Rangkuman Materi PJOK Kelas 1 SD Unit 3 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 1 SD Unit 3 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif” Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, Apakah disekolah anda telah menerapkan kurikulum merdeka ? Jika sudah maka tepat sekali sebab disini admin akan berbagi informasi seputar materi pelajaran kurikulum merdeka yaitu materi untuk mata pelajaran PJOK Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka.

 


Guru dan siswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran pastinya akan lebih mudah jika materi yang dipelajari telah di ringkas atau di rangkum, selain itu waktu yang di gunakan untuk belajar akan lebih efisien dan tentunya lebih menghemat waktu dalam belajar.

 

Merangkum berarti membuat ringkasan dari materi yang ada pada buku teks pelajaran. Melalui postingan ini admin kherysuryawan telah menyiapkan sebuah rangkuman untuk materi pelajaran PJOK kelas 1 SD kurikulum merdeka. Rangkuman materi PJOK kelas 1 SD kurikulum merdeka ini merupakan materi yang akan dipelajari pada Unit 3 yaitu tentang Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif. Rangkuman materi yang telah disiapkan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran PJOK kelas 1 SD kurikulum merdeka.

 

Perlu di ketahui bahwa jumlah unit/Bab yang akan dipelajari nantinya pada mata pelajaran PJOK di Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka yaitu berjumlah 8 Unit atau 8 Bab. Pada postingan ini admin hanya akan membahas materi yang akan di pelajari pada Unit 3 yaitu tentang “Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif”.

 

Disini admin akan menyajikan ringkasan materi PJOK Kelas 1 SD Unit 3 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif” kurikulum merdeka secara lengkap sehingga bisa menjadi bahan belajar baik untuk guru maupun bagi siswa di sekolah.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui rangkuman materi pelajaran pada mata pelajaran PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka Unit 3 dengan judul Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif” maka silahkan lihat sajiannya di bawah ini :

 

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mencontohkan dan mampu mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan melempar dan menangkap bola dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari

 

Unit 3 Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif

Pada unit pembelajaran 3 ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif. Pola gerak manipulatif adalah bagian dari keterampilan dasar yang harus dipelajari anak bersama-sama dengan keterampilan lokomotor dan nonlokomotor.

 

Disebut manipulatif, karena pada keterampilan ini, anak-anak harus berhubungan dengan benda di luar dirinya yang harus dimanipulasi sedemikian rupa sehingga terbentuk satu keterampilan. Keterampilan-keterampilan tersebut bisa melempar, menendang, menangkap, menyetop bola, memukul dengan raket, memukul dengan pemukul kasti, dan sebagainya. Sedangkan benda-benda yang dilibatkan adalah berupa bola, pemukul, raket, balon, simpai, gada, pedang, dan sebagainya.

 

Keterampilan-keterampilan manipulatif dasar dapat dikelompokkan ke dalam melempar, menangkap, menendang, menggiring, dan memukul. Keterampilanketerampilan manipulatif ini benar-benar menjadi dasar pengembangan keterampilan gerak anak, yang harus ditanamkan sejak masa dini, bersama-sama dengan keterampilan lokomotor dan nonlokomotor.

 

MATERI 1

Aktivitas pembelajaran 1: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan melempar bola

 

Melempar adalah suatu keterampilan manipulatif yang kompleks di mana satu atau dua tangan digunakan untuk melontarkan suatu objek menjauhi tubuh ke ruang tertentu. Bergantung pada banyak faktor (misalnya ukuran objeknya, ukuran pelempar, dan lain-lain).

 

Lemparan itu bisa dilakukan dengan cara lemparan bawah, lemparan atas kepala, lemparan atas lengan, atau lemparan samping lengan. Ada juga lemparan dua tangan atas kepala yang digunakan untuk melontarkan benda-benda yang besar. Lemparan ini dikatakan gerakan yang kompleks karena melibatkan koordinasi dari banyak bagian/anggota tubuh.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan melempar bola antara lain sebagai berikut:

(1) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar bola lurus

(2) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar bola ke arah bawah

(3) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar bola melambung

(4) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar bola menggelinding

 

MATERI 2

Aktivitas pembelajaran 2: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan menangkap bola

 

Menangkap adalah gerakan yang melibatkan penghentian momentum suatu objek dan menambahkan kontrol terhadap objek tersebut dengan menggunakan satu tangan atau dua tangan. Tergantung kepada kecepatan, arah, dan jenis serta besarnya benda yang bergerak, dalam gerakan menangkap ini diperlukan koordinasi untuk membuat posisi tubuh yang tepat dalam menyerap dan menyalurkan energi yang dibawa benda/objek bersangkutan.

 

Dengan demikian dikenal beberapa macam tangkapan, diantaranya: tangkapan dengan satu tangan, dengan dua tangan, tangkapan atas, tangkapan bawah, dan tangkapan samping.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan menangkap bola antara lain sebagai berikut:

(1) Aktivitas pembelajaran gerakan menangkap bola lurus dari depan

(2) Aktivitas pembelajaran gerakan menangkap bola melambung

(3) Aktivitas pembelajaran gerakan menangkap bola rendah

(4) Aktivitas pembelajaran gerakan menangkap bola menggelinding

 

MATERI 3

Aktivitas pembelajaran 3 dan 4: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi seperti gerakan melempar dan menangkap bola

 

Variasi dan kombinasi merupakan gabungan dari beberapa gerakan menjadi satu rangkaian gerak seperti melempar dan menangkap bola. Gerak melempar dan menangkap bola adalah gerakan mengoperkan bola dan menangkapnya kembali secara berpasangan atau berkelompok.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan melempar dan menangkap bola antara lain sebagai berikut:

(1) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola di tempat secara individu

(2) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola di tempat secara berpasangan

(3) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola di tempat secara berpasangan dengan berbagai lemparan

(4) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola berkelompok dengan berbagai lemparan


Sekian sajian ringkasan materi PJOK Kelas 1 SD Unit 3 Kurikulum Merdeka yang bisa admin kherysuryawan paparkan pada kesempatan ini.

Bagi anda yang membutuhkan file buku teks pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa PJOK Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran PJOK Kelas 1 SD Unit 3 dengan judul Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif” yang dapat admin sajikan pada kesempatan kali ini, kiranya rangkuman tersebut dapat membantu siswa dan guru yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel