Rangkuman PJOK Kelas 2 SD Unit 3 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pelajaran PJOK Kelas 2 SD Unit 3 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi seputar materi pelajaran yang akan dipelajari pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) di kelas 2 SD Kurikulum Merdeka.

 


Seperti kita ketahui bahwa pada pembelajaran di kurikulum merdeka, mata pelajaran PJOK merupakan mata pelajaran wajib yang akan di pelajari oleh seluruh peserta didik. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan. PJOK bertujuan untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

 

Jika disekolah anda sudah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka, maka anda pastinya akan sangat membutuhkan informasi mengenai apa saja materi pelajaran PJOK yang nanti akan di pelajari di kelas 2 SD kurikulum merdeka. Apalagi jika disekolah anda ternyata belum menyiapkan buku teks pelajaran PJOK Kelas 2 SD kurikulum merdeka maka hal itu tentunya akan menghambat kelancaran proses pembelajaran.

 

Tapi tenang saja sebab meskipun misalnya disekolah anda belum memiliki buku teks PJOK kurikulum merdeka kelas 2 SD maka anda masih tetap bisa mengetahui jenis materi yang nantinya akan dipelajari sebab disini admin akan menyiapkan rangkuman materi PJOK kelas 2 SD kurikulum merdeka secara lengkap dan juga sekaligus admin akan memberikan file buku teks pelajaran PJOK kelas 2 kurikulum merdeka agar guru dan siswa bisa terbantu dalam proses pembelajaran khususnya pada mapel PJOK di kelas 2 kurikulum merdeka.

 

Dikesempatan kali ini admin kherysuryawan akan menjabarkan materi pelajaran PJOK kelas 2 SD kurikulum merdeka khususnya materi yang ada pada Unit 3 tentang “Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif” yang akan dipelajari disemester 1 kuriikulum merdeka.

 

Baiklah berikut ini rangkuman materi PJOK kelas 2 SD Unit 3 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif” yang akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka.

 

Tujuan Pembelajaran  Unit 3: Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif

Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mengategorikan dan mampu mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan melempar, menangkap, menendang, menahan, dan menggiring bola dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Proil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap, seperti mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

 

Unit 3: Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif

Pola gerak manipulatif adalah bagian dari keterampilan dasar yang harus dipelajari anak bersama-sama dengan keterampilan lokomotor dan nonlokomotor.

 

Disebut manipulatif, karena pada keterampilan ini, anak-anak harus berhubungan dengan benda di luar dirinya yang harus dimanipulasi sedemikian rupa sehingga terbentuk satu keterampilan. Keterampilan-keterampilan tersebut, seperti melempar, menendang, menangkap, menghentikan/menahan bola, memukul dengan raket, memukul dengan pemukul kasti, dan sebagainya. Sedangkan benda[1]benda yang dilibatkan adalah berupa bola, pemukul, raket, balon, simpai, gada, pedang, dan sebagainya.

 

Keterampilan-keterampilan manipulatif dasar dapat dikelompokkan ke dalam melempar, menangkap, menendang, menggiring, dan memukul. Keterampilan-keterampilan manipulatif ini benar-benar menjadi dasar pengembangan keterampilan gerak anak yang harus ditanamkan sejak masa dini, beriringan dengan keterampilan lokomotor dan nonlokomotor.

 

Seperti juga pembelajaran keterampilan dasar lain, pembelajaran lempar tangkap perlu dilakukan dengan memanfaatkan perbedaan dalam tingkat penguasaan keterampilan. Sebagaimana diketahui, tingkat penguasaan anak terhadap keterampilan selalu dibedakan ke dalam empat tingkat penguasaan, yaitu tingkat pra[1]pengendalian, tingkat pengendalian, tingkat pemanfaatan, dan tingkat mahir.

 

Proses pembelajaran gerak dasar manipulatif di fase A SD kelas II, yaitu pada tahap pra-pengendalian dan tahap pengendalian. Aktivitas dalam tingkat pra-pengendalian sering disebut sebagai aktivitas untuk bereksplorasi. Maksudnya adalah bahwa pada tahap ini, tugas gerak yang diberikan kepada anak meliputi berbagai gerak yang sifatnya memperkenalkan gerak baru untuk dicoba, tanpa harus dikuasai dengan tingkat kemahiran tertentu.

 

Gerak dasar manipulatif adalah dasar dari terbentuknya kemampuan peserta didik dalam menguasi suatu objek. Gerak ini biasanya memerlukan tenaga yang lebih besar, karena pada pelaksanaanya lebih banyak melibatkan anggota tubuh seperti tangan dan kaki serta bagian lain dari tubuh. Gerak ini dapat dilakukan dengan cara melempar, menangkap, menendang, memukul, menggiring bola, dan lain-lain.

 

Aktivitas pembelajaran 1–3: mengategorikan fakta, konsep, dan prosedur, serta mampu mempraktikkan pola gerak dasar melempar dan menangkap bola

Melempar adalah suatu keterampilan manipulatif yang kompleks. Satu atau dua tangan digunakan untuk melontarkan suatu objek menjauhi tubuh ke ruang tertentu. Bergantung pada banyak faktor, seperti ukuran objeknya, ukuran pelempar, dan lain-lain.

 

Menangkap adalah gerakan yang melibatkan penghentian momentum suatu objek dan menambahkan kontrol terhadap objek tersebut dengan menggunakan satu tangan atau dua tangan. Tergantung kepada kecepatan, arah, dan jenis serta besarnya benda yang bergerak, dalam gerakan menangkap ini diperlukan koordinasi untuk membuat posisi tubuh yang tepat dalam menyerap dan menyalurkan energi yang dibawa benda/objek bersangkutan.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerak dasar melempar dan menangkap bola antara lain sebagai berikut.

(1) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar bola melambung dalam permainan berekor melewati net/tali

(2) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar bola mendatar dalam permainan melempar ke sasaran

(3) Aktivitas pembelajaran gerakan menggelindingkan bola dalam permainan merobohkan menara

(4) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar bola menggunakan satu tangan melewati tali

(5) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar bola dalam permainan melempar botol

(6) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola dalam permainan menara bom

 

Aktivitas pembelajaran 4 s.d. 6: mengategorikan fakta, konsep, dan prosedur, serta mampu mempraktikkan pola gerak dasar menendang dan menahan bola.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerak dasar menendang dan menahan bola antara lain sebagai berikut.

(1) Aktivitas pembelajaran gerakan menendang bola menggelinding

(2) Aktivitas pembelajaran gerakan menendang bola dengan punggung kaki

(3) Aktivitas pembelajaran gerakan menendang bola dengan kaki bagian dalam

(4) Aktivitas pembelajaran gerakan menahan bola dengan kaki bagian dalam dan telapak kaki

(5) Aktivitas pembelajaran gerakan menahan bola dari atas dengan punggung kaki

 

Aktivitas pembelajaran 7 dan 8: mengategorikan fakta, konsep, dan prosedur, serta mampu mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif seperti menggiring bola.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerak dasar manipulatif menggiring bola adalah sebagai berikut.

(1) Aktivitas pembelajaran gerakan menggiring bola

(2) Aktivitas pembelajaran gerakan menggiring bola lurus

(3) Aktivitas pembelajaran gerakan menggiring bola mengikuti gerakan teman yang ada di depan

(4) Aktivitas pembelajaran gerakan menggiring bola melewati bendera yang dipasang zig-zag


Bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran PJOK kelas 2 SD Kurikulum merdeka dalam bentuk file, maka anda bisa mendapatkannya di bawah ini :

  • Buku Teks Pelajaran PJOK Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai materi pelajaran PJOK kelas 2 SD Unit 3 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif” yang nantinya akan di pelajari pada semester 1 kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah di jabarkan pada postingan ini dapat membantu rekan pendidikan yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih, Semoga Bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel