Cara Menautkan Akun Belajar.id ke Login SSO VervalPD, VervalPTK

Kherysuryawan.id – Langkah Mudah Menautkan Akun Belajar.id Ke SSO Dapodik sehingga bisa login ke Verval PD, Verval PTK, Sulingjar dengan menggunakan akun belajar.id.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, senan rasanya admin bisa kembali menulis artikel yang mana pada kesempatan kali ini admin akan membahas sedikit mengenai tugas sebagai seorang Operator Dapodik Sekolah.

 


Seperti kita ketahui bersama bahwa tugas seorang operator dapodik sekolah tidaklah mudah sebab operator dapodik diibaratkan sebagai jantungnya sekolah. Meskipun demikian mereka yang telah mengabdikan diri dan diberi amanah untuk mengemban tugas sebagai operator sekolah selalu memiliki semangat yang besar dalam mengemban tugas disekolah.

 

Sebenarnya apabila seorang operator dapodik sekolah memiliki pengalaman dan pemahan kerja sebagai seorang OPS maka tugas sebagai operator dapodik sekolah sebenarnya tidaklah terlalu berat, namun jika seorang OPS masih beru belajar maka tentunya akan mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugasnya sebab harus bisa terlebih dahulu beradaptasi dengan tugas-tugas sebagai seorang OPS.

 

Ada beberapa tugas utama seorang OPS sekolah diantaranya ialah melakukan perbaikan data siswa pada link verval PD, melalukan perbaikan data guru dan tenaga kependidikan pada link Verval PTK, melakukan cek kartu dan status pengisian survey lingkungan belajar pada Dashboard Sulingjar dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Nah, perlu anda ketahui bahwa jika dalam mengakses laman VervalPD, Verval PTK dan mengakses Sulingjar guru harus login melalui SSO dengan menggunakan akun SDM yang telah di daftarkan sebagai operator dapodik sekolah maka kini OPS juga bisa login ke SSO dengan menggunakan akun belajar.id.

Lantas bagaimana caranya ?

 

Nah, melalui kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan memberikan tutorial mudah melakukan penautan akun belajar.id ke SSO dapodik sehingga selain OPS login ke SSO dengan menggunakan akun yang telah di daftarkan di SDM data, maka kini untuk login ke SSO juga bisa diakses dengan menggunakan akun belajar.id jadi OPS bisa menggunakan 2 akun untuk bisa login SSO.

 

Baiklah berikut ini admin kherysuryawan akan memberikan penjelasan tentang cara menautkan akun belajar.id ke SSO dapodik

 

Panduan Login dan Penautan SSO Belajar.id

A. Panduan Login Akun SDM.data

  1. Akses laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id/, kemudian klik login
  2. Selanjutnya, Login dengan memasukkan email dan password (kata sandi) akun SDM.data atau Akun Belajar.id milik Anda (jika sudah ditautkan dan untuk proses penautan dapat mengikuti langkah-langkah dibawah)

 

B. Panduan Penautan Single Sign On (SSO) Akun Belajar.id

1. Akses laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id/, kemudian klik login

 


2. Login dengan memasukkan email dan password akun SDM.data Anda


3. Klik nama akun Anda, kemudian klik profil


4. Apabila Anda login menggunakan akun SDM data dan belum pernah melakukan penautan dengan Akun Belajar.id, klik “Tautkan Akun”.


5. Pilih Akun dengan domain Belajar.id


6. Berikut tampilan setelah Anda berhasil melakukan penautan akun


Untuk lebih jelasnya, maka anda bisa melihat panduannya di bawah ini :


Demikianlah informasi mengenai cara mudah login ke SSO dengan menggunakan akun belajar.id atau cara menautkan akun belajar.id ke SSO. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan operator dapodik sekolah sehingga bisa menjadi sebuah panduan yang memudahkan parta OPS dalam mengakses SSO.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel