Rangkuman Kimia Kelas 11 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman/Ringkasan Materi Kimia Kelas 11 Bab 3 “Stoikiometri” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, senan rasanya admin bisa kembali menulis pada kesempatan kali ini. Pada pembahasan kali ini admin akan berbagi informasi pendidikan yaitu mengenai materi pelajaran Kimia kelas 11 semester 1 kurikulum merdeka.

 


Mata pelajaran Kimia merupakan salah satu mata pelajaran cabang dari IPA yang akan di pelajari di jenjang SMA. Melalui postingan ini admin kherysuryawan akan menyajikan ringkasan materi kimia kelas 11 Bab 3 yang berjudul “Stoikiometri “. Admin sengaja membuat ringkasan materi ini dengan tujuan agar dapat memudahkan bagi siswa dalam menggunakannya sebagai bahan belajar. Tentunya dengan mempelajari materi yang telah diringkas maka akan lebih memudahkan siswa dalam menggunakannya sebagai bahan belajar baik untuk belajar di sekolah maupun belajar di rumah.

 

Sebagai informasi bahwa pada mata pelajaran Kimia Kelas 11 Bab 3 “Stoikiometri” yang akan di pelajari pada semester 1 kurikulum merdeka terdapat beberapa materi pokok didalamnya yang akan di pelajari, diantaranya yaitu sebagai berikut :

A. Pengertian Stoikiometri

B. Konsep Mol

C. Rumus Molekul dan Rumus Empiris

D. Pereaksi Pembatas

E. Persen Hasil

F. Persen Kemurnian

 

Adapun tujuan pembelajaran pada materi kimia kelas 11 Bab 3 ini yaitu sebagai berikut :

Setelah mempelajari bab ini, kalian dapat menjelaskan pengertian stoikiometri, menyetarakan persamaan reaksi, menggunakan konsep mol dalam perhi[1]tungan, menentukan rumus molekul dan rumus empiris, menentukan pereaksi pembatas, menghitung persen hasil dari suatu reaksi kimia, serta memahami stokiometri dalam kehidupan sehari-hari.

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat ringkasan/rangkuman materi pelajaran Kimia Kelas 11 Bab 3 semester 1 yang berjudul  “Stoikiometri” pada pembelajaran kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini :

 

Bab 3 Stoikiometri

A. Pengertian Stoikiometri

Stoikiometri berasal dari bahasa Yunani, stoicheion yang berarti unsur dan metron yang berarti pengukuran, sehingga stoikiometri bisa diartikan pengukuran atau perhitungan matematis dari reaktan dan produk sebuah reaksi kimia. Sederhananya, stoikiometri adalah hubungan kuantitatif antara reaktan dan produk dalam sebuah reaksi kimia.

 

Prinsip penyetaraan persamaan reaksi

Prinsip penyetaraan persamaan reaksi adalah jumlah atom yang ada pada sisi kiri (reaktan) harus sama dengan jumlah atom pada sisi kanan (produk).

 

B. Konsep Mol

Kalau kita membeli sepatu biasanya dinyatakan dengan satuan pasang, misal dua pasang sepatu. Kalau kita membeli piring, biasanya digunakan satuan lusin (isi 12 buah). Lebih banyak lagi, kalau kita membeli kertas, digunakan satuan rim (isi 500 lembar). Nah, bagaimana menghitung banyaknya partikel? Satuan apa yang digunakan? Karena partikel ini sangat kecil dan jumlahnya sangatlah banyak maka untuk mempermudah perhitungan jumlah partikel, para ahli menyepakati satuan yang digunakan adalah mol.

 

Satu mol menunjukkan banyaknya partikel yang terkandung dalam suatu unsur, ion, molekul, atau senyawa yang jumlahnya sama dengan jumlah partikel dalam 12 gram atom C-12.

 

Contoh :

1. Hitunglah massa dari 0,1 mol gas karbon dioksida!

Diketahui: 0,1 mol karbon dioksida

Ditanya: massa gas karbon dioksida

Jawab:


2. Hitunglah jumlah mol dari 18 gram air!

Diketahui: massa air 18 gram

Ditanya: mol air

Jawab:


C. Rumus Molekul dan Rumus Empiris

Setiap senyawa kimia dinyatakan dengan rumus kimia yang menunjukkan jenis dan jumlah relatif atom-atom yang menyusun senyawa tersebut. Rumus kimia ini dapat dinyatakan dalam bentuk rumus molekul dan rumus empiris. Rumus molekul menunjukkan jumlah sebenarnya dari atom yang menyusun molekul senyawa.

Misalnya air (H2O), setiap molekul air tersusun oleh 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen.

Rumus empiris menunjukkan perbandingan paling sederhana dari jumlah atom-atom yang menyusun molekul suatu senyawa.

 

Cara menentukan rumus empiris:

1. Menghitung massa dari atom-atom penyusun molekul.

2. Menghitung mol dari masing-masing atom yang menyusun molekul.

3. Menghitung rasio mol dari atom-atom penyusun molekul.

4. Menentukan rumus empiris berdasarkan rasio atom-atom penyusunnya.

 

Cara menentukan rumus molekul:

Rumus molekul bisa ditentukan jika kita mengetahui dua hal, yaitu rumus empiris dan massa molekul relatif (Mr ).


Dengan kata lain, N adalah bilangan bulat sederhana yang menunjukkan perbandingan Mr berdasarkan rumus molekul dan Mr berdasarkan rumus empiris.

 

Contoh :

Tentukan rumus empiris dari senyawa yang disusun oleh 75% karbon dan 25% hidrogen!

Jawab :


D. Pereaksi Pembatas

Suatu reaksi kimia, tidak selalu senyawa-senyawa yang bereaksi akan habis secara bersamaan. Ada kalanya sebuah reaktan habis lebih dahulu, sementara reaktan lainnya masih bersisa. Reaktan yang sudah habis ketika reaktan lain masih bersisa disebut sebagai pereaksi pembatas. Pereaksi pembatas ini akan membatasi jumlah produk yang dihasilkan.

 

Pereaksi pembatas adalah reaktan yang memiliki nilai perbandingan ketersediaan dan kebutuhan resep yang terkecil.

 

E. Persen Hasil

Ada banyak aspek yang menyebabkan produk yang diperoleh tidak sesuai jumlahnya dengan perhitungan secara matematis, di antaranya:

1. Reaksi yang terjadi belum sepenuhnya selesai

2. Kesalahan saat penimbangan dan pengukuran reaktan

3. Kesalahan saat memindahkan reaktan

4. Bahan kimia yang digunakan tidak murni

5. Terbentuknya produk samping

6. Adanya pengotor yang menempel pada produk


F. Persen Kemurnian

salah satu penyebab tidak sesuainya jumlah produk reaksi kimia dengan perhitungan teoretis adalah ketidakmurnian bahan kimia yang tersedia. Jika kemurnian suatu bahan rendah maka persen hasil yang didapatkan juga rendah. Kadar kemurnian bahan kimia dinyatakan dengan persen kemurnian.

 

Itulah ringkasan/rangkuman materi  Kimia Kelas 11 SMA Semester 1 Bab 3 “Stoikiometri” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka.

Bagi anda yang ingin mengetahui materi keseluruhan secara lengkap, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran  Kimia Kelas 11 SMA Kurikulum merdeka, yang akan admin bagikan filenya pada judul di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa  Kimia Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan melalui artikel ini, semoga ringkasan/rangkuman materi  Kimia Kelas 11 SMA Bab 3 Semester 1 dengan judul “Stoikiometri” yang akan dipelajari pada pembelajaran dikurikulum merdeka ini dapat menjadi bahan belajar yang bermanfaat bagi rekan-rekan pendidikan yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel