Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pemilihan Topik Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan

Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Pelatihan Mandiri Topik Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Modul 2 Persiapan Pemilihan dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Modul 2 Persiapan Pemilihan.

Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang materi yang berhubungan dengan topik yang akan di pelajari pada pelatihan mandiri di PMM.

 


Salah satu topik baru pada pelatihan PMM yang dapat dipilih untuk di pelajari oleh bapak/ibu guru pada platform Merdeka mengajar (PMM) ialah Topik yang berjudul “Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”. Di dalam topik ini nantinya aka nada 4 modul yang akan di pelajari diantaranya yaitu :

        Modul 1 “Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”

        Modul 2 “Persiapan Pemilihan”

        Modul 3 “Proses Pemilihan”

        Modul 4 “Setelah Pemilihan”

 

Di setiap modul nantinya telah disiapkan bebeberapa materi yang harus di pelajari oleh bapak/ibu guru dan setelah mempelajarinya maka guru harus bisa menjawab latihan pemahaman dan cerita reflektif dari setiap materi dan juga setelah mempelajari seluruh materi di setiap modul maka bapak/ibu guru juga harus bisa menjawab beberapa soal Post Test yang telah di sediakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan materi yang telah di pelajari.

 

Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan berbagi kunci jawaban untuk pelatihan mandiri Topik “Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan” khususnya untuk Modul 2 “Persiapan Pemilihan”. Disini admin kherysuryawan telah menyiapkan kunci jawaban latihan pemahaman untuk setiap materi dan juga cerita reflektif serta kunci jawaban post test Modul 2.

 

Tujuan admin membagikan kunci jawaban post test Modul 2 “Persiapan Pemilihan” ini yaitu agar dapat menjadi bahan referensi bagi bapak/ibu guru yang telah mempelajari Modul 2 “Persiapan Pemilihan” di PMM sehingga bisa lebih memantapkan diri dengan baik dalam menjawab soal-soal yang tersedia.

 

Baiklah di bawah ini kunci jawaban post test Modul 2 “Persiapan Pemilihan” lengkap dengan kunci jawaban latihan pemahaman dan cerita reflektif Modul 2 “Persiapan Pemilihan”.

 

Kunci Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif

 

I. Materi Menyamakan Persepsi dan Refleksi

Sebelum melaksanakan pemilihan mata pelajaran pilihan di satuan pendidikan, kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya perlu menyamakan persepsi dan melakukan refleksi mengenai kesiapan satuan pendidikan. Dengan melakukan dua langkah ini, seluruh warga satuan pendidikan dapat memiliki pemahaman yang sama dan dapat menentukan mekanisme pemilihan mata pelajaran pilihan yang sesuai dengan kondisi satuan pendidikan.

 

Apa langkah pertama dalam persiapan pemilihan mata pelajaran pilihan?

A. Penentuan mata pelajaran dan penentuan guru mata pelajaran

B. Penyamaan persepsi dan refleksi

C. Sosialisasi kepada peserta didik dan penentuan kelas

D. Pembagian kelas dan penentuan jadwal

Jawaban : B. Penyamaan persepsi dan refleksi

 

Bagaimana praktik menyamakan persepsi di satuan pendidikan Anda selama ini?

Jawab : Adanya pelaksanaan KBM sesuai dengan struktur mata pelajaran berdasarkan regulasi kurikulum merdeka serta kesepakatan cara pemilihan berdasarkan panduan.

 

II. Materi Persiapan Pemilihan Sesuai Kesiapan

A. Persiapan di Tahap Awal. Pada tahap ini, satuan pendidikan perlu menyediakan menu mata pelajaran yang sesuai dengan sumber daya yang ada dan tidak perlu melakukan survei peminatan kepada peserta didik. Jadi, tidak ada paksaan untuk menyelenggarakan pilihan mata pelajaran pilihan yang beragam.

 

B. Persiapan di Tahap Berkembang. Pada tahap ini, satuan pendidikan diharapkan dapat memberikan survei untuk mengetahui minat peserta didik sebagai dasar pembuatan menu mata pelajaran pilihan. Namun, Ibu dan Bapak dapat membatasi menu mata pelajaran pilihan dengan kuota, sesuai dengan sumber daya yang dimiliki sekolah. Jangan lupa juga untuk menyediakan layanan bimbingan dan konseling walau masih terbatas.

 

C. Persiapan di Tahap Siap. Pada tahap ini, satuan pendidikan diharapkan dapat melakukan survei dan observasi/wawanca untuk mengetahui minat peserta didik sebagai dasar pembuatan menu mata pelajaran pilihan. Selain itu, satuan pendidikan juga diharapkan melakukan usaha untuk memenuhi aspirasi murid, yaitu dengan mencari guru/ruang tambahan jika perlu dan menyediakan layanan BK secara terbatas.

 

D. Persiapan di Tahap Mahir. Pada tahap ini, satuan pendidikan tidak lagi menyediakan mata pelajaran pilihan dalam bentuk "menu", namun dalam bentuk lepasan/satuan agar dapat memenuhi minat, bakat, dan kemampuan peserta didik dengan maksimal. Implikasinya, sistem kelas berubah menjadi kelas dinamis (moving class). Untuk memberi dukungan lebih pada peserta diidk, satuan pendidikan dapat bekerja sama dengan satuan pendidikan lain dalam rangka pemenuhan sumber daya, dan menyediakan layanan BK yang menyeluruh untuk setiap peserta didik.

 

1. Pada tahap awal, bagaimana cara pemilihan menu mata pelajaran pilihan?

A. Menu mata pelajaran pilihan dibuat berdasarkan ketersediaan tenaga pendidik dan ruangan

B. Peserta didik mengisi survei awal untuk menyampaikan mata pelajaran pilihan yang diminati

C. Peserta didik memilih menu mata pelajaran pilihan sesuai dengan minat dan bakat mereka

D. Peserta didik diberikan bimbingan khusus untuk memilih mata pelajaran sesuai aspirasi profesi

Jawaban : A. Menu mata pelajaran pilihan dibuat berdasarkan ketersediaan tenaga pendidik dan ruangan

 

2. Berikut ini yang bukan merupakan persiapan mata pelajaran pilihan pada tahap berkembang adalah...

A. Berkolaborasi dengan satuan pendidikan lainnya

B. Membuat dan memberikan survei untuk mengetahui minat profesi dan studi peserta didik

C. Membuat menu mata pelajaran pilihan sesuai dengan aspirasi peserta didik dan ketersediaan sumber daya

D. Membatasi pilihan menu mata pelajaran dengan kuota

Jawaban : A. Berkolaborasi dengan satuan pendidikan lainnya

 

3. Berikut yang bukan merupakan persiapan mata pelajaran pilihan pada tahap siap adalah...

A. Melakukan wawancara atau observasi peserta didik yang digunakan sebagai data pendukung survei

B. Mencari tenaga pendidik dan ruang kelas untuk mata pelajaran pilihan yang menjadi prioritas

C. Merencanakan pembelajaran dengan sistem fixed class

D. Merencanakan pembelajaran dengan sistem moving class

Jawaban : D. Merencanakan pembelajaran dengan sistem moving class

 

4. Pada tahap mahir, apa yang satuan pendidikan lakukan jika terdapat beberapa murid yang tertarik dengan profesi atau jurusan studi tertentu namun belum terdapat guru pada mata pelajaran terkait pada satuan pendidikan?

A. Mencari guru mata pelajaran pilihan terkait

B. Meminta bantuan guru mata pelajaran yang serupa untuk mengajar

C. Berkolaborasi dengan satuan pendidikan lainnya untuk ketersediaan tenaga pengajar

D. Melakukan penyesuaian menu mata pelajaran pilihan sesuai dengan ketersediaan tenaga pendidik dan ruangan

Jawaban : C. Berkolaborasi dengan satuan pendidikan lainnya untuk ketersediaan tenaga pengajar

 

Bagaimana kesiapan satuan pendidikan Anda dalam menerapkan pemilihan mata pelajaran pilihan?

Jawab : Satuan pendidikan melalui Guru BK dapat melakukan pengumpulan data dari asesmen nontes dan data perkembangan belajar peserta didik.

 

Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pemilihan

1. Karakteristik apa yang dipertimbangkan dalam penyusunan menu mata pelajaran pilihan di tahap awal?

A. Minat peserta didik

B. Bakat peserta didik

C. Ketersediaan tenaga pendidik

D. Cita-cita / aspirasi profesi

Jawaban : C. Ketersediaan tenaga pendidik

 

2. Dalam persiapan teknis, apa saja yang bisa disiapkan oleh satuan pendidikan?

A. Teknis pemilihan mata pelajaran

B. Sistem sosialisasi pemilihan mata pelajaran pilihan

C. Penggunaan sistem kelas di mata pelajaran pilihan

D. Semua jawaban benar

Jawaban : D. Semua jawaban benar

 

3. Bagaimana peran layanan konseling pada tahap awal di pemilihan mata pelajaran pilihan?

A. Belum tersedia layanan konseling untuk individu maupun kelompok

B. Sudah tersedia layanan konseling untuk peminatan peserta didik

C. Tersedia layanan konseling kelompok yang terjadwal

D. Sudah tersedia tindak lanjut layanan konseling individu

Jawaban : A. Belum tersedia layanan konseling untuk individu maupun kelompok

 

4. Berikut adalah hal-hal yang perlu disampaikan dalam tahap refleksi, kecuali…

A. Lini masa proses pemilihan mata pelajaran

B. Jumlah guru mata pelajaran

C. Jumlah kelas yang dapat digunakan

D. Komunitas atau organisasi yang dapat membantu keberlangsungan mata pelajaran pilihan

Jawaban : A. Lini masa proses pemilihan mata pelajaran

 

5. Pada tahap mahir, satuan pendidikan sudah menyediakan layanan konseling berupa...

A. Hanya layanan konseling kelompok secara terjadwal

B. Layanan konseling individu terbatas untuk peserta didik yang membutuhkan

C. Layanan konseling kelompok terjadwal dan layanan konseling individu lanjutan untuk seluruh peserta didik

D. Layanan konseling kelompok untuk kelompok yang belum terakomodasi minat dan bakatnya pada menu mata pelajaran pilihan

Jawaban : C. Layanan konseling kelompok terjadwal dan layanan konseling individu lanjutan untuk seluruh peserta didik

 

6. Berikut ini layanan konseling yang disediakan satuan pendidikan pada tahap siap adalah…

A. Layanan konseling berkelompok terjadwal

B. Layanan konseling individu terjadwal

C. Layanan konseling individu lanjutan untuk seluruh murid

D. Layanan konseling kelompok terbatas

Jawaban : A. Layanan konseling berkelompok terjadwal

 

7. Pada tahap berkembang, apa yang satuan pendidikan lakukan jika terdapat kelompok peserta didik dengan kecenderungan minat tertentu namun memiliki ruangan yang terbatas?

A. Memilih dan menentukan murid yang akan mengikuti mata pelajaran pilihan tersebut

B. Berusaha mencari tenaga tenaga pendidik dan ruangan tambahan

C. Berkolaborasi dengan satuan pendidikan lainnya

D. Menerapkan sistem kuota

Jawaban : D. Menerapkan sistem kuota

 

8. Pada tahap berkembang, apa yang satuan pendidikan lakukan jika terdapat beberapa murid yang tertarik dengan profesi atau jurusan studi tertentu namun belum terdapat guru pada mata pelajaran terkait pada satuan pendidikan?

A. Mencari guru mata pelajaran pilihan terkait

B. Meminta bantuan guru mata pelajaran yang serupa untuk mengajar

C. Berkolaborasi dengan satuan pendidikan lainnya untuk tenaga pengajar

D. Melakukan penyesuaian menu mata pelajaran pilihan sesuai dengan ketersediaan tenaga pendidik dan ruangan

Jawaban : D. Melakukan penyesuaian menu mata pelajaran pilihan sesuai dengan ketersediaan tenaga pendidik dan ruangan

 

9. Apa opsi yang tidak dapat dipilih jika fasilitas sekolah yang dimiliki kurang untuk menjalankan mata pelajaran pilihan?

A. Bekerja sama dengan organisasi, komunitas, atau sekolah lain

B. Membuka mata pelajaran pilihan lain yang sesuai dengan kesiapan sekolah

C. Memberikan himbauan pada siswa untuk mengganti mata pelajaran pilihannya supaya seluruh fasilitas dapat digunakan secara optimal

D. Tidak jadi menjalankan mata pelajaran pilihan

Jawaban : D. Tidak jadi menjalankan mata pelajaran pilihan

 

10. Sebelum membuat menu mata pelajaran pilihan pada tahap siap, apa yang dilakukan oleh guru di satuan pendidikan?

A. Tidak melakukan apa apa

B. Hanya melakukan survei aspirasi

C. Hanya melakukan wawancara atau observasi

D. Membuat survei aspirasi minat peserta didik didukung dengan wawancara atau observasi

Jawaban : D. Membuat survei aspirasi minat peserta didik didukung dengan wawancara atau observasi

 

11. Pada tahap siap, apa yang satuan pendidikan lakukan jika terdapat kelompok peserta didik yang berminat pada profesi tertentu namun memiliki tenaga pendidik dan ruangan yang terbatas?

A. Memilih dan menentukan murid yang akan mengikuti mata pelajaran pilihan tersebut

B. Berusaha mencari tenaga pendidik dan ruangan tambahan untuk mata pelajaran pilihan yang menjadi prioritas

C. Berkolaborasi dengan satuan pendidikan lainnya

D. Menerapkan sistem kuota

Jawaban : B. Berusaha mencari tenaga pendidik dan ruangan tambahan untuk mata pelajaran pilihan yang menjadi prioritas

 

12. Berikut ini yang bukan merupakan proses persiapan mata pelajaran pilihan pada tahap mahir adalah…

A. Berkolaborasi dan berbagi sumber daya dengan satuan pendidikan lainnya

B. Memberi kesempatan pada peserta didik untuk memilih mata pelajaran pilihan sesuai minatnya

C. Membuat menu mata pelajaran pilihan sesuai dengan aspirasi peserta didik dan ketersediaan sumber daya

D. Mengorganisasikan pemilihan mata pelajaran pilihan sesuai dengan minat dan bakat peserta didik

Jawaban : C. Membuat menu mata pelajaran pilihan sesuai dengan aspirasi peserta didik dan ketersediaan sumber daya

 

13. Pada tahap berkembang, satuan pendidikan sudah menyediakan layanan konseling berupa…

A. Layanan konseling kelompok secara terjadwal

B. Layanan konseling individu terbatas

C. Layanan konseling terbatas untuk peserta didik yang paling membutuhkan

D. Layanan konseling individu lanjutan

Jawaban : C. Layanan konseling terbatas untuk peserta didik yang paling membutuhkan

 

14. Perhatikan pernyataan di bawah ini.

1. Jadwal menggunakan sistem fixed class

2. Jadwal menggunakan sistem moving class

3. Satuan pendidikan membuat menu mata pelajaran pilihan

4. Satuan pendidikan mengorganisasi mata pelajaran pilihan lepasan

Manakah yang merupakan poin-poin utama pada pemilihan mata pelajaran pilihan tahap mahir?

A. 1 dan 3

B. 2 dan 4

C. 1 dan 2

D. 3 dan 4

Jawaban : B. 2 dan 4

 

15. Berikut adalah hal yang perlu disampaikan pada tahap penyamaan persepsi, kecuali...

A. Regulasi terbaru

B. Tata cara masuk perguruan tinggi

C. Struktur mata pelajaran

D. Jumlah peserta didik pada setiap mata pelajaran pilihan

Jawaban : D. Jumlah peserta didik pada setiap mata pelajaran pilihan

 

LIHAT MODUL KELANJUTANNYA "TOPIK: PILIHAN MATA PELAJARAN PILIHAN":

👉 Jawaban Post Test Modul 1 “Mengenal Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan”

👉 Jawaban Post Test Modul 3 “Proses Pemilihan”

👉 Jawaban Post Test Modul 4 “Setelah Pemilihan”


Demikianlah informasi mengenai kunci jawaban Post Test Modul 2 “Persiapan Pemilihan” yang ada di PMM pada topik pemilihan mata pelajaran pilihan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi bapak/ibu guru yang sedang mengikuti Pelatihan Mandiri di PMM.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel