  • Hak. Setiap orang berhak untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan agamanya masing-masing.
  • Kewajiban. Setiap orang wajib menghormati perbedaan agama dan menghormati teman yang berbeda agama pada saat beribadah.

 

2. Norma Kesusilaan

  • Hak. Akan disayang orang lain.
  • Kewajiban. Selalu berkata jujur dan berbuat baik kepada sesama.

 

3. Norma Kesopanan

  • Hak. Memberikan pendapat pada saat bermusyawarah.
  • Kewajiban. Menghormati orang yang lebih tua.

 

4. Norma Hukum

  • Hak. Seluruh warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum.
  • Kewajiban. Setiap orang wajib mematuhi aturan yang ada.

 

3. Menampilkan Hasil Telaah tentang Norma

Penerapan norma dalam penggunaan teknologi menjadi suatu hal yang penting sebagai perilaku bijak bermedia sosial seperti tidak memposting kata-kata, foto maupun video yang dapat berpotensi menimbulkan konflik, tidak menghina orang lain serta mampu menjaga kehormatan dan harga diri.

 

Dasar hukum elektronik telah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 19 Tahun 2016 sehingga berbagai pelanggaran penggunaan media sosial dan sarana daring lainnya akan mendapatkan sangsi secara hukum.

 

Itulah Rangkuman/Ringkasan Materi PPKN Kelas 5 SD Unit 2 “NORMA DALAM KEHIDUPANKU” yang bisa admin kherysuryawan sajikan pada artikel ini, dan bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran PPKN Kelas 5 SD kurikulum merdeka maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa PPKN Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan Materi PPKN Kelas 5 SD Unit 2 “NORMA DALAM KEHIDUPANKU” yang nantinya akan dipelajari pada pembelajaran kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah admin sajikan dan bagikan pada kesempatan ini bisa membantu para guru dan siswa dalam memperoleh bahan pembelajaran khususnya untuk mapel PPKN jenjang SD kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel