Jawaban Post Test Modul 2 Kepemimpinan Dalam Berinovasi dan Transformasi

Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi pada Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis (Kemitraan dengan HP Indonesia).

Halo sahabat pendidikan pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan kembali membahas tentang topik baru yang ada di platform PMM yakni topik tentang Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis. Disini admin akan memberikan jawaban terhadap soal yang ada pada latihan pemahaman, cerita reflektif dan juga post test yang ada di topik semangat guru 3 : Merdeka Belajar.

 


Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis ini dapat di ikuti oleh para guru yang ingin memiliki pengetahuan dan pemahaman lebih mendalam tentang merdeka belajar dengan kemampuan nonteknis. Dalam mengikuti kegiatan ini nantinya guru akan di suguhkan dengan 5 modul pelajaran yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1.    Modul 1 tentang “Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan”

2.    Modul 2 tentang “ Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi”

3.    Modul 3 tentang “ Self-Regulated Learning”

4.    Modul 4 tentang “komunikasi Efektif dan Penuh Empati”

5.    Modul 5 tentang “Literasi Digital”

 

Disetiap modul nantinya guru harus bisa melewati beberapa tahap materi dan di akhir modul guru akan di suguhkan post test yang berisi soal-soal guna mengetahui pemahaman guru selama mempelajari materi di setiap modul. Bagi anda yang suka mengikuti pelatihan mandiri di PMM dan menemukan topik ini maka kiranya bisa mendapatkan referensi yang bermanfaat di artikel ini.

 

Pada postingan kali ini admin kherysuryawan hanya akan membahas salah satu dari ke 5 modul yang telah di sebutkan diatas yaitu Modul 2 “Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi”. Untuk memudahkan bapak/ibu guru dalam mengerjakan post test yang ada di Modul 2 maka disini admin akan memberikan sajian soal yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban pada Modul 2 “Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi”.

 

Perlu dipahami bahwa Post test Modul 2 Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi merupakan bagian dari Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis pada Platform Merdeka Mengajar yang merupakan bagian dari pelatihan mandiri untuk Guru pada aplikasi PMM. Setelah berhasil mengerjakan post test di Modul 2 ini maka nantinya bapak/ibu guru bisa melanjutkannya ke modul-modul selanjutnya.

 

Salah satu langkah penting untuk bisa sukses mempelajari Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis maka kita harus bisa lulus dalam mengerjakan post test di setiap modulnya. Olehnya itu melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan membantu memberikan kunci jawaban post test Modul 2 tentang “Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi” agar bisa lulus dari Modul 2 dan bisa memperoleh nilai terbaik.

 

Baiklah untuk anda yang membutuhkan kunci jawaban post test Modul 2 “Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi” pada topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis pada Platform Merdeka Mengajar, maka silahkan simak soal dan jawabannya di bawah ini :

 

SOAL DAN JAWABAN POST TEST MODUL 2

1. Seorang murid menemui Bu Syifa, seorang Guru BK. Ia malu karena belum tahu ingin melanjutkan kuliah ke jurusan apa. Ia mengambil kertas kosong ukuran A0 dan menempelnya di tembok ruangannya. Ia mengajak muridnya menyelidiki berbagai profesi dan program studi. Hasilnya mereka buat menjadi mindmap di kertas A0 tersebut. Ciri Pemimpin Transformational yang paling dicerminkan Bu Syifa adalah:

A. Memiliki visi.

B. Memiliki gaya kepemimpinan yang mendukung

C. Memberikan stimulasi intelektual

D. Memberikan apresiasi

Jawaban : B. Memiliki gaya kepemimpinan yang mendukung

 

2. Pada Guru, kepemimpinan tercermin ketika di kelas ia:

A. memprioritaskan mengajar dan belajar

B. mendukung budaya belajar berkelanjutan

C. menggunakan bukti (misal: capaian akademik murid) untuk membuat keputusan

D. A, B, dan C benar

Jawaban : D. A, B, dan C benar

 

3. Salah satu ciri Pemimpin Transformasional adalah "mendorong minat siswa untuk bisa memecahkan masalah secara kreatif." Ciri ini disebut:

A. Memiliki visi.

B. Memiliki komunikasi yang menginspirasi.

C. Memberikan stimulasi intelektual

D. Memberikan apresiasi

Jawaban : C. Memberikan stimulasi intelektual

 

4. Ada empat komponen yang perlu diperhatikan dalam praktik kepemimpinan kelas. Apakah tindakan pemimpin yang dianggap sebagai komponen "Experience":

A. memberikan teladan

B. menciptakan pengalaman belajar

C. berbagi ilmu

D. membangun kepercayaan

Jawaban : B. menciptakan pengalaman belajar

 

5. Ada empat komponen yang perlu diperhatikan dalam praktik kepemimpinan kelas: Model, Experience, Share dan Trust. Komponen yang manakah praktik ini: "Guru mengajak siswa merangkul situasi-situasi baru, seasing apapun situasi tersebut"

A. Model

B. Experience

C. Share

D. Trust

Jawaban : B. Experience

 

6. Ada empat komponen yang perlu diperhatikan dalam praktik kepemimpinan kelas. Apakah tindakan pemimpin yang dianggap sebagai komponen "Model":

A. memberikan teladan

B. menciptakan pengalaman belajar

C. berbagi ilmu

D. membangun kepercayaan

Jawaban : A. memberikan teladan

 

7. Salah satu ciri Pemimpin Transformasional adalah "mendorong minat siswa untuk bisa memecahkan masalah secara kreatif." Ciri ini disebut:

A. Memiliki visi.

B. Memiliki komunikasi yang menginspirasi.

C. Memberikan stimulasi intelektual

D. Memberikan apresiasi

Jawaban : A. Memiliki visi

 

8. Definisi Kepemimpinan adalah:

A. Kemampuan menulis kebijakan

B. Kemampuan memimpin rapat

C. Kemampuan menggerakkan sekelompok orang dalam mencapai tujuan bersama

D. Kemampuan membuat orang lain menurut

Jawaban : C. Kemampuan menggerakkan sekelompok orang dalam mencapai tujuan bersama

 

9. Seorang murid menemui Bu Syifa, seorang Guru BK. Ia malu karena belum tahu ingin melanjutkan kuliah ke jurusan apa. Ia mengambil kertas kosong ukuran A0 dan menempelnya di tembok ruangannya. Ia mengajak muridnya menyelidiki berbagai profesi dan program studi. Hasilnya mereka buat menjadi mindmap di kertas A0 tersebut. Ciri Pemimpin Transformational yang paling dicerminkan Bu Syifa adalah:

A. Memiliki visi.

B. Memiliki gaya kepemimpinan yang mendukung

C. Memberikan stimulasi intelektual

D. Memberikan apresiasi

Jawaban : B. Memiliki gaya kepemimpinan yang mendukung

 

SOAL DAN JAWABAN LATIHAN PEMAHAMAN DAN CERITA REFLEKTIF MODUL 2

A. Materi Kepemimpinan, Inovasi, dan Implementasi Merdeka Belajar

Soal dan Jawaban Latihan Pemahaman :

1. Definisi Kepemimpinan adalah: Kemampuan menulis kebijakan

A. Kemampuan memimpin rapat

B. Kemampuan menggerakkan sekelompok orang dalam mencapai

C. tujuan bersama

D. Kemampuan membuat orang lain menurut

 

Soal dan Jawaban Cerita Reflektif :

Adakah pemahaman baru yang Anda dapat dari paparan video tadi tentang peran soft skills Kepemimpinan dan Inovasi dalam implementasi Merdeka Belajar?

Jawab : Kepemimpinan yang dilakukan oleh seorang guru adalah Guru berperan sebagai fasilitator dalam praktik pembelajaran yang berpusat pada murid.

 

B. Materi Kepemimpinan Transformasional

Soal dan Jawaban Latihan Pemahaman :

1. Salah satu ciri Pemimpin Transformasional adalah "mengetahui dan memahami arah, pemimpin transformasional harus mampu mengkomunikasikan visi dengan jelas." Ciri ini disebut:

A. Memiliki visi.

B. Memiliki komunikasi yang menginspirasi.

C. Memberikan stimulasi intelektual

D. Memberikan apresiasi

 

Soal dan Jawaban Cerita Reflektif :

Setelah menyimak video tadi, bagaimana Anda akan mencoba mempraktikkan soft skills Kepemimpinan dan Inovasi selama sebulan ke depan?

Jawab : Saya akan mencoba melakukan kepemimpinan transformasional yang dapat mempengaruhi, menginspirasi dan mendorong siswa untuk dapat melakukan perubahan positif dengan memberikan pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa.

 

C. Materi Praktik Kepemimpinan Transformasional dalam Kelas

Soal dan Jawaban Latihan Pemahaman :

1. Ada empat komponen yang perlu diperhatikan dalam praktik kepemimpinan kelas: Model, Experience, Share dan Trust. Komponen yang manakah praktik ini: "Guru mengajak siswa merangkul situasi-situasi baru, seasing apapun situasi tersebut"

A. Model

B. Experience

C. Share

D. Trust

 

Soal dan Jawaban Cerita Reflektif :

Setelah menyimak video tadi, bagaimana Anda akan mencoba mempraktikkan soft skills Kepemimpinan dan Inovasi selama sebulan ke depan?

Jawab : Saya akan mencoba hal-hal baru dengan melakukan pembelajaran dengan menerapkan model Experience sehingga siswa dapat menemukan pengalaman dan situasi baru.

 

LIHAT JAWABAN POST TEST LAINNYA DI TOPIK SEMANGAT GURU 3:

👉 Jawaban Post Test  Modul 1 tentang “Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan” (DISINI)

👉 Jawaban Post Test  Modul 3 tentang “ Self – Regulated Learning” (DISINI)

👉 Jawaban Post Test  Modul 4 tentang “Komunikasi Efektif dan Penuh Empati” (DISINI)

👉 Jawaban Post Test  Modul 5 tentang “Literasi Digital” (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai soal dan kunci jawaban latihan pemahaman, cerita reflektif dan post test Modul 2 “Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi” pada topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis yang ada di PMM, semoga anda yang ingin mengikuti pelatihan mandiri di PMM dengan memilih topik ini bisa menyelesaikan pembelajaran dengan baik dan bisa melakukan aksi nyata hingga berhasil memperoleh sertifikat.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel