Panduan Cara Login SIM-PAKIN Untuk Penyesuaian Angka Kredit

Kherysuryawan.id - Cara Login SIM-Pakin Penyesuaian Angka Kredit.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi mengenai bagaimana Cara Login SIM-Pakin Penyesuaian Angka Kredit integrase.

 

Sebelum itu mari kita kenal dulu apa itu SIM-Pakin ?

SIM-Pakin adalah Sistem Informasi Manajemen Penyesuaian Angka Kredit Integrasi. Nantinya para ASN yang akan melakukan proses kenaikan pangkat maka dapat mengakses laman SIM-PAKIN untuk melakukan penyesuaian angka kredit integrasi.

Dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional, dan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 8 Tahun 2023 , serta mengingat masih terdapat pejabat fungsional di lingkungan instansi pemerintah pusat dan daerah yang penilaian angka kredit nya secara konvensional, maka harus melakukan penyesuaian angka kredit dari konvensional ke integrasi berdasarkan Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 3 tahun 2023 tentang Angka Kredit, Kenaikan Pangkat dan Jenjang Jabatan Fungsional

 

Seperti yang telah dijelaskan pada Mekanisme Penyesuaian Angka Kredit Konvensional ke Angka Kredit Integrasi bagi Pejabat Fungsional Guru, Pejabat Fungsional Pengawas Sekolah, Pejabat Fungsional Pamong Belajar, dan Pejabat Fungsional Penilik bahwa perihal Penyesuaian Angka Kredit Konvensional ke Angka Kredit Integrasi bagi Pejabat Fungsional Guru, Pejabat Fungsional Pengawas Sekolah, Pejabat Fungsional Pamong Belajar, dan Pejabat Fungsional Penilik dilakukan berdarkan ketentuan berikut ini :

1.     Proses penyesuaian angka kredit integrasi bagi pejabat fungsional guru dan pejabat fungsional pengawas sekolah yang memiliki pangkat penata muda golongan ruang III/a sampai dengan pangkat pembina golongan ruang IV/a dilakukan oleh tim penilai sesuai dengan kewenangannya menggunakan aplikasi Digitalisasi Sistem Penilaian Angka Kredit Konvensional ke Integrasi (DISPAKATI) yang disediakan oleh BKN dengan mekanisme yang dapat diakses melalui tautan https://dispakati.bkn.go.id

2.     Bagi pejabat fungsional guru sebagaimana dimaksud pada angka 1 yang masih menggunakan format penilaian angka kredit berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84 Tahun 1993 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya perlu menyesuaikan ke dalam format penilaian Angka Kredit berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

3.     Penyesuaian format penilaian angka kredit sebagaimana dimaksud pada angka 2 dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyesuaian Penetapan Angka Kredit Guru Pegawai Negeri Sipil dan Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil.

4.     Pejabat fungsional guru dan pejabat fungsional pengawas sekolah ahli madya yang memiliki pangkat Pembina tingkat I golongan ruang IV/b ke atas di lingkungan instansi pusat dan daerah, serta seluruh pejabat fungsional pamong belajar dan pejabat fungsional penilik melakukan penyesuaian angka kredit secara mandiri menggunakan aplikasi Sistem Informasi Penyesuaian Angka Kredit Integrasi (SIM-PAKIn) yang disediakan oleh Kemendikbudristek dengan mekanisme yang dapat diakses melalui tautan https://gtk.kemdikbud.go.id/pakintegrasi.

5.     Pedoman penyesuaian angka kredit bagi pejabat fungsional guru, pejabat fungsional pengawas sekolah, pejabat fungsional pamong belajar, dan pejabat fungsional penilik dapat diakses melalui tautan https://gtk.kemdikbud.go.id/pakintegrasi.

6.     Proses penyesuaian Angka Kredit Konvensional ke Angka Kredit Integrasi tersebut dilakukan paling lambat 31 Desember 2023.

 

Nah, bagi anda yang ingin melakukan penyesuaian angka kredit secara mandiri menggunakan aplikasi Sistem Informasi Penyesuaian Angka Kredit Integrasi (SIM-PAKIn) yang disediakan oleh Kemendikbudristek namun terkendala tidak memahami cara untuk bisa login maka tenang saja sebab disini admin kherysuryawan akan menyiapkan tutorial atau penjelasan tentang Cara Login SIM-Pakin Penyesuaian Angka Kredit.

 

Berikut ini langkah-langkah melakukan login ke aplikasi SIM-PAKIN

1.     Langkah pertama silahkan Akses laman:  https://gtk.kemdikbud.go.id/pakintegrasi

2.     kemudian Klik Tombol  LOGIN

3.     Isikan username berupa NIP dan Password dengan format YYYYMMDD pada form login yang muncul, setelah data terisi klik LOGIN

Contoh :
Tanggal lahir 09 FEBRUARI 1988, maka password yaitu 19880209

4.     Silahkan Pilih jenis jabatan fungsional lalu klik tombol Submit

5.     Apabila telah berhasil login, maka akan muncul dashboard profil user berdasarkan data yang terdaftar pada BKN.

6.     Isi pengajuan PAK dengan cara klik tombol Isi Pengajuan PAK

7.     Apabila user belum ada di sistem, silahkan mengisi form PAK sesuai dengan format PAK terakhir. Selanjutnya silahkan Klik tombol Pilih pada jenis PAK yang dipilih.

8.     Apabila data sudah ada pada sistem, data PAK akan otomatis ditampilkan pada sistem. Apabila data angka kredit yang ditampilkan belum sesuai, silahkan lakukan penyesuaian angka kredit sesuai dengan dokumen PAK yang dimiliki (dilampirkan).

Sistem akan otomatis menyimpan (auto save) pada setiap isian  data yang diinput di form PAK

9.     Unggah lampiran PAK terakhir yang telah dilegalisir oleh dinas pendidikan dengan menggunakan format PDF dan ukuran maksimal 2MB. Klik tombol Browse untuk memilih dokumen lampiran PAK terakhir pada perangkat.

10.  Unggah lampiran pakta integritas dengan menggunakan format PDF dan ukuran maksimal 2MB. Template pakta integritas dapat diunduh pada SIMPAKIn dengan cara klik tombol Unduh Template 

11.  Pengisian form PAK/HPAK dapat dilakukan secara bertahap, apabila pengisian dokumen belum selesai maka terdapat keterangan Proses Pengisian

12.  Isian form PAK yang sudah diisi dengan lengkap dan benar dapat diajukan ke Direktorat dengan cara klik tombol Submit Ke Direktorat

Pengajuan yang berhasil dikirim akan muncul notifikasi “Pengajuan Berhasil Dikirim

Kemudian status pengajuan akan berubah menjadi Telah di submit ke Direktorat

13.  Pengajuan PAK masih dapat dibatalkan apabila status pengajuan belum diverifikasi oleh direktorat dan dikirim ke SI-ASN.

Untuk melakukan pembatalan pengajuan, klik tombol Batalkan maka ajuan akan otomatis dibatalkan, dan user dapat melakukan penyesuaian dan pengajuan kembali ke direktorat.

14.  Status ajuan PAK yang sudah disetujui oleh direktorat akan berubah menjadi Berhasil dikirim ke SI-ASN

 

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai Cara Login SIM-Pakin Penyesuaian Angka Kredit. Untuk mengetahui penjelasan mengenai Cara Login SIM-Pakin Penyesuaian Angka Kredit lengkap dengan panduan dalam bentuk gambar maka anda bisa membacanya pada judul di bawah ini:

 

  • Panduan Penggunaan SIM-PAKIN (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai Cara Login SIM-Pakin Penyesuaian Angka Kredit bagi para ASN yang akan melakukan penyesuaian angka kredit secara mandiri menggunakan aplikasi Sistem Informasi Penyesuaian Angka Kredit Integrasi (SIM-PAKIn). Semoga artikel ini dapat membantu rekan-rekan ASN dalam memahami cara yang benar melakukan Login ke Aplikasi SIM-PAKIN

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel