Rangkuman PJOK Kelas 2 SD Unit 4 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pelajaran PJOK Kelas 2 SD Unit 4 “Aktivitas Gerak Dominan Senam” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi seputar materi pelajaran yang akan dipelajari pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) di kelas 2 SD Kurikulum Merdeka.

 


Seperti kita ketahui bahwa pada pembelajaran di kurikulum merdeka, mata pelajaran PJOK merupakan mata pelajaran wajib yang akan di pelajari oleh seluruh peserta didik. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan. PJOK bertujuan untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

 

Jika disekolah anda sudah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka, maka anda pastinya akan sangat membutuhkan informasi mengenai apa saja materi pelajaran PJOK yang nanti akan di pelajari di kelas 2 SD kurikulum merdeka. Apalagi jika disekolah anda ternyata belum menyiapkan buku teks pelajaran PJOK Kelas 2 SD kurikulum merdeka maka hal itu tentunya akan menghambat kelancaran proses pembelajaran.

 

Tapi tenang saja sebab meskipun misalnya disekolah anda belum memiliki buku teks PJOK kurikulum merdeka kelas 2 SD maka anda masih tetap bisa mengetahui jenis materi yang nantinya akan dipelajari sebab disini admin akan menyiapkan rangkuman materi PJOK kelas 2 SD kurikulum merdeka secara lengkap dan juga sekaligus admin akan memberikan file buku teks pelajaran PJOK kelas 2 kurikulum merdeka agar guru dan siswa bisa terbantu dalam proses pembelajaran khususnya pada mapel PJOK di kelas 2 kurikulum merdeka.

 

Dikesempatan kali ini admin kherysuryawan akan menjabarkan materi pelajaran PJOK kelas 2 SD kurikulum merdeka khususnya materi yang ada pada Unit 4 tentang “Aktivitas Gerak Dominan Senam” yang akan dipelajari disemester 1 kuriikulum merdeka.

 

Baiklah berikut ini rangkuman materi PJOK kelas 2 SD Unit 4 “Aktivitas Gerak Dominan Senam” yang akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka.


Tujuan Pembelajaran Unit 4: Aktivitas Gerak Dominan Senam

Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mengategorikan dan mampu mempraktikkan aktivitas pembelajaran pola gerak dominan pada senam seperti bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Proil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap, diantaranya mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

 

Unit 4: Aktivitas Gerak Dominan Senam

Gerakan melompat adalah gerakan yang dilakukan untuk menjauhi permukaan tanah atau lantai, yang dilakukan secara horizontal, ke depan, ke samping atau ke belakang dan menggunakan otot kaki dalam melakukannya.

 

Gerakan melompat adalah gerakan yang dilakukan untuk menjauhi permukaan tanah atau lantai, yang dilakukan secara horizontal, ke depan, ke samping atau ke belakang dan menggunakan otot kaki dalam melakukannya.

 

Aktivitas pembelajaran 1 dan 2: mengategorikan fakta, konsep, dan prosedur, serta mampu mempraktikkan pola gerakan melompat dan meloncat.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerakan melompat dan meloncat antara lain sebagai berikut.

(1) Aktivitas pembelajaran gerakan meloncat di tempat dan berputar

(2) Aktivitas pembelajaran gerakan meloncat di tempat, ke samping, dan ke depan

(3) Aktivitas pembelajaran gerakan meloncat dan berputar 90 derajat

(4) Aktivitas pembelajaran gerakan meloncat dan berputar 180 derajat

(5) Aktivitas pembelajaran gerakan meloncat ke depan tolakan dua kaki

(6) Aktivitas pembelajaran gerakan melompat ke depan tolakan satu kaki

(7) Aktivitas pembelajaran gerakan meloncat ke atas tolakan dua kaki

(8) Aktivitas pembelajaran gerakan melompat ke atas tolakan satu kaki

(9) Aktivitas pembelajaran gerakan meloncat ke belakang tolakan dua kaki

(10) Aktivitas pembelajaran gerakan melompat ke belakang tolakan satu kaki

 

Berguling merupakan gerakan yang terdapat dalam senam lantai. Berguling ke belakang adalah menggelindingkan badan ke belakang. Posisi badan membulat, yaitu kaki dilipat, lutut tetap melekat di dada, kepala ditundukkan sampai dagu melekat di dada. Gerakan guling ke belakang dapat dilakukan dengan cara guling ke belakang dengan sikap jongkok.

 

Aktivitas pembelajaran 3 dan 4: mengategorikan fakta, konsep, dan prosedur, serta mampu mempraktikkan pola gerakan berguling ke belakang.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerakan berguling ke belakang antara lain sebagai berikut.

(1) Aktivitas pembelajaran gerakan guling ke belakang

(2) Aktivitas pembelajaran gerakan guling ke belakang dari sikap tidur 1

(3) Aktivitas pembelajaran gerakan guling ke belakang dari sikap tidur 2

(4) Aktivitas pembelajaran gerakan berguling ke belakang dan menolak dengan kedua tangan pada matras yang dipasang miring

 

Bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran PJOK kelas 2 SD Kurikulum merdeka dalam bentuk file, maka anda bisa mendapatkannya di bawah ini :

  • Buku Teks Pelajaran PJOK Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai materi pelajaran PJOK kelas 2 SD Unit 4 “Aktivitas Gerak Dominan Senam” yang nantinya akan di pelajari pada semester 1 kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah di jabarkan pada postingan ini dapat membantu rekan pendidikan yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih, Semoga Bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel