Rangkuman Matematika Kelas 4 Bab 16 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Matematika Kelas 4 SD Bab 16 “Perkalian dan Pembagian Bilangan Desimal” Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi pendidikan yang berhubungan dengan materi pelajaran yaitu matematika pada kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 


Admin kherysuryawan telah menyiapkan sebuah rangkuman materi matematika kelas 4 SD kurikulum merdeka khususnya materi yang ada pada Bab 16 yang akan di pelajari di semester 2 kurikulum merdeka. Hasil rangkuman yang telah admin buat ini akan admin bagikan dan sajikan pada artikel ini guna membantu sahabat pendidikan yang membutuhkannya.

 

Dengan mempelajari rangkuman materi tentunya akan lebih memudahkan bagi pendidik maupun peserta didik dalam mempelajari materi yang ada pada buku teks pelajaran. Bagi anda yang di sekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka khususnya pada sekolah jenjang SD dan saat ini sedang mencari rangkuman materi untuk mata pelajaran matematika kelas 4 semester 2 maka anda bisa mendapatkannya pada postingan ini sebab disini admin akan membagikannya secara publik.

 

Sebagai informasi bahwa seluruh materi hasil rangkuman yang telah admin buat ini semuanya bersumber dari buku teks pelajaran matematika kelas 4 SD volume 2 versi kurikulum merdeka. Hasil rangkuman ini sengaja dibuat dengan tujuan untuk berbagi informasi seputar materi matematika kelas 4 SD Bab 16 yang berjudul “Perkalian dan Pembagian Bilangan Desimal” yang akan di pelajari di semester 2 kurikulum merdeka.


Adapun yang akan menjadi materi inti pada pembelajaran matematika kelas 4 Bab 16 semester 2 kurikulum merdeka, yaitu sebagai berikut :

  • Perhitungan (Bilangan Desimal) × (Bilangan Asli)
  • Perhitungan (Bilangan Desimal) : (Bilangan Asli)
  • Masalah Pembagian
  • Apa Jenis dari Kalimat matematika?

 

Baiklah untuk anda yang ingin melihat sajian rangkuman/ringkasan materi matematika kelas 4 SD Bab 16 “Perkalian dan Pembagian Bilangan Desimal” untuk pembelajaran semester 2 kurikulum merdeka, maka silahkan simak hasil rangkumannya di bawah ini :

 

BAB 16 PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN DESIMAL

Perkalian dari Bilangan Desimal x Bilangan Asli

Ada 1 m kawat dengan berat 2,3 gr. Jika kawat ini 4 , berapa beratnya ?


Jawaban :

Beratnya adalah : 2,3 x 4 = 9,2

Berapa luas (dalam m2) kebun bunga yang lebarnya 2,6 m dan panjangnya 3 m?

Jawaban :

Luas       = Panjang x Lebar

= 3 x 2,6 = 7,8

Jadi luas kebun bunga adalah 7,8 m2

 

Perhitungan (Bilangan Desimal : (Bilangan Asli)

Anak-anak memotong pita sepanjang 5,7 m dengan sama panjang yang masing-masing akan diberikan kepada 3 anak. Berapa meter panjang pita yang diterima oleh setiap anak?

Jawaban :

Panjang pita yang di terima oleh setiap anak adalah : 5,7 x 3 = 1,9 m


0 sebagai hasil bagi di tempat satuan

Bu guru memotong pita sepanjang 4,5 m sama rata untuk sembilan orang anak. Berapa meter panjang pita yang diterima oleh setiap anak?

Jawaban :

4,5 : 9

1. Letakkan tanda koma penanda desimal pada hasil bagi di tempat yang sama seperti tanda koma pada bilangan yang dibagi. Kemudian, karena 4 kurang dari 9, tuliskan 0 di tempat satuan pada hasil bagi.

2. Oleh karena 4,5 adalah 45 kelompok dari 0,1-an, kita dapat menghitung dengan menggunakan cara yang sama seperti pada bilangan asli.


Kita memotong pita sepanjang 7,3 m sama rata untuk lima orang anak. Berapa meter panjang pita yang diterima oleh setiap anak?

Jawaban :

7,3 : 5 = 1,46

Pembagian yang dapat dilakukan secara terus menerus se[1]hingga sisanya adalah 0 disebut “pembagian berlanjut”.

 

Masalah Pembagian

Pembagian Bersisa

Dita mempunyai pita sepanjang 13,5 m. Ia akan membuat hiasan bunga yang satu buahnya memerlukan 2 m pita. Berapa banyak hiasan bunga yang dapat dibuat Dita? Berapa meter sisa pita tersebut?

Jawaban :

Bilangan yang dibagi = hasil bagi × pembagi + sisa

13,5 = 6 x 2 + 1,5

Pada pembagian bilangan desimal, titik desi[1]mal pada sisa diletakkan di tempat yang sama seperti pada titik desimal dari bilangan yang dibagi.

 

Ibu Ina membagi 2,3 l sari buah secara sama kepada 6 anak. Barapa liter sari buah diterima oleh setiap anak?

Jawaban :

2,3 : 6 = 0,383

Ketika pembilang tidak dapat dibagi oleh penyebut, atau ketika banyak nilai tempatnya menjadi panjang, maka hasil baginya dibulatkan.

 

Jenis Kalimat Matematika

Ada 3 botol yang masing-masing berisi 1,5 l sari buah. Berapa liter keseluruhan sari buah tersebut?

Jawaban :

1,5 x 3 = 4,5

Jadi, keseluruhan sari buah tersebut adalah 4,5 Liter.

 

Terdapat 6 piring dengan berat yang sama. Jika keseluruhan berat piring tersebut adalah 5,1kg. Berapa kg berat setiap piring?

Jawaban :

5,1 : 6 = 0,85

Jadi berat setiap piring adalah 0,85 kg

 

Untuk lebih jelas dan lengkapnya mengenai materi matematika kelas 4 SD Bab 16 semester 2 kurikulum merdeka, maka silahkan anda lihat pada judul di bawah ini :

👉 Buku Siswa & Guru Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai Ringkasan atau Rangkuman materi pelajaran matematika kelas 4 SD pada Bab 16 yang berjudul “Perkalian dan Pembagian Bilangan Desimal”. Semoga sajian rangkuman tersebut dapat bermanfaat bagi sahabat dan rekan pendidikan yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel