Rangkuman Matematika Kelas 2 Bab 8 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi matematika Kelas 2 SD Bab 8 Banyaknya Air semester 1 kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi seputar materi pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada kurikulum merdeka khususnya pada jenjang sekolah dasar.

 


Materi yang akan admin bagikan pada kesempatan kali ini yaitu materi pada mata pelajaran matematika kelas 2 SD semester 1 kurikulum merdeka. Materi yang akan di sampaikan disini ialah materi yang ada pada Bab 8 dengan judul Banyaknya Air.

 

Jika di sekolah anda sudah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka dan anda membutuhkan informasi mengenai materi pelajaran matematika kelas 2 SD Bab 8 tentang Banyaknya Air, maka anda bisa mendapatkan rangkuman materinya pada postingan ini secara lengkap.

 

Admin sengaja membagikan rangkuman / ringkasan materi matematika kelas 2 Bab 8 Banyaknya Air ini untuk bisa membantu para siswa maupun guru matematika yang memerlukan akan materi ini. Tentunya seluruh materi hasil ringkasan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran matematika kelas 2 SD Kurikulum Merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa pada materi matematika kelas 2 Bab 8 ada beberapa materi pokok yang nantinya akan dipelajari, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Membandingkan Banyaknya Air
  • Bagaimana Cara Mengukur Banyaknya Air
  • Gelas Ukur yang Lebih Kecil
  • Menemukan Banyaknya Cairan
  • Volume Air yang Sangat Kecil


Baiklah berikut ini sajian materi matematika kelas 2 Bab 8 Banyaknya Air yang akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka.

 

Tujuan Pembelajaran bab 8 :

  • Memahami arti pengukuran dan satuan volume, sehingga peserta didik dapat melakukan pengukuran volume.
  • Memahami satuan volume (mililiter (ml), desiliter (dl), liter (l)).
 

Bab 8 Banyaknya Air

Membandingkan Banyaknya Air

Melalui telepon, Chia dan Dadang sedang berdiskusi tentang botol air milik siapakah yang lebih banyak menampung air.

 

1. Dapatkah kita katakan bahwa botol Chia dapat menampung air lebih banyak? Mengapa?

2. Bagaimanakah cara kalian membandingkan banyaknya air dengan tepat?

 

Jawaban :

1. Tidak

2. Besar gelas berbeda

 

Bagaimana Cara Mengukur Banyaknya Air

Banyaknya air dapat diukur dengan menggunakan GELAS UKUR.

Ada satuan yang digunakan untuk menyatakan banyaknya air, yaitu liter. 1 liter ditulis dengan 1 l.

 

Banyaknya air yang terisi pada wadah berikut diukur dengan gelas ukur 1 l.

Berapa literkah volume wadah berikut?

1. Botol plastik

2. Ember

 

Jawaban :

 

1. Banyak air pada Botol Plastik adalah 2 Liter

2. Banyak air pada Ember adalah 2 Liter

 

Gelas Ukur yang Lebih Kecil

Banyaknya air dalam termos diukur dengan gelas ukur 1 l.

 

Bagaimana kita mengukur bagian-bagian yang ukurannya kurang dari 1 l?

Untuk mengukur bagian yang kurang dari 1 l, kita dapat gunakan gelas ukur 1 desiliter.

 

Isilah sebuah gelas ukur 1 l dengan air menggunakan gelas ukur 1 desiliter. Berapa gelas ukur 1 desiliterkah yang kalian perlukan?


Jawaban :

Gelas ukur yang di perlukan adalah 10 gelas

 

Ketika 1 l dibagi menjadi 10 bagian yang sama, banyaknya setiap bagian tersebut adalah 1 desiliter.

1 desiliter ditulis dengan 1 dl.

Desiliter adalah satuan lain untuk menyatakan banyaknya air.

1 Liter = 10 Desiliter

 

Mengukur volume air di dalam termos dan ketel.



Berapa banyak susu pada wadah di bawah ini?

1. Ada berapa l dan dl di wadah tersebut? 2 l dan 6 tanda yang lebih kecil

Jawaban :


Berapa dL susu tersebut?

Jawaban ;

2 l = 20 dl, jadi jika ditambahkan dengan 6 dl, total keseluruhan menjadi 26 dl.

 

Menemukan Banyaknya Cairan

Ada botol plastik berisi 6 dl jus jeruk, dan botol plastik lainnya berukuran 8 dl jus jeruk.

1. Berapa banyak l dan dl seluruhnya? 6 dl + 8 dl

2. Berapakah selisih antara 2 botol tersebut?

 

Jawaban :

1. 6 dl + 8 dl = 1 l 4 dl.

Jadi hasilnya adalah 1 liter 4 desiliter

2. 8dl – 6dl = 2 dl

Jadi selisihnya adalah 2 desiliter

 

Ada 2 l 4 dl jus di botol kaca, dan ada 1 l 8 dl jus di botol plastik.

1. Berapa l dan dl seluruhnya? Tulislah kalimat matematikanya.

2. Pikirkan bagaimana menghitungnya.

3. Ayo, kita pikirkan bagaimana cara mengetahui selisih isi kedua botol tersebut?

 

Jawaban:

1. Kalimat matematikanya adalah ; 2l 4dl + 1l 8dl

2. berikut ini cara menghitungnya :


3. 2l 4dl + 1l 8dl = 6dl. Jadi selisihnya adalah 6 desiliter.

 

Volume Air yang Sangat Kecil

Ada satuan volume yang disebut dengan mililiter.

Mililiter menyatakan banyaknya air yang kurang dari l atau dl.

1 mililiter ditulis dengan 1 ml

 

Kumpulkan berbagai wadah yang ada tanda ml. Tanda ml tersebut digunakan untuk menunjukkan isinya.


Temukan volume susu pada sebuah wadah karton bertuliskan 1.000 ml.

1. Ukurlah dengan gelas ukur 1 l. Berapa gelas ukur akan terisi?

2. Ukurlah dengan gelas ukur 1 dl. Berapa gelas ukur akan terisi?

 

Jawaban :

1l = 1.000ml

1dl = 100ml

1. Jika menggunakan gelas ukur 1l maka banyak gelas adalah 1 gelas

2. Jika menggunakan gelas ukur 1dl maka banyak gelas adalah 10 gelas

 

Bagi anda yang ingin mengetahui materi lengkapnya, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran matematika kelas 2 SD kurikulum merdeka, yang filenya telah admin siapkan di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Matematika Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai rangkuman materi pelajaran matematika kelas 2 SD Bab 8 Banyaknya Air yang akan dipelajari di semester 1 kurikulum merdeka. Semoga rangkuman materi ini senantiasa bermanfaat baik bagi guru maupun bagi siswa yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel