Rangkuman Materi PJOK Kelas 1 SD Unit 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 1 SD Unit 1 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor” Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, apakah disekolah anda telah menerapkan kurikulum merdeka ? Jika sudah maka tepat sekali sebab disini admin akan berbagi informasi seputar materi pelajaran kurikulum merdeka yaitu materi untuk mata pelajaran PJOK Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka.

 


Guru dan siswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran pastinya akan lebih mudah jika materi yang dipelajari telah di ringkas atau di rangkum, selain itu waktu yang di gunakan untuk belajar akan lebih efisien dan tentunya lebih menghemat waktu dalam belajar.

 

Merangkum berarti membuat ringkasan dari materi yang ada pada buku teks pelajaran. Melalui postingan ini admin kherysuryawan telah menyiapkan sebuah rangkuman untuk materi pelajaran PJOK kelas 1 SD kurikulum merdeka. Rangkuman materi PJOK kelas 1 SD kurikulum merdeka ini merupakan materi yang akan dipelajari pada Unit 1 yaitu tentang Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor. Rangkuman materi yang telah disiapkan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran PJOK kelas 1 SD kurikulum merdeka.

 

Perlu di ketahui bahwa jumlah unit/Bab yang akan dipelajari nantinya pada mata pelajaran PJOK di Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka yaitu berjumlah 8 Unit atau 8 Bab. Pada postingan ini admin hanya akan membahas materi yang akan di pelajari pada Unit 1 yaitu tentang “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor”.

Disini admin akan menyajikan ringkasan materi PJOK Kelas 1 SD Unit 1 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor” kurikulum merdeka secara lengkap sehingga bisa menjadi bahan belajar baik untuk guru maupun bagi siswa di sekolah.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui rangkuman materi pelajaran pada mata pelajaran PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 dengan judul Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor” maka silahkan lihat sajiannya di bawah ini :

 

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mencontohkan dan mampu mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor seperti menirukan gerakan berjalan, berlari, dan melompat dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

 

Unit 1 Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor

Pada unit pembelajaran 1 ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor. Gerak dasar lokomotor merupakan salah satu domain dari gerak dasar fundamental (fundamental basic movement), di samping gerak dasar nonlokomotor dan gerak dasar manipulatif.

 

Pola gerak dasar lokomotor diartikan sebagai gerakan atau keterampilan yang menyebabkan tubuh berpindah tempat, sehingga dibuktikan dengan adanya perpindahan tubuh (traveling) dari satu titik ke titik lain. Gerakan-gerakan tersebut merentang dari gerak yang sifatnya sangat alamiah mendasar seperti merangkak, berjalan, berlari, dan melompat, hingga ke gerakan yang sudah berupa keterampilan khusus seperti meroda, guling depan, hingga handspring dan backhandspring.

 

Proses pembelajaran gerak dasar lokomotor di fase A SD kelas 1, yaitu tahap pra-pengendalian. Aktivitas dalam tingkat pra-pengendalian sering disebut sebagai aktivitas untuk bereksplorasi. Maksudnya adalah bahwa pada tahap ini, tugas gerak yang diberikan kepada anak meliputi berbagai gerak yang sifatnya memperkenalkan gerak baru untuk dicoba, tanpa harus dikuasai dengan tingkat kemahiran tertentu.

 

Aktivitas tahap pra-pengendalian diantaranya: berpindah dalam ruang umum (general space), berpindah tempat dengan imaginasi, berpindah tempat melalui jalur tali atau rintangan, dan berpindah di antara rintangan teman.

 

MATERI 1

Aktivitas pembelajaran 1 dan 2: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan menirukan gerakan binatang berjalan

 

Kegiatan yang akan di lakukan diantaranya :

1.     Gerakan menirukan binatang berjalan, diantaranya: menirukan gerakan gajah berjalan, menirukan gerakan beruang berjalan, menirukan gerakan kera berjalan, menirukan gerakan kepiting berjalan, dan menirukan gerakan kambing berjalan.

 

2.     Gerakan menirukan binatang berlari, diantaranya: menirukan gerakan kuda berlari, menirukan gerakan itik berlari, menirukan gerakan harimau berlari, menirukan kelinci gerakan berlari, dan berlari menirukan gerakan burung terbang.

 

3.     Gerakan menirukan binatang melompat, diantaranya: menirukan gerakan katak melompat, dan menirukan gerakan kanguru melompat.

 

 

Berjalan adalah suatu proses menghilangkan keseimbangan dan mengembalikannya secara bergantian ketika bergerak ke depan dalam posisi tegak. Pada pelaksanaannya, gerak berjalan hanya menunjukkan sedikit sekali gerakan ke atas dan ke bawah serta gerakan ke samping. Lengan dan kaki bergerak secara berlawanan.

 

Tujuan dari gerakan berjalan adalah untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar fundamental yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun sifatnya sangat alamiah, dan semua anak normal biasanya sudah menguasai gerakan dasar ini pada usia-usia awal mereka, bukan berarti bahwa gerakan dasar tersebut tidak perlu dilatih.

 

Aktivitas yang akan dilakukan yaitu :

(1) Aktivitas pembelajaran menirukan gerakan gajah berjalan

(2) Aktivitas pembelajaran menirukan gerakan beruang berjalan

(3) Aktivitas pembelajaran menirukan gerakan kera berjalan

(4) Aktivitas pembelajaran menirukan gerakan kepiting berjalan

(5) Menirukan gerakan kambing berjalan

 

MATERI 2

Aktivitas pembelajaran 3 - 4: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan menirukan gerakan binatang berlari

 

Berlari adalah pergerakan kaki yang cepat secara bergantian, pada saat yang sekejap, kedua kaki meninggalkan tanah sebelum salah satu kaki segera bertumpu kembali.

 

Berlari dibedakan dari yang cepat (sprint) hingga yang pelan. Sikap tubuh, walaupun berbeda tingkatnya sesuai kecepatan, harus sedikit condong ke depan. Lutut dibengkokkan dan diangkat, kedua lengan berayun depan dan belakang dari bahu, dan siku bengkok.

 

Tujuan dari gerakan berlari adalah untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar fundamental yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun sifatnya sangat alamiah, dan semua anak normal biasanya sudah menguasai gerakan dasar ini pada usia-usia awal mereka, bukan berarti bahwa gerakan dasar tersebut tidak perlu dilatih.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran menirukan gerakan binatang berlari antara lain sebagai berikut:

(1) Menirukan gerakan kuda berlari

(2) Menirukan gerakan itik berlari

(3) Menirukan gerakan harimau berlari

(4) Menirukan kelinci gerakan berlari

(5) Menirukan gerakan burung terbang

 

MATERI 3

Aktivitas pembelajaran 5 - 6: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan menirukan gerakan binatang melompat

 

Melompat adalah gerakan memindahkan badan dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kedua kaki untuk menolak dan dua kaki untuk mendarat. Untuk melakukannya dengan baik, kedua lengan harus membantu dengan berayun ke atas, dan gerakan tubuh dikombinasikan dengan dorongan dari kaki untuk mengangkat berat tubuh.

 

Lompatan biasanya dilakukan dengan dua arah; pertama, menaikkan tubuh secara vertikal (lurus ke atas) untuk mencapai ketinggian, atau kedua, menaikkan tubuh dengan momentum horizontal untuk memperoleh jangkauan jarak yang jauh.

 

Tujuan dari gerakan melompat dan mendarat adalah untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar fundamental yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran menirukan gerakan binatang melompat antara lain sebagai berikut:

(1) Aktivitas pembelajaran menirukan gerakan katak melompat

(2) Aktivitas pembelajaran menirukan gerakan kanguru melompat

(3) Aktivitas pembelajaran menirukan gerakan harimau melompat

 

MATERI 4

Aktivitas pembelajaran 7 - 8: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor gerakan berjalan dengan berbagai arah

 

Gerak mengubah arah adalah mengubah arah gerak tubuh dari keadaan diam menjadi bergerak ke susatu tempat. Peserta didik diminta untuk mengamati dan kemudian mempraktikkan aktivitas pembelajaran berbagai gerakan pola gerak dasar lokomotor seperti: gerakan berjalan dengan berbagai arah.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalan dengan berbagai arah antara lain sebagai berikut:

(1) Aktivitas pembelajaran berjalan dengan langkah pendek ke arah depan

(2) Aktivitas pembelajaran berjalan dengan langkah pendek serong depan

(3) Aktivitas pembelajaran berjalan dengan langkah pendek ke samping kiri dan kanan

(4) Aktivitas pembelajaran berjalan ke belakang dengan langkah pendek

(5) Aktivitas pembelajaran berjalan dengan langkah panjang ke depan lurus

(6) Aktivitas pembelajaran berjalan dengan langkah panjang serong ke depan

(7) Aktivitas pembelajaran berjalan ke samping dengan langkah panjang

(8) Aktivitas pembelajaran berjalan ke belakang dengan langkah panjang

 

MATERI 5

Aktivitas pembelajaran 9 - 10: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan berbagai gerakan pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berlari dengan berbagai arah

 

Aktivitas pembelajaran 9 - 10: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan berbagai gerakan pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berlari dengan berbagai arah

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berlari dengan berbagai arah antara lain sebagai berikut:

(1) Aktivitas pembelajaran berlari ke depan dengan langkah santai

(2) Aktivitas pembelajaran berlari ke depan dengan kecepatan biasa

(3) Aktivitas pembelajaran berlari ke depan dengan langkah cepat

(4) Aktivitas pembelajaran berlari ke belakang dengan langkah biasa

(5) Aktivitas pembelajaran berlari ke belakang dengan langkah setengah kecepatan

(6) Aktivitas pembelajaran berlari ke belakang dengan langkah cepat

(7) Aktivitas pembelajaran berlari ke samping

 

MATERI 6

Aktivitas pembelajaran 11 - 12: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan berbagai gerakan pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan melompat dengan berbagai arah

 

Aktivitas pembelajaran 11 - 12: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan berbagai gerakan pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan melompat dengan berbagai arah

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan melompat dengan berbagai arah antara lain sebagai berikut:

(1) Aktivitas pembelajaran melompat dengan tolakan dua kaki

(2) Aktivitas pembelajaran melompat dengan tolakan satu kaki

(3) Aktivitas pembelajaran melompat dengan tolakan satu kaki dan mendarat dengan satu kaki

(4) Aktivitas pembelajaran melompat dengan awalan berjalan

(5) Aktivitas pembelajaran melompat dengan awalan berlari

(6) Aktivitas pembelajaran meloncat dua kaki di tempat

(7) Aktivitas pembelajaran meloncat satu kaki di tempat

(8) Aktivitas pembelajaran meloncat dengan berpindah tempat ke kiri dan ke kanan

(9) Aktivitas pembelajaran meloncat dengan dua kaki membentuk segitiga

(10) Aktivitas pembelajaran meloncat dengan berputar


Sekian sajian ringkasan materi PJOK Kelas 1 SD Unit 1 Kurikulum Merdeka yang bisa admin kherysuryawan paparkan pada kesempatan ini.

Bagi anda yang membutuhkan file buku teks pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa PJOK Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran PJOK Kelas 1 SD Unit 1 dengan judul Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor” yang dapat admin sajikan pada kesempatan kali ini, kiranya rangkuman tersebut dapat membantu siswa dan guru yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel