Rangkuman Materi PJOK Kelas 1 SD Unit 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 1 SD Unit 2 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Nonlokomotor” Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, Apakah disekolah anda telah menerapkan kurikulum merdeka ? Jika sudah maka tepat sekali sebab disini admin akan berbagi informasi seputar materi pelajaran kurikulum merdeka yaitu materi untuk mata pelajaran PJOK Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka.

 


Guru dan siswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran pastinya akan lebih mudah jika materi yang dipelajari telah di ringkas atau di rangkum, selain itu waktu yang di gunakan untuk belajar akan lebih efisien dan tentunya lebih menghemat waktu dalam belajar.

 

Merangkum berarti membuat ringkasan dari materi yang ada pada buku teks pelajaran. Melalui postingan ini admin kherysuryawan telah menyiapkan sebuah rangkuman untuk materi pelajaran PJOK kelas 1 SD kurikulum merdeka. Rangkuman materi PJOK kelas 1 SD kurikulum merdeka ini merupakan materi yang akan dipelajari pada Unit 2 yaitu tentang Aktivitas Pola Gerak Dasar Nonlokomotor. Rangkuman materi yang telah disiapkan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran PJOK kelas 1 SD kurikulum merdeka.

 

Perlu di ketahui bahwa jumlah unit/Bab yang akan dipelajari nantinya pada mata pelajaran PJOK di Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka yaitu berjumlah 8 Unit atau 8 Bab. Pada postingan ini admin hanya akan membahas materi yang akan di pelajari pada Unit 2 yaitu tentang “Aktivitas Pola Gerak Dasar Nonlokomotor”.

 

Disini admin akan menyajikan ringkasan materi PJOK Kelas 1 SD Unit 2 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Nonlokomotor” kurikulum merdeka secara lengkap sehingga bisa menjadi bahan belajar baik untuk guru maupun bagi siswa di sekolah.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui rangkuman materi pelajaran pada mata pelajaran PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka Unit 2 dengan judul Aktivitas Pola Gerak Dasar Nonlokomotor” maka silahkan lihat sajiannya di bawah ini :

 

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mencontohkan dan mampu mempraktikkan pola gerak dasar nonlokomotor seperti: gerakan memutar, mengayun, membungkuk, menekuk, dan meliuk dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap seperti: mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

 

Unit 2 Aktivitas Pola Gerak Dasar Nonlokomotor

Pola gerak dasar nonlokomotor adalah gerakan yang tidak disertai dengan perpindahan tempat atau berkebalikan dengan lokomotor. Artinya, bagian tubuh tertentu melakukan gerakan, tetapi posisi tubuh tetap berada ditempatnya, seperti gerakan memutar, mengayun, membungkuk, menekuk, dan meliuk yang prinsip gerakannya berpusat pada sendi.

 

Tujuan utama melakukan gerak nonlokomotor adalah untuk melatih keseimbangan alat gerak manusia agar tidak mudah jatuh, serta tetap bertahan walaupun dalam posisi yang tidak sempurna.

 

MATERI 1

Aktivitas pembelajaran 1 dan 2: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan pola gerak dasar nonlokomotor seperti: gerakan berputar dan membungkuk

 

Putaran adalah gerakan berputar di tempat dengan bertumpu pada satu poros. Satu poros di sini bisa dua kaki, satu kaki, dengan kedua lutut, dengan satu lutut, dengan bokong, atau dengan seluruh badan, baik punggung maupun perut.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerak dasar nonlokomotor seperti gerakan memutar dan membungkuk antara lain sebagai berikut:

(1) Aktivitas pembelajaran gerakan memutar lengan dan membungkuk

(2) Aktivitas pembelajaran gerakan memutar lengan ke belakang

(3) Aktivitas pembelajaran gerakan menyentuh tangan ke kaki

(4) Aktivitas pembelajaran gerakan memutar kedua lengan ke belakang

(5) Aktivitas pembelajaran gerakan membungkukkan badan ke depan

 

MATERI 2

Aktivitas pembelajaran 3 - 4: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan pola gerak dasar nonlokomotor seperti gerakan mengayun dan meliukkan

 

Gerakan ayunan adalah gerakan ayunan keseluruhan, artinya tidak hanya menggerakkan salah satu bagian badan saja, melainkan seluruh tubuh. Sebagai gambaran awal, gerakan ayunan ini akan divariasikan dengan tiga gerakan pengayaan yang sudah dikenal, yaitu gerakan terpisah, perubahan ukuran, dan perubahan tingkatan.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerak dasar nonlokomotor seperti gerakan memutar dan membungkuk antara lain sebagai berikut:

(1) Aktivitas pembelajaran gerakan mengayunkan kedua lengan ke samping

2) Aktivitas pembelajaran gerakan meliukkan badan ke samping kiri dan kanan

(3) Aktivitas pembelajaran gerakan mengayunkan kedua lengan ke atas dan ke bawah

(4) Aktivitas pembelajaran gerakan mengayunkan kedua lengan ke samping kiri, depan, dan kanan

(5) Aktivitas pembelajaran gerakan mengayunkan kedua lengan menirukan menebar jaring ikan

 

MATERI 3

Aktivitas pembelajaran 5 - 6: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan gerakan menekuk pola gerak dasar nonlokomotor

 

Menekuk adalah melipat sebuah benda lurus menjadi 2 (dua) sisi yang lurus, seperti buku atau selembar kertas. Pada tengah-tengah kedua sisi tersebut seolah ada engsel.

 

Meluruskan adalah proses membuka engsel tadi sehingga benda tadi kembali ke bentuk awal sebagai benda lurus. Mungkin kedua gerakan ini bisa dikombinasikan dengan gerakan mengkerut dan meregang yang dilatih sebelumnya.

 

Menekuk adalah salah satu dari banyaknya gerakan yang berfungsi untuk melenturkan anggota badan. Kelenturan adalah luas gerak persendian. Kemampuan seseorang untuk menggerakkan anggota badan pada luas gerak tertentu pada suatu persendian.

 

Aktivitas pembelajaran pola gerak dasar nonlokomotor seperti gerakan menekuk antara lain sebagai berikut:

(1) Aktivitas pembelajaran gerakan menekuk lutut ke depan

(2) Aktivitas pembelajaran gerakan menekuk lutut ke belakang

(3) Aktivitas pembelajaran gerakan menekuk kepala ke depan dan belakang

(4) Aktivitas pembelajaran gerakan menekuk kepala ke samping kiri dan kanan


Sekian sajian ringkasan materi PJOK Kelas 1 SD Unit 2 Kurikulum Merdeka yang bisa admin kherysuryawan paparkan pada kesempatan ini.

Bagi anda yang membutuhkan file buku teks pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa PJOK Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran PJOK Kelas 1 SD Unit 2 dengan judul Aktivitas Pola Gerak Dasar Nonlokomotor” yang dapat admin sajikan pada kesempatan kali ini, kiranya rangkuman tersebut dapat membantu siswa dan guru yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel