Rangkuman PPKN Kelas 2 SD Unit 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi PPKN Kelas 2 SD Unit 4 “Negara Kesatuan Republik Indonesia” Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan ini admin akan memberikan ringkasan/rangkuman materi pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 2 SD Kurikulum Merdeka.


Disini admin kherysuryawan telah membuat dan menyiapkan sebuah ringkasan materi PPKN khususnya untuk kelas 2 SD kurikulum merdeka. Materi ini merupakan materi yang ada pada Unit 4 dengan judul “Negara Kesatuan Republik Indonesia” yang mana materi ini nantinya akan di pelajari pada pembelajaran di semester 2 kuriikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa pada mata pelajaran PPKN kelas 2 SD Unit 4 “Negara Kesatuan Republik Indonesia” nantinya aka nada beberapa materi inti yang akan di pelajari di dalamnya diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Pembelajaran I mengenal karakteristik dan ciri[1]ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah
  • Pembelajaran II contoh perilaku dan sikap yang menjaga lingkungan sekitar serta praktiknya

 

Didalam materi yang ada pada Materi PPKN Kelas 2 SD Unit 4 “Negara Kesatuan Republik Indonesia” Semester 2 Kurikulum Merdeka, ada beberapa tujuan umum dan tujuan khusus yang perlu untuk di ketahui diantaranya yaitu sebagai berikut :

 

Tujuan umum yang diharapkan pada unit pembelajaran IV adalah peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik dan ciri-ciri fisik dari lingkungan rumah, sekolah, dan dapat menunjukkan perilaku dan sikap yang menjaga lingkungan sekitar tersebut.

 

Tujuan khusus yang diharapkan pada unit 4 ini adalah sebagai berikut:

  1. Melalui kegiatan berdoa sebelum belajar, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersyukur sebagai akhlak beragama yang berarti beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sebagai aspek nilai Profil Pelajar Pancasila.
  2. Melalui kegiatan menyanyikan lagu nasional atau lagu daerah sebelum pembelajaran dimulai, peserta didik menunjukkan sikap keceriaan dan semangat belajar sebagai bentuk nilai karakter kewarganegaraan atau Civic Disposition yaitu nilai cinta tanah air dan semangat bela negara.
  3. Melalui kegiatan mengamati gambar, menggambar rumah peserta didik dapat menunjukkan sikap berpikir kritis sebagai aspek nilai Profil Pelajar Pancasila.
  4. Melalui kegiatan permainan Civic Home dan civic miniatur, peserta didik dapat menunjukkan sikap berkebinekaan global dan gotong royong.
  5. Melalui aktivitas permainan tradisional gobak sodor, peserta didik menunjukkan sikap demokratis, saling menghargai, gotong royong dan bekerja sama sebagai bentuk kekompakan.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui isi dari pembelajaran pada Materi PPKN Kelas 2 SD Unit 4 “Negara Kesatuan Republik Indonesia” Semester 2 Kurikulum Merdeka, maka di bawah ini sajian materinya :

 

UNIT 4 NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA

 

Kegiatan Pembelajaran 1

·         Guru menempelkan peta Indonesia di papan tulis


Lingkungan Rumah

Kita tinggal di rumah, tidak hanya berkawan dengan orang yang bersama kita di rumah. Melainkan rumah-rumah yang ada di dekat rumah kita, mereka juga adalah kawan kita, yang disebut dengan tetangga. Kita sebagai tetangga, wajib saling bertegur sapa ketika berjumpa, wajib saling membantu jika ada yang membutuhkan pertolongan. Karena kita dan tetangga kita adalah satu kesatuan tempat tinggal. Rumah[1]rumah yang berdekatan disebut sekumpulan rukun tetangga. Jika kamu dan orang di rumahmu serta orang-orang di rumah sekitar lingkunganmu berkumpul dengan orang-orang yang berada di lingkungan rumah yang lain, maka disebut rukun warga.

 

Semua orang yang ada di lingkunganmu harus saling menghormati satu sama lain, saling tolong menolong dan gotong royong. Sebab inilah yang disebut dengan Indonesia.

 

·       Peserta didik memperhatikan dengan sungguh-sungguh gambar contoh berupa gambar tentang bagaimana beraktivitas di lingkungan tempat tinggal (rumah) dan lingkungan sekolah.

·       Setelah memberikan contoh diatas, guru mengarahkan peserta didik untuk menyiapkan pensil gambar untuk menggambarkan rumahnya dan sekolahnya. Guru meminta peserta didik untuk menyebutkan nama kampung/desa/ kelurahannya dan ada di RT/RW mana.

 

Kegiatan Pembelajaran 2

·         Pada awal pembelajaran guru menjelaskan materi nilai kekompakan dan persatuan.

 

Awal mula Persatuan

Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus 1945, merupakan awal dari berdirinya negara Indonesia yang menjunjung nilai-nilai persatuan. Negara kita menginginkan setiap orang satu sama lain mengutamakan persatuan, persatuan yang dimaksud adalah saling membantu, tolong menolong, dan memiliki tujuan yang sama. Misalnya, jika di suatu kampung ada kejahatan yang terjadi, maka setiap orang di kampung tersebut bekerja sama untuk mencari siapa pelakunya. Agar tidak ada lagi kejahatan yang dapat mengancam keamanan dan kenyamanan di lingkungan kampung tersebut. Setiap orang di lingkungan itu harus kompak, untuk menjaga keamanan lingkungan.

 

·       Guru menjelaskan bahwa persatuan penting dalam menjaga wilayah agar tidak ada gangguan yang dapat merusak kebersamaan.

·       Guru mengajak peserta didik untuk melakukan permainan tradisional Gobak Sodor. Tujuan permainan ini agar peserta didik memahami pentingnya persatuan dan kekompakan.

 

INTI RINGKASAN/RANGKUMAN MATERI UNIT 4:

Negara adalah suatu daerah yang terdapat pemerintahan yang mengatur kehidupan social, ekonomi, Pendidikan, budaya, keamanan dan pertahanan negara. NKRI lahir dari proses yang Panjang untuk mencapai kemerdekaan. NKRI lahir dari beberapa faktor yaitu adanya persamaan nasib, keinginan bersama untuk merdeka, kesatuan tempat tinggal, cita-cita bersama untuk mencapai kemakmuran.

 

Wilayah NKRI terdiri atas ribuan pulau yang terbentang dari sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Indonesia memilki kekayaan yang besar, dari segi suku, bangsa, agama, bahasa, dan juga kekayaan alam flora dan fauna. Sebagai orang yang menjadi bagian dari warga negara Indonesia, kita patut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara. Untuk menjaga persatuan dan kesatuan, maka sikap-sikap yang dibutuhkan adalah :

1. Cinta tanah air. Atau Bahasa lainnya adalah nasionalisme, dapat dilakukan dengan:

a. Menjaga keamanan wilayah dari gangguan luar maupun dalam.

b. Menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadi pencemaran lingkungan.

c. Mengolah kekayaan alam dengan tetap menjaga ekosistem dan ketahanan lingkungan

d. Rajin belajar agar dapat Pandai

 

2. Membina persatuan dan kesatuan. Dapat dilakukan baik di lingkungan keluarga, tetangga, masyarakat, sekolah dan negara. Yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

a. Menjalin pergaulan tanpa melihat suku bangsa

b. Memberi bantuan tanpa melihat perbedaan suku dan agama

c. Belajar kesenian

d. Empati terhadap orang lain

e. Tidak menyimpan iri, dengki dan dendam terhadap orang lain

f. Berteman tanpa membedakan suku, agama, warna kulit dan kebudayaan teman.

 

3. Rela berkorban. Dilakukan dengan hati yang ikhlas tanpa pamrih. Hal-hal yang dapat menunjukkan

rela berkorban adalah :

a. Membantu ibu di rumah daripada nonton tv

b. Ikut kerja bakti di rumah

c. Memberi sumbangan jika ada teman yang terkena musibah

d. Berangkat tepat waktu ke sekolah agar tidak terlambat

e. Tidak memutar musik keras-keras karena takut mengganggu tetangga

 

4. Hidup rukun

5. Tolong menolong

6. Saling membantu

 

Bagi anda yang melihat sajian materi Unit 4 secara lengkap, maka anda bisa melihatnya pada buku teks pelajaran PPKN kelas 2 melalui file yang telah admin bagikan di bawah ini :

  • Buku Teks Pelajaran PPKN Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai Materi PPKN Kelas 2 SD Unit 4 “Negara Kesatuan Republik Indonesia” Semester 2 Kurikulum Merdeka yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini, semoga bisa menjadi bahan belajar yang bermanfaat baik untuk guru maupun bagi peserta didik yang akan mempelajari mata pelajaran PPKN di kelas 2 SD kurikulum merdeka.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel