Jawaban Post Test Modul 5 Literasi Digital

Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 5 Literasi Digital pada Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis (Kemitraan dengan HP Indonesia).

Halo sahabat pendidikan pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan kembali membahas tentang topik baru yang ada di platform PMM yakni topik tentang Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis. Disini admin akan memberikan jawaban terhadap soal yang ada pada latihan pemahaman, cerita reflektif dan juga post test yang ada di topik semangat guru 3 : Merdeka Belajar.

 


Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis ini dapat di ikuti oleh para guru yang ingin memiliki pengetahuan dan pemahaman lebih mendalam tentang merdeka belajar dengan kemampuan nonteknis. Dalam mengikuti kegiatan ini nantinya guru akan di suguhkan dengan 5 modul pelajaran yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1.    Modul 1 tentang “Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan”

2.    Modul 2 tentang “ Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi”

3.    Modul 3 tentang “ Self – Regulated Learning”

4.    Modul 4 tentang “Komunikasi Efektif dan Penuh Empati”

5.    Modul 5 tentang “Literasi Digital”

 

Disetiap modul nantinya guru harus bisa melewati beberapa tahap materi dan di akhir modul guru akan di suguhkan post test yang berisi soal-soal guna mengetahui pemahaman guru selama mempelajari materi di setiap modul. Bagi anda yang suka mengikuti pelatihan mandiri di PMM dan menemukan topik ini maka kiranya bisa mendapatkan referensi yang bermanfaat di artikel ini.

 

Pada postingan kali ini admin kherysuryawan hanya akan membahas salah satu dari ke 5 modul yang telah di sebutkan diatas yaitu Modul 5 “Literasi Digital”. Untuk memudahkan bapak/ibu guru dalam mengerjakan post test yang ada di Modul 5 maka disini admin akan memberikan sajian soal yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban pada Modul 5 “Literasi Digital”.

 

Perlu dipahami bahwa Post test Modul 5 Literasi Digital merupakan bagian dari Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis pada Platform Merdeka Mengajar yang merupakan bagian dari pelatihan mandiri untuk Guru pada aplikasi PMM. Setelah berhasil mengerjakan post test di Modul 5 ini maka nantinya bapak/ibu guru bisa melanjutkannya ke modul-modul selanjutnya.

 

Salah satu langkah penting untuk bisa sukses mempelajari Topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis maka kita harus bisa lulus dalam mengerjakan post test di setiap modulnya. Olehnya itu melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan membantu memberikan kunci jawaban post test Modul 5 tentang “Literasi Digital” agar bisa lulus dari Modul 5 dan bisa memperoleh nilai terbaik.

 

Baiklah untuk anda yang membutuhkan kunci jawaban post test Modul 5 “Literasi Digital” pada topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis pada Platform Merdeka Mengajar, maka silahkan simak soal dan jawabannya di bawah ini :

 

SOAL DAN JAWABAN POST TEST MODUL 5

1. Literasi Digital seorang dalam pembelajaran dianggap kurang baik jika ia menggunakan aplikasi LMS (seperti Edmodo, Google Classroom) untuk berikut ini, KECUALI:

a. Sekadar dipakai untuk menyebar dokumen tugas
b. Sekadar dipakai untuk murid mengumpulkan tugas
c. Sekadar dipakai untuk daftar kehadiran
d. Fitur chat yang tersedia digunakan untuk memancing diskusi kritis di antara murid

Jawaban: d. Fitur chat yang tersedia digunakan untuk memancing diskusi kritis di antara murid

 

2. Mengapa murid hanya diminta menggunakan aplikasi presentasi dan kamera video? (Semua pernyataan ini benar, KECUALI):

a. Karena jumlah aplikasi tidak menentukan kualitas belajar
b. Karena kolaborasi tidak harus dengan banyak aplikasi
c. Karena murid nanti harus presentasi
d. Karena jumlah aplikasi tidak menjamin munculnya rasa tanggung jawab dan rasa percaya

Jawaban: c. Karena murid nanti harus presentasi

3. Menurut Kerangka TPACK, guru perlu punya pengetahuan tentang prinsip, pendekatan, dan metode pembelajaran, terutama yang bersifat student-centered learning. Ini disebut:
a. Pengetahuan Teknologi
b. Pengetahuan Pedagogi
c. Pengetahuan Konten
d. Pengetahuan Komunitas

Jawaban: b. Pengetahuan Pedagogi

 

4. Seorang Guru sangat mengerti fitur-fitur animasi dalam aplikasi presentasi. Ia juga fasih mendampingi muridnya dalam project-based learning. Mana pernyataan yang paling cocok tentang Guru ini berdasarkan Kerangka TPACK.

a. Pengetahuan Teknologi Guru ini tinggi
b. Pengetahuan Pedagogi Guru ini tinggi
c. Pengetahuan Konten Guru ini rendah
d. A dan B benar

Jawaban: d. A dan B benar

 

5. Dalam mengerjakan tugas, ada saatnya murid memerlukan aplikasi yang membantunya untuk mencari gagasan, menyimpan informasi temuan, menggali-gali informasi. Tahap ini disebut:

a. Kaji
b. Diskusi
c. Kemas
d. Sebar

Jawaban: a. Kaji

 

6. Dalam mengerjakan tugas, ada saatnya murid memerlukan aplikasi yang membantunya untuk berkonsultasi dan berkoordinasi dengan guru atau teman-temannya. Tahap ini disebut:

a. Konsep
b. Diskusi
c. Kemas
d. Sebar

Jawaban: b. Diskusi

 

7. Literasi Digital seorang dalam pembelajaran dianggap baik jika ia menggunakan aplikasi Generative AI (seperti Chat GPT) untuk berikut ini, KECUALI:

a. Mencari jawaban pertanyaan tugas
b. Mengasah berpikir kritis
c. Mencari informasi awal
d. Menggali mengapa temuan kita berbeda dengan temuan Chat-GPT

Jawaban: a. Mencari jawaban pertanyaan tugas

 

8. Literasi Digital seorang dalam pembelajaran dianggap baik jika ia menggunakan aplikasi media sosial untuk berikut ini, KECUALI:
a. Berbagi praktik baik dalam mengajar/belajar
b. Mengumpulkan Likes
c. Memberikan umpan balik di fitur Comment
d. Menyebarkan konten praktik baik dari user lain
Jawaban: b. Mengumpulkan Likes

 

9. Seorang Guru sangat menguasai aplikasi presentasi. Ia mampu menggunakan beragam fitur animasi yang tersedia. Namun demikian, di kelas pendekatannya adalah sebatas presentasi materi ajarnya. Mana pernyataan yang paling cocok tentang Guru ini berdsarkan Kerangka TPACK.

a. Pengetahuan Teknologi Guru ini tinggi
b. Pengetahuan Pedagogi Guru ini tinggi
c. Pengetahuan Konten Guru ini rendah
d. Pengetahuan Komunitas Guru ini tinggi

Jawaban: a. Pengetahuan Teknologi Guru ini tinggi

 

10. Menurut Kerangka TPACK, guru perlu punya pengetahuan tentang disiplin ilmu dan topik-topik bahasan yang diajarkan oleh Guru di mata pelajarannya. Ini disebut:

a. Pengetahuan Teknologi
b. Pengetahuan Pedagogi
c. Pengetahuan Konten
d. Pengetahuan Komunitas

Jawaban: c. Pengetahuan Konten

 

11. Menurut Kerangka TPACK, untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, Guru perlu punya pengetahuan tentang hardware, software, dan fitur yang tersedia. Ini disebut:
a. Pengetahuan Teknologi
b. Pengetahuan Pedagogi
c. Pengetahuan Konten
d. Pengetahuan Komunitas
Jawaban: a. Pengetahuan Teknologi

 

12. Dalam mengerjakan tugas, ada saat murid memerlukan aplikasi untuk menyuguhkan gagasannya ke kelas, ke teman murid ataupun ke gurunya. Format dokumen bisa berupa naskah, presentasi, dan mindmap. Dokumennya disusun dengan mengikuti kesepakatan resmi di kelas, dengan aturan format tertentu. tahap ini disebut:
a. Konsep
b. Diskusi
c. Kemas
d. Sebar
Jawaban: a. Konsep

 

13. Seorang Guru sangat hanya sedikit-sedikit menguasai aplikasi presentasi. Namun demikian, ia familiar dengan fitur Kolaborasi (satu dokumen bisa diedit bersama). Ia merancang tugas kelompok untuk muridnya. Dalam tugas tersebut, ia berhasil membuat murid-muridnya menyumbang ide dan mendiskusikan ide-ide mereka. Mana pernyataan yang paling cocok tentang Guru ini berdsarkan Kerangka TPACK.

a. Pengetahuan Teknologi Guru ini tinggi
b. Pengetahuan Pedagogi Guru ini tinggi
c. Pengetahuan Konten Guru ini rendah
d. Pengetahuan Komunitas Guru ini tinggi.

Jawaban: b. Pengetahuan Pedagogi Guru ini tinggi

 

SOAL DAN JAWABAN LATIHAN PEMAHAMAN DAN CERITA REFLEKTIF MODUL 5

A. Materi Literasi Digital dan Implementasi Merdeka Belajar

Soal & Jawaban Latihan Pemahaman:

1. Menurut Kerangka TPACK, untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, Guru perlu punya pengetahuan tentang hardware, software, dan fitur yang tersedia. Ini disebut:

A. Pengetahuan Teknologi

B. Pengetahuan Pedagogi

C. Pengetahuan Konten

D. Pengetahuan Komunitas

 

Soal & Jawaban Cerita Reflektif:

Adakah pemahaman baru yang Anda dapat dari paparan video tadi tentang peran soft skills Literasi Digital dalam implementasi Merdeka Belajar?

Jawab : Sejatinya teknologi dikembangkan untuk membantu manusia menghadapi tantangan dan mencapai kualitas hidup yang lebih baik. Guru dapat mencontohkan bagaimana menggunakan teknologi yang baik, salah satu contohnya adalah literasi digital. Literasi Digital merupakan kemampuan mengakses, mengelola, memahami, mengintegraasikan, mengkomunikasikan, mengevaluasi dan menciptakan informasi dengan aman dan tepat guna dengan menggunakan teknologi digital.

 

B. Materi Literasi Digital dalam Mengerjakan Tugas Belajar

Soal & Jawaban Latihan Pemahaman:

1. Dalam mengerjakan tugas, ada saatnya murid memerlukan aplikasi yang membantunya untuk berkonsultasi dan berkoordinasi dengan guru atau teman-temannya. Tahap ini disebut:

A. Konsep

B. Diskusi

C. Kemas

D. Sebar

 

Soal & Jawaban Cerita Reflektif:

Setelah menyimak video tadi, bagaimana Anda akan mencoba mempraktikkan soft skills Literasi Digital selama sebulan ke depan?

Jawab : Saya akan mencoba menerapkan Literasi Digital dalam pembelajaran di kelas. Terdapat 5 tahapan siswa dalam mengerjakan tugas dan pada tiap tahapan siswa dapat memanfaatkan beberapa aplikasi. Tahap 1 yaitu Kaji, siswa dapat memanfaatkan search engine dan ChatGPT. Tahap 2 yaitu Konsep, siswa dapat memanfaatkan Doc dan Slide. Tahap 3 yaitu Diskusi, siswa dapat memanfaatkan Classroom ataupun Telegram. Tahap 4 yaitu Kemas, siswa dapat memanfaatkan Canva. Tahap 4 yaitu Sebar, siswa dapat memanfaatkan Instagram, Youtube dll.

 

C. Contoh Praktik Literasi Digital dalam Pembelajaran

Soal & Jawaban Latihan Pemahaman:

1. Pada contoh Guru PJOK di video, literasi digital apa saja yang tercermin dari kegiatan pembelajarannya?

A. murid menggunakan fitur comment dokumen supaya modern

B. murid menggunakan aplikasi presentasi karena biasanya begitu.

C. literasi digital yang baik tercapai walaupun teknologi yang digunakan terbatas.

D. murid memvideokan praktik supaya presentasi sarat multimedia.

 

Soal & Jawaban Cerita Reflektif:

Setelah menyimak video tadi, bagaimana Anda akan mencoba mempraktikkan soft skills Literasi Digital selama sebulan ke depan?

Jawab : Saya akan mencoba penerapan Literasi Digital dalam bentuk video singkat yang berisi tentang umpan balik siswa terhadap materi yang telah mereka pelajari.

 

LIHAT JAWABAN POST TEST LAINNYA DI TOPIK SEMANGAT GURU 3:

👉 Jawaban Post Test  Modul 1 tentang “Pola Pikir Bertumbuh dan Ketangguhan” (DISINI)

👉 Jawaban Post Test  Modul 2 tentang “ Kepemimpinan dalam Berinovasi dan transformasi” (DISINI)

👉 Jawaban Post Test  Modul 3 tentang “ Self – Regulated Learning” (DISINI)

👉 Jawaban Post Test  Modul 4 tentang “Komunikasi Efektif dan Penuh Empati” (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai soal dan kunci jawaban latihan pemahaman, cerita reflektif dan post test Modul 5 “Literasi Digital” pada topik Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis yang ada di PMM, semoga anda yang ingin mengikuti pelatihan mandiri di PMM dengan memilih topik ini bisa menyelesaikan pembelajaran dengan baik dan bisa melakukan aksi nyata hingga berhasil memperoleh sertifikat.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel