Juknis/Pedoman O2SN SMA/MA Tahun 2024

Kherysuryawan.id – Pedoman Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SMA/MA Tahun 2024.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, bagaimana kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat sehingga bisa menjalankan aktivitas keseharian dengan baik.

 


Pada postingan kali ini admin akan berbagi informasi yang berhubungan dengan akan dilaksanakannya kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) untuk sekolah Jenjang SMA/MA di tahun 2024 ini. Bagi anda yang saat ini berada di satuan pendidikan tersebut dan ingin mengikuti ajang talenta bakat pada O2SN ini maka anda tentunya harus memahami terlebih dahulu dasar dan mekanisme pelaksanaannya.

 

Saat ini telah di keluarkan Juknis atau pedoman Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) untuk satuan pendidikan Jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK Tahun 2024. Nah melalui artikel ini admin kherysuryawan akan membantu anda yang akan membutuhkan pedoman tersebut dengan cara membagikan file Pedoman Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) secara lengkap khususnya untuk Jenjang SMA/MA.

 

Dalam pedoman Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tersebut akan dijelaskan mengenai latar belakang tentang O2SN, mekanisme penyelenggaraannya dan cabang yang akan di perlombakan sesuai tingkat/jenjang sekolah serta yang berhubungan dengan Norma dan ketentuan penyelenggaraan yang meliputi ketentuan umum maupun ketentuan khusus yang diatur dalam pedoman O2SN tersebut.

 

Sebelum admin kherysuryawan membagikan file Juknis/Pedoman Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SMA/MA, maka terlebih dahulu anda perlu untuk mengetahui ringkasan penjelasan singkat mengenai isi dari pedoman O2SN tersebut, dan di bawah ini penjelasan singkatnya :

 

Pembinaan dan pengembangan olahraga di di setiap jenjang pendidikan yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merupakan salah satu bagian dari empat pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional, yang meliputi olah hati atau kalbu, olah rasa, olah pikir, dan olahraga. Olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan, dan persaudaraan.

 

Olahraga juga dapat memiliki arti yang strategis bagi nation and character building atau pembangunan watak bangsa. Dalam perspektif ini, pembangunan pendidikan tidak cukup hanya berorientasi pada penyiapan tenaga kerja, tetapi harus pula mampu membangun seluruh potensi kecerdasan manusia agar berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan pembangunan nasional termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, salah satu program yang dilaksanakan adalah penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) untuk jenjang Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sederajat yang dilaksanakan setiap tahun.

 

O2SN-SMA merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat. Di samping itu, kegiatan tersebut juga dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, yaitu belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan serta mengilhami nilai-nilai fair play (jujur, bersahabat, hormat, dan bertanggung jawab) sesuai makna positif olahraga yang ada pada setiap perlombaan/pertandingan cabang olahraga pada O2SN ini.

 

Selain itu, dalam rangka mendukung Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), O2SN[1]SMA tingkat nasional ke-XVII Tahun 2024 merupakan salah satu peran dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi guna memajukan olahraga Indonesia dalam kancah Internasional pada perhelatan Olimpiade dunia. Ada 14 (empat belas) cabang olahraga unggulan yang diamanatkan dalam DBON, yaitu diantaranya atletik, bulu tangkis, panjat tebing, senam artistik, angkat besi, balap sepeda, panahan, menembak, renang, dayung, karate, taekwondo, wushu dan pencak silat.

 

O2SN yang telah diselenggarakan lebih dari satu dasawarsa ini sudah berkontribusi pada keberhasilan pembinaan dan pengembangan olahraga di tingkat sekolah, daerah, nasional, dan internasional sehingga dapat mewadahi talenta peserta didik khususnya dalam bidang pembinaan olahraga.


SASARAN

Sasaran pelaksanaan O2SN-SMA tahun 2024 adalah peserta didik di Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) atau yang sederajat dari seluruh Indonesia baik negeri maupun swasta.

 

CABANG OLAHRAGA YANG DI PERLOMBAKAN PADA O2SN TINGKAT SMA/MA

Cabang olahraga yang diperlombakan/dipertandingkan pada O2SN-SMA tahun 2024 meliputi 5 (lima) cabang yaitu:


Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana yang diperlukan untuk penyelenggaraan O2SN-SMA tahun 2024 adalah:

1. Venue beserta kelengkapan untuk lomba;

2. Aplikasi lomba;

3. Jaringan internet;

4. Tenaga medis dengan perlengkapan dan ambulance.

 

Jadwal Pelaksanaan

Jadwal pelaksanaan O2SN-SMA/MA Tahun 2024 direncanakan sebagai berikut:


Persyaratan Peserta

Peserta O2SN-SMA tahun 2024 wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a.     Berkewarganegaraan Indonesia (WNI);

b.     Juara terbaik dalam setiap tingkat perlombaan/pertandingan yang diikuti sesuai cabang olahraga dibuktikan dengan hasil seleksi dan surat keputusan (SK) dari pejabat yang berwenang pada setiap tingkatan lomba/pertandingan;

c.     Terdaftar sebagai peserta didik SMA/MA Negeri/Swasta dan atau yang sederajat;

d.     Pada saat pendaftaran, peserta terdaftar pada kelas 10 atau 11 tahun pelajaran 2023/2024 dan dilahirkan tanggal 1 Januari 2006 atau sesudahnya. Apabila peserta didik yang bersangkutan masih duduk di SMA/MA dan atau yang sederajat namun lahir sebelum tanggal 1 Januari 2006, maka peserta didik yang bersangkutan tidak dapat mengikuti O2SN-XVII SMA 2024.

e.     Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) atau Nomor Induk Siswa Madrasah (NISM) dan terdaftar di Data Pokok Peserta Didik (DAPODIK) atau Education Management Information System (EMIS);

f.      Bukan peraih juara 1, 2, dan 3 pada O2SN-SMA tingkat nasional tahun sebelumnya;

g.     Bukan peraih juara 1, 2, dan 3 Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Tahun 2023, Pekan Olahraga Pesantren dan Seni Nasional (Pospenas) Tahun 2022 atau Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan kejuaraan internasional sesuai dengan ketentuan khusus yang diatur pada masing-masing cabang olahaga;

h.     Bukan binaan dari Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP), Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD), Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar (PPOP), dan DIKLAT/Sekolah Khusus Olahraga (SKO);

i.       Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras, yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah;

j.       Hanya mengikuti satu cabang olahraga;

k.     Terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan saat lomba/pertandingan.

l.       Sehat jasmani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter, tertanggal maksimal 7 hari sebelum pelaksanaan O2SN;

m.   Wajib menjaga sportivitas dan fair play selama O2SN berlangsung disertai surat pernyataan yang ditandatangani Kepala Sekolah;

n.     Wajib mendaftar daring melalui website panitia pusat BPTI mulai tingkat kabupaten/kota.

 

Baiklah untuk lebih jelas mengenai Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SMA/MA Tahun 2024, maka silahkan and abaca selengkapnya melalui Pedoman O2SN yang telah admin kherysuryawan bagikan di bawah ini :

 

  • Pedoman Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SMA/MA/MTs Tahun 2024 – (DISINI)
  • Juknis/Pedoman O2SN Jenjang SD/MI - (DISINI
  • Juknis/Pedoman O2SN Jenjang SMP/MTs - (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Juknis/Pedoman Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SMA/MA Tahun 2024 yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang akan mengikuti Ajang perlombaan di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SMA/MA Tahun 2024 ini.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel