Juknis/Pedoman O2SN SMP/MTs Tahun 2024

Kherysuryawan.id – Pedoman Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SMP Tahun 2024.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, bagaimana kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat sehingga bisa menjalankan aktivitas keseharian dengan baik.


Pada postingan kali ini admin akan berbagi informasi yang berhubungan dengan akan dilaksanakannya kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) untuk sekolah Jenjang SMP/MTs di tahun 2024 ini. Bagi anda yang saat ini berada di satuan pendidikan tersebut dan ingin mengikuti ajang talenta bakat pada O2SN ini maka anda tentunya harus memahami terlebih dahulu dasar dan mekanisme pelaksanaannya.

 

Saat ini telah di keluarkan Juknis atau pedoman Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) untuk satuan pendidikan Jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA Tahun 2024. Nah melalui artikel ini admin kherysuryawan akan membantu anda yang akan membutuhkan pedoman tersebut dengan cara membagikan file Pedoman Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) secara lengkap khususnya untuk jenjang SMP/MTs.

 

Dalam pedoman Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tersebut akan dijelaskan mengenai latar belakang tentang O2SN, mekanisme penyelenggaraannya dan cabang yang akan di perlombakan sesuai tingkat/jenjang sekolah serta yang berhubungan dengan Norma dan ketentuan penyelenggaraan yang meliputi ketentuan umum maupun ketentuan khusus yang diatur dalam pedoman O2SN tersebut.

 

Sebelum admin kherysuryawan membagikan file Juknis/Pedoman Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) untuk Jenjang SMP/MTs, maka terlebih dahulu anda perlu untuk mengetahui ringkasan penjelasan singkat mengenai isi dari pedoman O2SN tersebut, dan di bawah ini penjelasan singkatnya :

 

Kegiatan ajang talenta merupakan wahana aktualisasi unjuk prestasi peserta didik, yang juga menjadi momentum untuk menemukenali anak-anak berbakat atau yang mempunyai potensi talenta di atas rata-rata. Dalam mengikuti ajang talenta, mereka akan mendapatkan tantangan terutama dalam menghasilkan suatu karya dan menjadi yang terbaik. Kegiatan ajang talenta merupakan bagian dari proses pembinaan prestasi talenta secara berkelanjutan, dan turut andil dalam mengembangkan karakter peserta didik menuju profil pelajar Pancasila.

 

Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menyelenggarakan ajang talenta setiap tahun di berbagai bidang. Dalam kerangka program Manajemen Talenta Nasional (MTN), BPTI/Puspresnas melakukan pembinaan berkelanjutan untuk menghasilkan bibit-bibit talenta unggul di bidang-bidang Riset dan Inovasi; Seni dan Budaya; serta Olahraga

 

Menandai semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi, aktualisasi prestasi melalui ajang talenta didasarkan pada minat dan bakat. Pemerintah mulai memberikan perhatian yang lebih serius terhadap anak-anak yang berprestasi di berbagai bidang ketalentaan. Mereka yang berhasil akan mendapatkan banyak manfaat untuk pengembangan karir belajar atau karir profesionalnya, seperti beasiswa atau pembinaan lanjut untuk mencapai prestasi maksimal.

 

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP/MTs/Sederajat adalah sebuah ajang talenta di bidang olahraga, yang diselenggarakan untuk peserta didik SMP/MTs/Sederajat. Ajang O2SN SMP/MTs/Sederajat diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi. Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial.

 

Pedoman ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang O2SN SMP/MTs/Sederajat kepada para peserta, pendamping, pembina, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya. Selamat mempersiapkan diri, belajar, berlatih, dan bekerja sebaik-baiknya agar kegiatan ajang dapat terlaksana sesuai rencana dan memberikan hasil maksimal.

 

Sasaran

Sasaran pelaksanaan O2SN-SMP tahun 2024 adalah peserta didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau yang sederajat dari seluruh Indonesia baik negeri maupun swasta.

 

CABANG OLAHRAGA YANG DI PERLOMBAKAN PADA O2SN TINGKAT SMP/MTs

Cabang olahraga yang diperlombakan/dipertandingkan pada O2SN-SMP tahun 2024 meliputi 5 (lima) cabang yaitu:


Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana yang diperlukan untuk penyelenggaraan O2SN-SMP tahun 2024 ialah:

1. Venue beserta kelengkapan untuk lomba;

2. Aplikasi lomba;

3. Jaringan internet;

4. Tenaga medis dengan perlengkapan dan ambulance.

 

Jadwal Pelaksanaan

Jadwal pelaksanaan O2SN-SMP Tahun 2024 direncanakan sebagai berikut:


Persyaratan Peserta

Peserta O2SN-SMP tahun 2024 wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut :

a.     Berkewarganegaraan Indonesia (WNI);

b.     Juara terbaik dalam setiap tingkat perlombaan/pertandingan yang diikuti sesuai cabang olahraga dibuktikan dengan hasil seleksi dan surat keputusan (SK) dari pejabat yang berwenang pada setiap tingkatan lomba/pertandingan;

c.     Terdaftar sebagai peserta didik SMP/MTs, atau yang sederajat;

d.     Pada saat pendaftaran, peserta terdaftar pada kelas 7 dan 8 tahun pelajaran 2023/2024 dan dilahirkan tanggal 1 Januari 2009 atau sesudahnya. Apabila peserta didik yang bersangkutan masih duduk di SMP/MTs dan atau yang sederajat namun lahir sebelum tanggal 1 Januari 2009, maka peserta didik yang bersangkutan tidak dapat mengikuti O2SN-XVII SMP 2024.

e.     Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) atau Nomor Induk Siswa Madrasah (NISM) dan terdaftar di Data Pokok Peserta Didik (DAPODIK) atau Education Management Information System (EMIS);

f.      Bukan peraih juara 1, 2, dan 3 pada O2SN/KOSN SMP tingkat nasional tahun sebelumnya;

g.     Bukan peraih juara 1, 2, dan 3 Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Tahun 2023, Pekan Olahraga Pesantren dan Seni Nasional (Pospenas) Tahun 2022 atau Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan kejuaraan internasional sesuai dengan ketentuan teknis masing-masing cabang olahraga;

h.     Bukan binaan dari Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP), Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD), Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar (PPOP), dan DIKLAT/Sekolah Khusus Olahraga (SKO);

i.       Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras, yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah;

j.       Hanya mengikuti satu cabang olahraga;

k.     Terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan pada saat lomba/pertandingan;

l.       Sehat jasmani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter, tertanggal maksimal 7 hari sebelum pelaksanaan O2SN;

m.   Wajib menjaga sportivitas dan fair play selama O2SN berlangsung disertai surat pernyataan yang ditandatangani Kepala Sekolah;

n.     Wajib mendaftar daring melalui website panitia pusat mulai tingkat kecamatan.

 

Baiklah untuk lebih jelas mengenai Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SMP Tahun 2024, maka silahkan and abaca selengkapnya melalui Pedoman O2SN yang telah admin kherysuryawan bagikan di bawah ini :

 

  • Pedoman Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SMP/MTs Tahun 2024 – (DISINI)
  • Juknis/Pedoman O2SN Jenjang SD/MI - (DISINI
  • Juknis/Pedoman O2SN Jenjang SMA/MA - (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Juknis/Pedoman Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SMP Tahun 2024 yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang akan mengikuti Ajang perlombaan di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SMP Tahun 2024 ini.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel