Jawaban Post Test Modul 2 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B

Kherysuryawan.idKunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 2 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B, Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B, dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B Pada Topik “Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B” di PMM.

 


Halo sahabat kherysuryawan, senang rasanya di kesempatan kali ini admin masih di beri kesempatan untuk bisa menulis dan berbagi informasi seputar dunia pendidikan. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang salah satu topik pelatihan mandiri di PMM yakni topik “Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B”.

 

Pada topik “Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B” ini nantinya guru yang mengikuti pelatihan akan di sajikan 3 jenis modul pembelajaran dan salah satunya ialah materi tentang Merancang Pembelajaran SMP/Paket B yang terdapat pada modul 2.

 

Pada Modul 2 “Merancang Pembelajaran SMP/Paket B” ini menjadi pelengkap dan menambah variasi contoh dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Anda tetap dianjurkan untuk membaca panduan tersebut agar memahami modul lebih menyeluruh.

Adapun Daftar Materi yang akan di pelajari oleh para guru yang akan mengikuti pelatihan ini diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik
  • Merancang Asesmen Pembelajaran
  • Merumuskan Modul Ajar

 

Di setiap materi yang telah di sebutkan diatas, nantinya para guru akan disuguhkan pertanyaan-pertanyaan berupa latihan pemahaman, cerita reflektif dan juga post test.

Berikut ini tahapan pembelajaran yang akan di lakukan di modul 2 “Merancang Pembelajaran SMP/Paket B”.

1. Belajar materi

2. Refleksi pembelajaran

3. Post Test

 

Nah, jika anda saat ini sedang mengikut pelatihan mandiri di PMM pada Topik Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B tepatnya pada Modul 2 “Merancang Pembelajaran SMP/Paket B” dan sedang membutuhkan jawaban pada latihan pemahaman, cerita reflektif dan juga Post Test yang ada di setiap materi pada modul 2 tersebut, maka anda bisa mendapatkan kunci jawabannya pada postingan ini sebab disini admin kherysuryawan akan mencoba membagikannya secara mendetail.

 

Tujuan admin berbagi kunci jawaban latihan pemahaman, cerita reflektif dan juga Post Test Modul 2 “Merancang Pembelajaran SMP/Paket B” dengan harapan agar bisa menjadi bahan referensi dalam belajar sehingga guru dapat dengan mudah menjawab soal post test dengan baik dan bisa memperoleh nilai yang luar biasa.

 

Baiklah langsung saja bagi anda yang membutuhkan kunci jawaban Post test Modul 2 “Merancang Pembelajaran SMP/Paket B” pada topik Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B yang telah di lengkapi juga dengan kunci jawaban latihan pemahaman dan cerita reflektif di setiap materinya maka silahkan anda simak soal dan kunci jawabannya di bawah ini :

 

Soal & Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Modul 2 Merancang Pembelajaran SMP / Paket B


Materi Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik

Soal & Jawaban Latihan Pemahaman

Berikut yang bukan kriteria pertanyaan pemantik adalah

A. Inti dari topik pembelajaran

B. Berupa pertanyaan terbuka

C. Memikat ketertarikan murid pada topik yang akan dipelajari

D. Dapat dijawab tanpa perlu penyelidikan oleh murid

Jawaban: D. Dapat dijawab tanpa perlu penyelidikan oleh murid

 

Soal & Jawaban Cerita Reflektif

Ketika sekolah dahulu, adakah pelajaran yang mau tidak mau diikuti, padahal tidak paham hingga saat ini, mengapa kita belajar hal tersebut? Ceritakan yuk!

Jawaban: Mata pelajaran Matematika, meskipun sulit dan malas diikuti, namun mata pelajaran ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari

 

Materi Merancang Asesmen Pembelajaran

Soal & Jawaban Latihan Pemahaman

1. Saat merancang asesmen kita menentukan hal-hal berikut, kecuali

A. Indikator pencapaian kompetensi

B. Pertanyaan pemantik

C. Alat ukur yang akan dipakai

D. Panduan asesmen untuk murid

Jawaban: B. Pertanyaan pemantik

 

2. Indikator pencapaian kompetensi dibuat untuk

A. Memastikan tujuan pembelajaran sudah tercapai

B. Membuat pengukuran yang terarah

C. Memudahkan dalam merancang asesmen

D. Semua benar 

Jawaban: D. Semua benar

 

Soal & Jawaban Cerita Reflektif

Saat menjadi murid dahulu, bagaimana perasaan Ibu dan Bapak Guru saat mengerjakan ujian/ulangan?

Jawaban: Deg degan dan tegang

 

Materi Merumuskan Modul Ajar

Soal & Jawaban Latihan Pemahaman

1. Apakah manfaat utama modul ajar bagi pendidik?

A. Memberikan variasi materi, media dan metode pembelajaran

B. Menambah jam mengajar agar capaian pembelajaran maksimal

C. Menjadi dokumen pelengkap pada proses akreditasi sekolah

D. Mengoreksi kekurangan pada kurikulum sebelumnya

Jawaban: A. Memberikan variasi materi, media dan metode pembelajaran

 

2. Berikut kondisi-kondisi yang membuat kita perlu memodifikasi modul ajar, kecuali

A. Sarana dan prasarana yang disarankan tidak tersedia

B. Kemampuan dan karakteristik murid yang berbeda

C. Capaian pembelajaran yang berbeda

D. Kondisi lingkungan sekolah yang berbeda

Jawaban: C. Capaian pembelajaran yang berbeda

 

Soal & Jawaban Cerita Reflektif

Menurut Ibu dan Bapak guru, pembelajaran yang membosankan itu yang seperti apa?

Jawaban: Pembelajaran yang hanya menyuruh siswanya membaca dan mendengar.

 

Soal & Jawaban Post Test Modul 2 Merancang Pembelajaran SMP / Paket B

 

1. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:

1. Membuktikan pemahaman yang dicapai setelah mempelajari topik tertentu

2. Meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik

3. Menjadi umpan balik proses pembelajaran

4. Membantu dalam menjelaskan manfaat pembelajaran dan tujuan pembelajaran

Pernyataan di atas yang terkait manfaat dari pertanyaan pemantik ditunjukkan oleh nomor . . . .

A. 1 dan 3

B. 1 dan 4

C. 1 dan 2

D. 3 dan 4

JAWABAN : A. 1 dan 3

 

2. Tidak semua pertanyaan yang diajukan Guru kepada siswa adalah pertanyaan pemantik.

Wiggins dan McTighe dalam bukunya The Understanding by Design menyatakan bahwa ada beberapa pertanyaan yang hanya mencari jawaban "resmi" dan benar (sesuai dengan buku teks) alih-alih membutuhkan jawaban dan penyelidikan yang mendalam. Jenis pertanyaan seperti ini akan mempersingkat proses penyelidikan yang sebetulnya diperlukan sebagai jantung pemahaman mendalam.

 

Berdasarkan hal tersebut, manakah yang merupakan pertanyaan pemantik dibawah ini?

A. Seorang Guru PAUD membawa sebuah buku kemudian bertanya “Kira-kira siapa yang ada pada gambar ini?”

B. Seorang Guru Ekonomi bertanya “Apa pentingnya bagi kita mengetahui fakta angka inflasi naik setiap tahun?”

C. Seorang Guru Bahasa Indonesia bertanya “Apa saja cerita fiksi yang pernah kalian baca?”

D. Seorang Guru Geografi bertanya “Apakah bumi memiliki banyak lapisan tanah?”

JAWABAN : C. Seorang Guru Bahasa Indonesia bertanya “Apa saja cerita fiksi yang pernah kalian baca?”

 

3. Produk akhir merupakan salah satu asesmen sumatif, yaitu asesmen untuk evaluasi pada akhir proses pembelajaran. Salah satu tujuan dari adanya asesmen ini adalah ...

A. Agar murid mendapatkan nilai

B. Untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran

C. Agar guru bisa memberikan umpan balik seperti bagus, keren, pintar, pandai, cerdas, dan sebagainya

D. Untuk menjadi data tambahan

JAWABAN : B. Untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran

 

4. Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menyusun asesmen adalah . . . .

A. Menentukan apa bukti-bukti yang dapat menunjukkan pemahaman peserta didik

B. Menentukan indikator pencapaian kompetensi

C. Menentukan alat ukur yang tepat

D. Menentukan lembar asesmen yang akan digunakan

JAWABAN : B. Menentukan indikator pencapaian kompetensi

 

5. Apa komponen minimal modul ajar?

A. Tujuan pembelajaran, profil peserta didik, dan asesmen.

B. Tujuan pembelajaran, asesmen. langkah pembelajaran, dan media pembelajaran.

C. Dimensi profil pelajar Pancasila, profil peserta pidik, dan asesmen.

D. Tujuan pembelajaran, profil peserta didik, dan langkah pembelajaran.

JAWABAN : B. Tujuan pembelajaran, asesmen. langkah pembelajaran, dan media pembelajaran.

 

6. Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan.

Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus akan menggunakan rubrik yang menilai 3 aspek yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Untuk menilai ketercapaian tujuan pembelajaran, maka yang perlu dilakukan Pak Markus adalah . . . .

A. Menentukan tujuan pembelajaran

B. Menentukan jenis asesmen

C. Menentukan capaian pembelajaran

D. Menentukan kriteria ketercapaian

JAWABAN : D. Menentukan kriteria ketercapaian

 

7. Pak Rudy adalah seorang guru Fisika. Pada modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar, Pak Rudy tertarik dengan aktivitas peserta didik dalam mempraktikkan pembuktian nilai gaya gravitasi. Di sekolah, alat dan bahan yang dibutuhkan sebagian sudah tersedia, namun jumlahnya belum memadai dan belum lengkap. Upaya modifikasi yang dapat dilakukan oleh Pak Rudy agar peserta didik tetap dapat mempraktikkan pembuktian tersebut adalah . . . .

A. Mengajak peserta didik untuk praktik dengan memanfaatkan benda di sekitar mereka.

B. Melakukan praktik dengan menggunakan alat dan bahan yang tersedia.

C. Mengajukan pengadaan alat dan bahan praktik ke pihak sekolah.

D. Meminta peserta didik untuk menonton video terkait praktik tersebut.

JAWABAN : A. Mengajak peserta didik untuk praktik dengan memanfaatkan benda di sekitar mereka

 

8. Berikut merupakan peran media ajar dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid, kecuali…

A. Meningkatkan pemahaman murid.

B. Membuat pelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.

C. Jika sesuai minat murid, akan meningkatkan motivasi murid dalam belajar

D. Untuk menggantikan guru mengajar siswa tanpa perlu berinteraksi lagi

JAWABAN : D. Untuk menggantikan guru mengajar siswa tanpa perlu berinteraksi lagi

 

Demikianlah informasi mengenai Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 2 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B, Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B, dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Merancang Pembelajaran SMP/Paket B Pada Topik “Perencanaan Pembelajaran SMP / Paket B” di PMM. Semoga informasi yang telah admin sampaikan disini bisa menjadi bahan pembelajaran yang bermakna bagi para guru dalam mengikuti kegiatan pelatihan mandiri di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel