Rangkuman Matematika Kelas 2 SD Bab 10 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id Rangkuman Materi Matematika Kelas 2 SD Bab 10 “ Perkalian (1) Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, perkenankan admin pada kesempatan kali ini untuk bisa berbagi informasi pendidikan khususnya mengenai materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran matematika di kelas 2 SD semester 2 kurikulum merdeka.

 


Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini sekolah telah memasuki pembelajaran semester 2 yang artinya bahwa proses pembelajaran akan di sesuaikan dengan materi yang ada di semester 2. Bagi anda yang di sekolahnya telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka, maka anda dapat memanfaatkan artikel ini untuk bisa membantu dalam memperoleh informasi mengenai rangkuman materi pelajaran pada mata pelajaran matematika di kelas 2 semester 2 kurikulum merdeka.

 

Ada beberapa bab yang nantinya akan di pelajari di mata pelajaran matematika kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka dan salah satunya ialah bab 10 yang akan mempelajari tentang Perkalian (1). Nah, melalui kesempatan ini admin kherysuryawan telah menyiapkan ringkasan/rangkuman materinya secara lengkap dan semoga bisa membantu rekan pendidik dan peserta didik dalam mempelajari materi yang ada di semester 2 kelas 2 SD kurikulum merdeka. Sajian rangkuman materi matematika kelas 2 SD semester 2 kurikulum merdeka yang telah admin kherysurywan buat ini hendaknya bisa di jadikan sebagai salah satu sumber belajar yang bisa membantu rekan pendidikan dalam belajar baik untuk belajar di sekolah maupun untuk belajar di rumah masing-masing.

 

Sebelum admin kherysuryawan membagikan dan menyajikan rangkuman/ringkasan materi pelajaran matematika kelas 2 SD Semester 2 pada bab 10 tentang Perkalian (1), maka ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu isi dari tujuan pembelajaran yang ingin di capai pada pembelajaran di bab 10 ini.

 

Tujuan Unit Pembelajaran Bab 10, yaitu sebagai berikut :

  • Memahami pengertian dari representasi bilangan dan mengembangkan kemampuan peserta didik menggunakan bilangan.
  • Mencoba untuk menghubungkan satu bilangan dengan bilangan yang lain.
  • Memahami pengertian perkalian dan mampu menggunakannya.
  • Mengetahui kapan perkalian digunakan.
  • Mengetahui kapan perkalian digunakan dan memahami pengertian perkalian dengan cara mengungkapkannya ke dalam sebuah kalimat matematika perkalian kemudian membaca kalimat matematikanya.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya maka silahkan di simak sajian ringkasan/rangkuman materi matematika kelas 2 SD bab 10 semester 2 kurikulum merdeka di bawah ini :

 

BAB 10 PERKALIAN (1)



Ayo kita perhatikan buah-buahan dan kue di atas. Banyaknya kue gulung di setiap piring sama. Demikian juga dengan banyaknya kue donat, jeruk, dan stroberi di setiap piring. Ayo kita hitung banyaknya.

 

Banyaknya semua KUE GULUNG dapat dihitung dengan cara:

Ada 5 piring, tiap piring berisi 2 kue gulung, maka semuanya ada 10 kue gulung.

 

Banyaknya semua STROBERI dapat dihitung dengan cara:

Ada 5 piring, tiap piring berisi 3 buah, maka semuanya ada 15 buah.

 

Banyaknya semua DONAT dapat dihitung dengan cara:

Ada 7 piring, tiap piring berisi 3 buah, maka semuanya ada 21 buah.

 

Perhatikan penjelasan pada gambar di bawah ini :



Berapakah banyak semua biskuit pada gambar berikut ini?

 

Jawaban :

Banyaknya kantong = 3

Banyaknya biscuit di tiap kantong = 4

Jadi, banyak semua biscuit adalah : 3 x 4 = `12.

 

Ada berapa banyak benda pada gambar di bawah ini? Susunlah balok satuan berwarna kuning sesuai gambar, lalu tuliskan perkaliannya.

 

Jawaban :

1. Banyak Buku adalah : 3 x 6 = 18.

2. Banyak buah kiwi adalah : 6 x 2 = 12

 

Perhatikan soal di bawah ini :

 

Jawaban :

Panjang 2 lembar pita dalam cm adalah : 2 x 2 = 4 cm

Panjang 3 lembar pita dalam cm adalah : 3 x 2 = 6 cm

 

Itulah sajian rangkuman materi matematika kelas 2 SD Bab 10 Semester 2 Kurikulum Merdeka yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini.

 

Bagi anda yang ingin melihat materinya lebih lengkap pada mata pelajaran matematika kelas 2 SD Bab 10 semester 2 kurikulum merdeka maka anda bisa melihat sajian materinya pada judul di bawah ini :

 

  • Buku Siswa & Guru Matematika Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka Lengkap – (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai rangkuman materi pelajaran matematika kelas 2 SD semester 2 khususnya pada materi yang ada di Bab 10 yang akan di pelajari di kurikulum merdeka pada pembelajaran semester 2. Semoga sajian materi ini dapat membantu rekan guru dan siswa dalam belajar matematika di kelas 2 SD semester 2 kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel