Jawaban Post Test Modul 4 Komunikasi Afektif dan Penuh Empati

Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Komunikasi Efektif dan Penuh Empati pada Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis (Kemitraan dengan HP Indonesia).

Halo sahabat pendidikan pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan kembali membahas tentang topik baru yang ada di platform PMM yakni topik tentang Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis. Disini admin akan memberikan jawaban terhadap soal yang ada pada latihan pemahaman, cerita reflektif dan juga post test yang ada di topik semangat guru 3 : Merdeka Belajar.

 


Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis ini dapat di ikuti oleh para guru yang ingin memiliki pengetahuan dan pemahaman lebih mendalam tentang merdeka belajar dengan kemampuan nonteknis. Dalam mengikuti kegiatan ini nantinya guru akan di suguhkan dengan 5 modul pelajaran yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1.    Modul 1 tentang “Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan”

2.    Modul 2 tentang “ Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi”

3.    Modul 3 tentang “ Self – Regulated Learning”

4.    Modul 4 tentang “Komunikasi Efektif dan Penuh Empati”

5.    Modul 5 tentang “Literasi Digital”

 

Disetiap modul nantinya guru harus bisa melewati beberapa tahap materi dan di akhir modul guru akan di suguhkan post test yang berisi soal-soal guna mengetahui pemahaman guru selama mempelajari materi di setiap modul. Bagi anda yang suka mengikuti pelatihan mandiri di PMM dan menemukan topik ini maka kiranya bisa mendapatkan referensi yang bermanfaat di artikel ini.

 

Pada postingan kali ini admin kherysuryawan hanya akan membahas salah satu dari ke 5 modul yang telah di sebutkan diatas yaitu Modul 4 “Komunikasi Efektif dan Penuh Empati”. Untuk memudahkan bapak/ibu guru dalam mengerjakan post test yang ada di Modul 4 maka disini admin akan memberikan sajian soal yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban pada Modul 4 “Komunikasi Efektif dan Penuh Empati”.

 

Perlu dipahami bahwa Post test Modul 4 Komunikasi Efektif dan Penuh Empati merupakan bagian dari Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis pada Platform Merdeka Mengajar yang merupakan bagian dari pelatihan mandiri untuk Guru pada aplikasi PMM. Setelah berhasil mengerjakan post test di Modul 4 ini maka nantinya bapak/ibu guru bisa melanjutkannya ke modul-modul selanjutnya.

 

Salah satu langkah penting untuk bisa sukses mempelajari Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis maka kita harus bisa lulus dalam mengerjakan post test di setiap modulnya. Olehnya itu melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan membantu memberikan kunci jawaban post test Modul 4 tentang “Komunikasi Efektif dan Penuh Empati” agar bisa lulus dari Modul 4 dan bisa memperoleh nilai terbaik.

 

Baiklah untuk anda yang membutuhkan kunci jawaban post test Modul 4 “Komunikasi Efektif dan Penuh Empati” pada topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis pada Platform Merdeka Mengajar, maka silahkan simak soal dan jawabannya di bawah ini :

 

SOAL DAN JAWABAN POST TEST MODUL 4

1.Siapakah yang terlibat dalam pembahasan komunikasi efektif dalam pendidikan?

a. Murid

b. Orang tua

c. Sekolah

d. A, B, C benar

Jawaban: d. A, B, C benar

 

2.Mana di bawah yang TIDAK mencerminkan "komunikasi yang mendorong dan mendukung"?

a. Mendengarkan dengan tulus

b. Bertanya dengan teliti

c. Menghargai kepentingan dan kebutuhan individu

d. Memaparkan selengkap-lengkapnya

Jawaban: d. Memaparkan selengkap-lengkapnya

 

3.Berempati dapat juga melalui menata ruang belajar sekondiusif mungkin untuk Merdeka Belajar. Apakah yang disebut Zona Berpikir dalam Ruang Belajar Inovatif?

a. Zona untuk murid eksplorasi bebas yang sedang ia pelajari

b. Zona untuk berdiskusi, memberi umpan balik, dan menguji ide

c. Zona untuk membuat gagasan menjadi lebih konkret

d. Zona untuk menyuguhkan hasil belajar ke teman-teman sekelas

Jawaban: a. Zona untuk murid eksplorasi bebas yang sedang ia pelajari

 

4.Di Kelas Bahasa Indonesia, murid-murid sedang mencari ide naskah pantun untuk membujuk masyarakat untuk mengelola sampah secara mandiri.

Mereka boleh membaca, menengok teman mereka, bertanya paga Guru. Zona Belajar apa yang paling mendukung brainstorming mereka?

a. Zona Pembentukan

b. Zona Kolaborasi

c. Zona Berpikir

d. Zona Presentasi

Jawaban: c. Zona Berpikir

 

5.Apakah yang dimaksud komunikasi efektif?

a. Pertukaran informasi dengan cara paling ekspresif agar bisa dipahami

b. Pertukaran informasi dengan menggunakan logika

c. Pertukaran informasi dengan menggunakan teknologi

d. Pertukaran informasi dengan cara yang paling dipahami oleh lawan bicara sehingga tujuan kedua pihak tercapai

Jawaban: d. Pertukaran informasi dengan cara yang paling dipahami oleh lawan bicara sehingga tujuan kedua pihak tercapai

 

6.Seorang Guru berkata pada muridnya, "Ibu menghargai kemajuan penulisan cerita pendek kamu seminggu ini. Kamu sepertinya mengalami kesulitan dengan menutup ceritanya ya?

 

Kamu mau Ibu bantu mendiskusikan akhir ceritanya?" Kalimat "Kamu sepertinya mengalami kesulitan dengan menutup ceritanya ya? " Pernyataan ini paling menunjukkan sikap.

a. Validasi terhadap usaha orang lain

b. Bertanya dengan teliti

c. Mengapresiasi kemajuan yang sudah ada.

d. Datang dengan solusi untuk kolaborasi

Jawaban: d. Datang dengan solusi untuk kolaborasi

 

7.Berempati dapat juga melalui menata ruang belajar sekondusif mungkin untuk Merdeka Belajar.

a. Apakah yang disebut Zona Kolaborasi dalam Ruang Belajar Inovatif? bebas yang sedang ia pelajari

b. Zona untuk berdiskusi, memberi umpan balik, dan menguji ide

c. Zona untuk membuat gagasan menjadi lebih konkret

d. Zona untuk menyuguhkan hasil belajar ke teman-teman sekelas

Jawaban: b. Zona untuk berdiskusi, memberi umpan balik, dan menguji ide

 

8.Komunikasi yang mendorong dan mendukung dapat dilakukan dengan?

a. Menghapal semua ucapan lawan bicara

b. Mendengarkan dengan tulus

c. Bertanya dengan teliti

d. Menghargai kepentingan dan kebutuhan Individu

Jawaban: a. Menghapal semua ucapan lawan bicara

 

9. Di Kelas Fisika, murid-murid sedang merancang prototipe bangunan anti banjir. Murid butuh fokus, spasi pribadi untuk membangun prototipe mereka, dan menata alat kerja mereka. Zona yang paling mendukung kesbukan mereka adalah:

a. Zona Pembentukan

b. Zona Kolaborasi

c. Zona Berpikir

d. Zona Presentasi

Jawaban: a. Zona Pembentukan

 

10. Apakah yang dimaksud dengan empati?

a. Usaha memahami pikiran, emosi, dan perilaku orang lain dari sudut pandang kita.

b. Usaha memahami pikiran, perasaan, dan perilaku orang lain dari sudut pandang mereka tanpa menghakimi dengan menggunakan refleksi dari pengalaman kita

c. Usaha memahami pikiran, perasaan, dan perilaku orang lain dengan cara mencobanya sendiri.

d. A, B, C benar

Jawaban: b. Usaha memahami pikiran, perasaan, dan perilaku orang lain dari sudut pandang mereka tanpa menghakimi dengan menggunakan refleksi dari pengalaman kita

 

11. Di kelas PPKN, murid-murid sedang berkelompok menentukan bentuk pemerintahan apa yang paling menguntungkan rayatnya di era globalisasi. Zona Belajar apa yang paling mendukung diskusi mereka?

a. Zona Pembentukan

b. Zona Kolaborasi

c. Zona Berpikir

d. Zona Presentasi

Jawaban: b. Zona Kolaborasi

 

12.Berempati dapat juga melalui menata ruang belajar sekondiusif mungkin untuk Merdeka Belajar. Apakah yang disebut Zona Presentasi dalam Ruang Belajar Inovatif?

a. Zona untuk murid eksplorasi bebas yang sedang ia pelajari

b. Zona untuk berdiskusi, memberi umpan balik, dan menguji ide

c. Zona untuk membuat gagasan menjadi lebih konkret

d. Zona untuk menyuguhkan hasil belajar ke teman-teman sekelas

Jawaban: d. Zona untuk menyuguhkan hasil belajar ke teman-teman sekelas

 

SOAL DAN JAWABAN LATIHAN PEMAHAMAN DAN CERITA REFLEKTIF MODUL 4

A. Materi Komunikasi Efektif dan Empati

Soal & Jawaban Latihan Pemahaman:

1. Apakah yang dimaksud komunikasi efektif?

A. pertukaran informasi dengan cara paling ekspresif agar bisa dipahami.

B. pertukaran informasi dengan menggunakan logika

C. pertukaran informasi dengan menggunakan teknologi

D. pertukaran informasi dengan cara yang paling dipahami oleh lawan bicara sehingga tujuan kedua pihak tercapai.

 

Soal & Jawaban Cerita Reflektif:

Adakah pemahaman baru yang Anda dapat dari paparan video tadi tentang peran soft skills Komunikasi Efektif dan Empati dalam implementasi Merdeka Belajar?

Jawab : Kompetensi abad 21 terdiri dari 6C yaitu Charakter (karakter), Citizenship (kewarganegaraan), Critical Thinking (berpikir kritis), Creativity (kreatifitas), Collaboration (kolaborasi) dan Communication (komunikasi).

 

B. Materi Komunikasi Efektif dan Penuh Empati dengan Murid, Orangtua, dan Sekolah

Soal & Jawaban Latihan Pemahaman:

1. Komunikasi yang mendorong dan mendukung dapat dilakukan dengan (pilih yang tidak tepat)

A. Menghapal semua ucapan lawan bicara

B. Mendengarkan dengan tulus

C. Bertanya dengan teliti

D. Menghargai kepentingan dan kebutuhan Individu

 

Soal & Jawaban Cerita Reflektif:

Setelah menyimak video tadi, bagaimana Anda akan mencoba mempraktikkan soft skills Komunikasi Efektif dan dan penuh empati selama sebulan ke depan?

Jawab : Pola komunikasi efektif yang penuh empati dapat memberikan dukungan yang memungkinkan individu merasa dihargai, didengar, dan didorong untuk tumbuh. Terdapat dua rekomendasi efektif dan penuh empati yaitu dapat dilakukan dengan cara komunikasi yang mendorong dan mendukung serta umpan balik yang konstruktif dan kolaboratif.

 

C. Materi Berempati dengan Menata Ruang Belajar

Soal & Jawaban Latihan Pemahaman:

1. Mengapa kita juga perlu menunjukkan empati kita dengan cara menata ruang yang ramah belajar? (pilih yang tidak cocok)

A. dapat membantu membentuk karakter siswa

B. dapat mempromosikan kolaborasi yang baik

C. dapat meningkatkan kualitas interaksi murid di kelas.

D. dapat memperindah ruang belajar

 

Soal & Jawaban Cerita Reflektif:

Setelah menyimak video tadi, bagaimana Anda akan mencoba mempraktikkan soft skills Komunikasi Efektif dan Empati selama sebulan ke depan?

Jawab : Saya akan mencoba memulai dengan menata ruang belajar. Karena salah satu strategi menciptakan lingkungan belajar yang mendukung Komunikasi Efektif dan Empati adalah dengan manata ruang belajar.

 

LIHAT JAWABAN POST TEST LAINNYA DI TOPIK SEMANGAT GURU 3:

👉 Jawaban Post Test  Modul 1 tentang “Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan” (DISINI)

👉 Jawaban Post Test  Modul 2 tentang “ Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi” (DISINI)

👉 Jawaban Post Test  Modul 3 tentang “ Self – Regulated Learning” (DISINI)

👉 Jawaban Post Test  Modul 5 tentang “Literasi Digital” (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai soal dan kunci jawaban latihan pemahaman, cerita reflektif dan post test Modul 4 “Komunikasi Efektif dan Penuh Empati” pada topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis yang ada di PMM, semoga anda yang ingin mengikuti pelatihan mandiri di PMM dengan memilih topik ini bisa menyelesaikan pembelajaran dengan baik dan bisa melakukan aksi nyata hingga berhasil memperoleh sertifikat.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel