Rangkuman PJOK Kelas 10 Unit 4 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi pelajaran PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 4 “Permainan Bola Voli” Pembelajaran semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat pendidikan, pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) secara khusus materi yang ada pada Unit 4 yaitu tentang Permainan Bola Voli.

 


Seperti kita ketahui bersama bahwa pada mata pelajaran PJOK siswa akan lebih sering melakukan aktivitas fisik, namun demikian seluruh aktivitas yang akan di lakukan tentunya akan dimulai dengan sebuah panduan dalam bentuk materi. Pada kurikulum merdeka khusus untuk mata pelajaran PJOK jenjang SMA/SMK pusat perbukuan telah menyiapkan buku teks pelajaran PJOK untuk kelas 10 SMA/SMK.

 

Untuk memudahkan siswa dan guru dalam mempelajari materi PJOK maka dibutuhkan buku teks pelajaran, namun tidak semua sekolah bisa menyiapkannya. Tapi tenang saja, bagi anda yang disekolahnya belum memiliki buku teks pelajaran PJOK kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka dan ingin mengetahui apa saja materi yang akan di pelajari pada mapel PJOK kelas 10 SMA/SMK maka disini admin kherysuryawan akan membagikan hasil rangkuman atau ringkasan materi PJOK kelas 10 SMA/SMK khususnya untuk materi yang akan di pelajari pada Unit 4 yang berjudul “Permainan Bola Voli”.

 

Materi PJOK kelas 10 SMA/SMK Unit 4 “Permainan Bola Voli” yang akan di pelajari ini merupakan materi yang akan di pelajari pada semester 1 kurikulum merdeka. Admin kherysuryawan sengaja membuat ringkasan materi ini dengan tujuan agar bisa membantu siswa dan guru dalam memperoleh informasi seputar materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK dikelas 10 Unit 4.

 

Ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk dicapai oleh peserta didik dalam mempelajari materi Unit 4 ini. Berikut ini tujuan pembelajaran Unit 4 “Permainan Bola Voli”

Tujuan Pembelajaran

1.     Mempraktikkan hasil evaluasi aktivitas jasmani dan olahraga permainan bola voli (passing bawah, passing atas (set up), spike dan tip; block) dan mempraktekkan hasil evaluasi tersebut dalam bentuk permainan sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh siswa.

2.     Mengevaluasi fakta, konsep, prinsip, dan prosedur dalam melakukan keterampilan gerak spesiik dan fungsional permainan bola voli (passing bawah, passing atas (set up), spike dan tip; block) dan melakukan pendalaman evaluatif tentang bagaimana teknik dasar yang dipelajari tersebut diterapkan dalam bentuk permainan sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki oleh siswa.

3.     Mengevaluasi fakta, konsep, prinsip, dan prosedur dan mempraktikkan permainan bola voli sebagai latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (health-related physical itness) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (skill-related physical itness), berdasarkan prinsip latihan (Frequency, Intensity, Time, Type/FITT) untuk mendapatkan kebugaran dengan status baik.

4.     Mengembangkan tanggung jawab sosial siswa dalam kelompok kecil untuk melakukan perubahan positif, menunjukkan etika yang baik, saling menghormati, dan mengambil bagian dalam kerja kelompok pada aktivitas jasmani atau kegiatan sosial lainnya, melalui pembelajaran permainan bola voli.

5.     Mengevaluasi sikap dan kebiasaan untuk menjadi individu yang sehat, aktif, menyukai tantangan dan cara menghadapinya secara positif dalam konteks aktivitas jasmani dengan menunjukkan perilaku menghormati diri sendiri dan orang lain, serta mengembangkan nilai-nilai gerak: nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kesehatan, nilai-nilai aktivitas jasmani untuk kegembiraan dan tantangan, dan nilai-nilai aktivitas jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial.

 

Baiklah, bagi anda yang ingin melihat sajian rangkuman materi PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 4 “Permainan Bola Voli” maka di bawah ini sajian materinya :

 

UNIT 4 PERMAINAN BOLA VOLI

Materi Pokok Pembelajaran 1

Aktivitas pembelajaran teknik dasar bawah, passing atas dan permainan sederhana passing, yaitu:

1) Aktivitas pembelajaran 1: Keterampilan gerak passing bawah.

2) Aktivitas pembelajaran 2: Keterampilan gerak passing atas.

3) Aktivitas pembelajaran 3: Permainan passing bawah

4) Aktivitas pembelajaran 4: Permainan passing atas


1. Aktivitas Pembelajaran 1: Gerakan Passing Bawah

Panduan menampilkan

Siswa yang memiliki keterampilan dalam bermain bola voli mendemonstrasikan gerakan passing bawah, siswa lainnya memperhatikan. Gerakan passing bawah dilakukan dengan cara:

a)       Posisikan badan menghadap bola, dengan kedua tungkai dibengkokkan pada lutut.

b)      Tautkan atau persatukan ibu jari lengan kanan dan kiri, dengan kedua ibu jari saling berdekatan.

c)       Kuasai lengan dan tangan lurus dengan mengokohkan sikut lengan.

d)      Sentuhkan lengan pada bola di daerah dekat pergelangan tangan dengan cara mengayunkan lengan-lurus dari bawah ke setinggi bahu.

e)      Kokohkan badan atas ketika terjadi perkenaan bola dengan lengan.

f)        Lakukan gerakan lanjut ke arah daerah jatuhnya bola yang diinginkan.

 

2. Aktivitas Pembelajaran 2: Gerakan Passing Atas

Panduan menampilkan

Siswa yang memiliki keterampilan bermain bola voli mendemonstrasikan gerakan passing atas (set up), lalu siswa lainnya memperhatikan. Gerakan passing atas dilakukan dengan cara:

a)       Posisikan badan menghadap bola dengan kaki terbuka selebar bahu dan lutut dibengkokkan.

b)      Bengkokkan lutut dan sikut sesaat sebelum sentuhan pada bola oleh kedua ujung jari-jari tangan.

c)       Kuasai sikap kepala dan pandang bola datang dari upaya memposisikan badan dibawah bola datang.

d)      Kuasai perkenaan jari-jari tangan pada bola dan luruskan kedua lengan secara bersamaan.

e)      Luruskan tubuh sesaat setelah meluruskan kedua lengan.

f)        Lakukan gerak lanjut ke arah daerah jatuhnya bola yang diinginkan

 

3. Aktivitas pembelajaran 3: Permainan passing bawah

Panduan menampilkan:

a)       Buatlah 2 regu berlawanan, yang beranggotakan setiap regu 6 – 9 orang.

b)      Kedua regu berada di lapangan permainan bola voli dalam posisi cukup jarak satu dengan yang lain, yang dibatasi oleh net permainan.

c)       Diawali lemparan bola dari tengah lapangan ke salah satu regu untuk melakukan passing bawah 3 kali didaerah sendiri dan passing ke 3 dilewatkan melalui net ke daerah lapangan lawan.

d)      Regu yang menerima passing dari lawan, melakukan passing 3 kali di daerah sendiri dan passing ke 3 dilewatkan melalui net ke daerah lapangan lawan.

e)      Demikian seterusnya hingga terjadi pemain gagal melewatkan bola.

f)        Kumpulkan skor hingga 15. Regu yang lebih dulu mengumpulkan angka 15 dinyatakan telah mengungguli permainan.

 

4. Aktivitas Pembelajaran 4: Permainan Passing Atas

Panduan menampilkan

a)       Buatlah 2 regu berlawanan, yang beranggotakan setiap regu 6 orang.

b)      Kedua regu berada di lapangan permainan bola voli dalam posisi cukup jarak satu dengan yang lain, yang dibatasi oleh net permainan.

c)       Diawali lemparan bola dari tengah lapangan ke salah satu regu untuk melakukan passing atas menyeberang net lalu berlari ke belakang barisan.

d)      Pemain seberang net juga melakukan passing atas melewati net dan berlari ke belakang barisan.

e)      Demikian seterusnya, sampai ada salah satu pemain gagal melewatkan bola dengan cara passing atas.

f)        Kumpulkan skor hingga 15. Regu yang lebih dulu mengumpulkan angka 15 dinyatakan telah mengungguli permainan.

 

Materi Pokok Pembelajaran 2: Mencetak angka.

1) Aktivitas pembelajaran 1: Spike dan tip.

2) Aktivitas pembelajaran 2: Dig.

3) Aktivitas pembelajaran 3: Mengaplikasikan gerakan spike, tip dan dig.

4) Aktivitas pembelajaran 4: Mengaplikasikan gerakan spike, tip, dig dan block.

 

1. Aktivitas Pembelajaran 1: Gerakan Spike dan Tip

Panduan menampilkan:

Siswa yang memiliki keterampilan dalam bermain bola voli mendemonstrasikan gerakan spike lalu siswa lainnya memperhatikan. Gerakan spike dan tip dilakukan dengan cara:

a)       Persiapan atau awalan

b)      Tolakan atau lompatan

c)       Memukul bola dengan satu tangan saat melayang diudara.

d)      Mendarat.

Perbedaan spike dan tip yaitu perkenaan tangan pada bola:

a)       Spike menggunakan seluruh permukaan telapak tangan dengan sentuhan yang keras, sedangkan tip hanya bagian ujung jari.

b)      Kecepatan spike dilakukan secara tinggi, sedangkan tip dilakukan dengan kecepatan rendah.

c)       Setiap siswa bergantian melakukan gerakan spike dan tip lalu saling mengkoreksi gerakan antar teman.

 

2. Aktivitas Pembelajaran 2: Gerakan Dig

Panduan menampilkan:

Siswa yang memiliki keterampilan bermain bola voli mendemonstrasikan gerakan dig lalu siswa lainnya memperhatikan. Gerakan dig dilakukan dengan cara:

a)       Sikap permulaan

Berdiri dengan salah satu kaki kedepan, lutut sedikit tekuk, badan sedikit di bungkukkan. Titik berat badan bertumpu pada kedua telapak kaki bagian depan.

b)      Pelaksaan

Bergerak ke arah jatuhnya bola, kedua tangan dirapatkan tanpa ada ayunan lengan pada saat menyambut datangnya bola.

c)       Gerakan lanjut

Setelah bola mengenai lengan badan bersiap kembali membentuk kuda-kuda seperti semula.

Siswa dibagi menjadi 2 kelompok saling berhadapan dimana satu kelompok melakukan spike dan satu kelompok melakukan dig, kemudian siswa saling bergantian melakukan gerakan tersebut.Setiap siswa memperhatikan gerakan temannya dan saling mengkoreksi.

 

3. Aktivitas Pembelajaran 3: Mengaplikasikan gerakan Spike, Tip dan Dig

Panduan menampilkan:

a)       Latihan spike, tip dan dig.

Bagilah siswa menjadi kelompok-kelompok yang terdiri dari 3 orang dan posisikan hingga 4 kelompok di lapangan, 2 pemain dari setiap kelompok di satu sisi jaring dan pemain lain dari setiap kelompok di sisi lain. Pemain 1 melempar bola voli (tinggi) 6 kali dari sisi kiri ke pemain 2, yang memberikan spike 3 bola dan tip 3 bola. Pemain 3 melakukan dig. Kemudian siswa bertukar posisi. Ketika setiap pemain melakukan spike, tip dan dig tiga kali dari sisi kiri, ulangi aktivitas melempar bola dari sisi kanan.

 

4. Aktivitas Pembelajaran 4: Mengaplikasikan Spike, Tip, Dig, dan Block

Panduan menampilkan:

a)       Latihan spike, tip, dig, dan block. Bagilah siswa menjadi kelompok-kelompok yang terdiri dari 3 orang dan posisikan hingga 4 kelompok di lapangan, 2 pemain dari setiap kelompok di satu sisi jaring dan pemain lain dari setiap kelompok di sisi lain.

b)      Pemain 1 melempar bola voli (tinggi) 6 kali dari sisi kiri ke pemain 2, yang memberikan spike 3 bola dan tip 3 bola. Pemain 3 melakukan dig ke arah pemain 1 (pelempar bola). Lalu pelempar bola memberikan umpan kepada pemain 2, dan pemain 2 melakukan spike dan tip.

c)       Pemain 3 setelah melakukan dig langsung lari ke depan bersiap[1]siap melakukan block Kemudian siswa bertukar posisi. Ketika setiap pemain melakukan spike, tip dan dig tiga kali dari sisi kiri, ulangi aktivitas melempar bola dari sisi kanan. 


Bagi anda yang ingin mengetahui dan melihat materi yang lebih lengkapnya, maka silahkan cek pada buku teks pelajaran PJOK kelas X SMA/SMK yang telah admin kherysuryawan bagikan di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa PJOK Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai Rangkuman /Ringkasan materi PJOK Kelas 10 SMA/SMK Unit 4 “Permainan Bola Voli” yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa membantu sahabat pendidikan yang akan menggunakan sebagai bahan belajar pada pembelajaran di kurikulum merdeka. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel