Rangkuman IPAS Kelas 5 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi IPAS Kelas 5 SD Bab 3 “ Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan” Kurikulum Merdeka

Halo sahabat kherysuryawan, pada posringan kali ini admin akan membahas mengenai materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran IPAS diKelas 5 SD Kurikulum merdeka. Adapun materi yang akan di sajikan pada kesempatan kali ini yaitu rangkuman materi IPAS Kelas 5 SD kurikulum merdeka Bab 3 yaitu tentang Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan.

 


Belajar tentunya membutuhkan sebuah rangkuman dari materi yang akan dipelajari. Dengan membuat rangkuman maka akan lebih memudahkan bagi siswa dalam belajar. Rangkuman berisikan kumpulan materi inti yang menjadi materi terpenting dalam pembelajaran. Siswa akan lebih cepat tanggap dan mudah memahami materi jika materi yang di sajikan lebih ringkas dan terperinci.

 

Nah bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan rangkuman materi untuk mata pelajaran IPAS Kelas 5 Bab 3 tentang Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan yang akan dipelajari pada pembelajaran dikurikulum merdeka, maka anda bisa mendapatkan rangkuman materinya pada artikel ini. Disini admin akan mencoba untuk menyajikan ringkasan materi IPAS Kelas 5 SD Bab 3 kurikulum merdeka secara mendetail.

 

Perlu diketahui bahwa materi Bab 3 tentang Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan yang akan dipelajari di Kelas 5 SD kurikulum merdeka yang akan di sajikan pada postingan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran IPAS Kelas 5 kurikulum merdeka.

Adapun jenis materi yang akan di pelajari di Bab 3 Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan yaitu memuat 3 Topik penting diantaranya adalah :

  • Topik A: Apa dan Untuk Apa Magnet Diciptakan?
  • Topik B: Bagaimana Cara Mendapatkan Energi Listrik?
  • Topik C: Teknologi untuk Kehidupan .

 

Ada beberapa Tujuan pembelajaran yang ingin di capai pada pembelajaran di Bab 3 ini diantaranya yaitu sebagai berikut :

Tujuan Pembelajaran :

1. Memanfaatkan gaya magnet untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Mendeskripsikan bagaimana energi listrik diperoleh dan digunakan.

3. Menggunakan perangkat teknologi yang memanfaatkan perubahan energi listrik.

 

Baiklah untuk mengetahui rangkuman materi IPAS Kelas 5 Bab 3 “ Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan” kurikulum merdeka, maka di bawah ini sajian lengkapnya :

 

Bab 3- Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan

Topik A: Apa dan Untuk Apa Magnet Diciptakan?

1. Sifat Magnet

Magnet adalah suatu logam yang memiliki kemampuan menarik besi lainnya. Tidak semua benda bisa ditarik oleh magnet. Hanya benda-benda yang mengandung logam yang dapat ditarik oleh magnet. Itu sebabnya dalam percobaan pertama hanya klip besi, jarum, peniti, dan logam yang dapat ditarik oleh magnet. Adapun beras, kedelai, biji-bijian, kayu, tanah, dan kerikil tidak mengandung unsur besi sehingga tidak dapat ditarik oleh magnet.

 

2. Garis-garis Gaya Magnet

Gambar di atas merupakan contoh gambar serbuk pasir/besi yang diletakkan di atas sebuah magnet. Garis-garis yang terbentuk menunjukkan medan magnet. Semakin banyak serbuk pasir/besi yang menempel di bagian tertentu maka semakin besar kekuatan magnet di bagian tersebut.

 

Setiap magnet selalu memiliki kutub Utara yang disimbolkan dengan huruf N dankutub Selatan yang disimbolkan dengan huruf S. Jika kalian mendekatkan dua magnet dengan kutub sejenis maka magnet tersebut akan saling menolak satu sama lain.

 

3. Kekuatan Magnet

Magnet yang ada di bagian ujung menarik lebih banyak serbuk pasir/besi dibandingkan yang ada di bagian tengah magnet. Hal ini menunjukkan bahwa kekuatan magnet yang paling besar terdapat di bagian ujungnya.

 

4. Penggunaan Magnet

Kemampuan magnet untuk menarik logam dan gaya medan magnetnya sangat bermanfaat dalam membantu kita menjalani aktivitas sehari-hari. Banyak peralatan elektronik yang memanfaatkan gaya magnet, seperti pengeras suara yang ada di ponsel pintar/televisi, hiasan kulkas, dinamo pada kendaraan bermotor atau mesin, headset, sirine, pintu lemari pendingin, dan gardu listrik.

 

Materi Inti:

  1. Gaya magnet adalah gaya tarik atau gaya tolak yang dihasilkan oleh suatu medan magnet.
  2. Beberapa logam, seperti besi tertentu memiliki medan magnet yang dapat menarik logam lainnya.
  3. Sebuah magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub Utara dan kutub Selatan.
  4. Apabila dua magnet dengan kutub yang sejenis dipertemukan maka kedua magnet tersebut akan tolak-menolak. Misalnya, kutub Utara magnet didekatkan dengan kutub Utara magnet lain.
  5. Apabila dua magnet dengan kutub yang berbeda jenis dipertemukan maka kedua magnet tersebut akan tarik-menarik. Misalnya, kutub Utara magnet didekatkan dengan kutub Selatan magnet lain.
  6. Salah satu cara membuat magnet, yaitu dengan menggunakan baterai dan kabel yang dililitkan ke besi, contohnya paku.

 

Topik B: Bagaimana Cara Mendapatkan Energi Listrik?

Lampu, televisi, ponsel pintar, kulkas, pencampur, dan pendingin ruangan merupakan contoh peralatan yang menggunakan listrik sehingga dapat berfungsi.

 

Aliran Energi Listrik Energi

listrik merupakan energi yang berasal dari pergerakan benda yang sangat kecil yang disebut elektron. Elektron bisa berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain dan menciptakan arus listrik. Kalian akan menemukan banyak elektron pada kabel yang terhubung ke stop kontak. Tapi, kalian perlu berhati[1]hati dengan elektron ya! Karena, aliran elektron bisa membuat kalian tersengat listrik. Tersengat listrik rasanya sakit sekali dan bisa membahayakan nyawa.

 

Jika energi listrik dialirkan ke peralatan listrik, peralatan listrik tersebut akan berfungsi, seperti kompor yang dialiri gas dari tabung LPG. Peralatan listrik tertentu akan mengubah energi listrik menjadi bentuk energi lainnya. Contohnya:

  1. Setrika: mengubah energi listrik yang didapatkan dari kabel stop kontak PLN menjadi energi panas.
  2. Televisi: mengubah energi listrik menjadi energi bunyi dan cahaya.
  3. Pompa air: mengubah energi listrik menjadi energi gerak.

 

Berdasarkan jenis arus listriknya, listrik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni arus listrik searah (DC) dan arus listrik dua arah (AC). Listrik yang kita peroleh dari PLN termasuk arus listrik dua arah. Adapun energi listrik yang kita dapatkan dari baterai merupakan arus listrik searah.

 

Materi Inti:

  1. Listrik adalah salah satu bentuk energi yang terjadi akibat adanya pergerakan muatan.
  2. Pada umumnya, energi listrik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari didapatkan dari pembangkit tenaga listrik yang disalurkan melalui kabel-kabel.
  3. Energi listrik dapat digunakan untuk membuat berbagai peralatan elektronik berfungsi.

 

Topik C: Teknologi untuk Kehidupan

Apa itu teknologi? Sederhananya, teknologi adalah penerapan dari ilmu pengetahuan yang membantu kita menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari (Britannica, 2020). Contohnya, ketika malam tiba, keadaan di sekitar kita menjadi gelap. Oleh karena itu, para ilmuwan menciptakan teknologi lampu sehingga pada saat malam hari menjadi terang.

 

Cerita tentang Teknologi

Seiring berjalannya waktu, manusia mulai mengembangkan teknologi untuk berbagai keperluan. Tidak hanya untuk berburu dan mencari makan, namun juga untuk bercocok tanam (menghasilkan makanan), membuat peralatan dari besi, berlayar, dan menjelajah lautan manusia menciptakan alat-alat, seperti kincir angin, kompas, jam mekanik, dan mesin cetak.

 

Perkembangan teknologi semakin pesat ketika James Watt, seorang berkebangsaan Skotlandia menciptakan mesin uap untuk pertama kalinya di tahun 1765. Ia berhasil memanfaatkan uap bertekanan untuk menggerakkan mesin. Temuannya ini menjadi cikal bakal lahirnya revolusi industri 2.0 yang mengubah dunia. Teknologi yang ditemukan James Watt memicu penciptaan dan penggunaan mesin untuk keperluan industri maupun transportasi, seperti kereta api, kapal bertenaga uap, dan mobil.

 

Mulai tahun 1900-an, perkembangan teknologi di berbagai bidang berkembang dengan sangat pesat. Apalagi sejak diciptakannya komputer di tahun 1937 dan elektronika modern di tahun 1947. Adanya teknologi-teknologi ini memicu munculnya banyak teknologi baru di bidang perikanan, pertanian, kelautan, kehutanan, industri manufaktur, industri pangan, dan lain sebagainya.

 

Materi Inti:

  1. Teknologi adalah bentuk penerapan ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan permasalahan atau menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Teknologi sederhana contohnya pisau, obeng, dan palu. Teknologi yang rumit contohnya komputer, ponsel pintar, internet, dan lain sebagainya.
  3. Teknologi selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu sehingga bisa jadi ada teknologi yang tidak digunakan lagi di tahun-tahun mendatang.
  4. Bentuk penerapan teknologi juga bisa dalam bentuk proses, seperti teknologi pengolahan tanah, teknologi pembibitan tanaman, teknologi penyembuhan suatu penyakit, dsb.
  5. Salah satu bentuk penerapan teknologi, yaitu mengubah suatu bentuk energi ke bentuk energi lainnya, seperti pembangkit listrik.

 

Itulah rangkuman materi IPAS Kelas 5 SD Kurikulum merdeka Bab 3 tentang “ Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan”.

Bagi anda yang membutuhkan Buku teks pelajaran IPAS Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka maka anda bisa mendapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa IPAS Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai rangkuman / ringkasan materi pelajaran IPAS untu kelas 5 SD kurikulum merdeka yang ada pada Bab 3 yaitu tentang  “ Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan”. Semoga sajian materi diatas dapat menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat baik bagi siswa maupun bagi guru dalam pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel