Jawaban Post Test Modul 2 Membangun Komunitas Belajar Dalam Sekolah

Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Post test Modul 2 Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada postingan kali ini admin akan membahas tentang kunci jawaban dari salah satu topik yang ada di pelatihan mandiri PMM yaitu Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah. Kunci jawaban ini kiranya bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru yang akan mengikuti pelatihan mandiri di PMM khususnya pada topik membangun komunitas belajar dalam sekolah.

 


Pada Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah dipelatihan mandiri PMM, topik ini membahas tentang konsep serta peran pemimpin dalam membangun komunitas belajar dalam sekolah. Dengan mempelajari topik ini maka diharapkan bapak/ibu guru serta kepala sekolah mampu memahami tentang konsep komunitas belajar yang berpusat pada murid serta bagaimana cara memulainya disatuan pendidikan tempat bekerja.

 

Perlu untuk di ketahui bahwa pada Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah yang ada dipelatihan PMM ada 4 modul yang nantinya akan dipelajari, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Modul 1 : Mengenal Komunitas belajar
  • Modul 2 : Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah
  • Modul 3 : Memfasilitasi Belajar Bersama dan Berbagi Praktik
  • Modul 4 : Memimpin Perubahan

 

Pada kesempatan ini admi kherysuryawan hanya akan membahas materi yang ada pada Modul 2 Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah. Didalam Modul 2 tersebut nantinya akan ada 6 daftar materi yang harus di pelajari serta disetiap materi akan ada pertanyaan yang harus di jawab oleh guru/kepala sekolah yang mengikuti pelatihan tersebut yaitu berupa latihan pemahaman, cerita reflektif dan post test.

 

Adapun ke enam materi yang nantinya akan dipelajari pada Modul 2 Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Materi 1 : Membentuk Tim Kecil
  • Materi 2 : Melakukan Penguatan Pentingnya Komunitas Belajar
  • Materi 3 : Membangun Nilai Bersama
  • Materi 4 : Menciptakan Lingkungan Belajar yang Ramah Guru
  • Materi 5 : Membentuk Kelompok Belajar
  • Materi 6 : Belajar Bersama dan Berbagi Praktik Baik

 

Nah, melalui postingan ini admin kherysuryawan akan memberikan kunci jawaban dari setiap pertanyaan yang ada pada latihan pemahaman, cerita reflektif dan post test yang terdapat di setiap materi pada Modul 2 Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah.

 

Baiklah berikut ini kunci jawaban latihan pemahaman, cerita reflektif dan post test Modul 2 Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah.

 

Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif 

Materi : Membentuk Tim Kecil

 

Apa itu Tim Kecil? Tim yang akan membantu kepala sekolah merealisasikan jalannya komunitas belajar dalam sekolah. Siapa yang bisa menjadi Tim Kecil? Tim manajemen dan guru yang berpotensi dan mampu:

  • Memimpin (memiliki potensi kepemimpinan)
  • Menggerakan rekan sesama guru
  • Berkomitmen tinggi
  • Terampil dalam memfasilitasi kegiatan komunitas belajar

 

Apa Peran Tim Kecil dalam Membangun Komunitas Belajar?

A. Tahap 1: Membantu Perencanaan

  • Merencanakan pembagian kelompok belajar. Analisis konteks ideal untuk membangun kelompok belajar (contoh: apakah berdasarkan relevansi subject, jenjang kelas, atau fase).
  • Merencanakan jadwal pertemuan rutin yang paling efektif.

 

B. Tahap 2: Membantu Inisiasi Komunitas Belajar

  • Menjadi fasilitator sesi penguatan pentingnya keberadaan komunitas belajar dalam sekolah.
  • Menjadi fasilitator sesi penyepakatan tata nilai dan komitmen bersama komunitas belajar dalam sekolah.

 

C. Tahap 3: Pendampingan

  • Menjadi teladan utama dalam penerapan tata nilai dan komitmen bersama komunitas belajar.
  • Beri contoh dan jadi teladan dalam menjalankan nilai dan komitmen, dan apresiasi GTK yang sudah menerapkan.
  • Menjadi fasilitator pertemuan rutin kelompok-kelompok komunitas belajar dalam sekolah.
  • Menganalisis tantangan pelaksanaan kegiatan komunitas belajar dan memberikan alternatif solusi terhadap tantangan yang terjadi
  • Melakukan evaluasi dan monitoring

 

1. Berikut ini merupakan kriteria dari anggota tim kecil, kecuali....

A. Memiliki potensi sifat kepemimpinan

B. Guru paling senior

C. Memiliki komitmen tinggi

D. Mampu menggerakkan rekan sesama guru

Jawaban : B. Guru paling senior

 

Apakah Anda sudah memiliki gambaran siapa yang akan diajak bergabung menjadi tim kecil?

Jawab :

Rekan yang akan saya ajak adalah rekan MGMP matapelajaran informatika.

 

Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif 

Materi : Melakukan Penguatan Pentingnya Komunitas Belajar

 

Untuk membangun komunitas belajar, guru perlu memiliki persepsi yang sama dan paham akan tujuan yang ingin dicapai dengan adanya komunitas belajar.

 

Langkah Moderasi Penguatan Pentingnya Komunitas Belajar :

  • Penguatan Pentingnya Komunitas Belajar di Tim Kecil.
  • Penguatan Pentingnya Komunitas Belajar pada Seluruh Guru di Sekolah

 

1. Berikut ini merupakan tujuan dilakukannya penguatan tentang pentingnya komunitas belajar dalam sekolah, kecuali...

A. Agar guru memiliki persepsi yang sama tentang komunitas belajar

B. Agar guru paham tujuan yang ingin dicapai melalui komunitas belajar

C. Agar guru berkomitmen untuk menggerakkan komunitas belajar

D. Agar guru dapat melakukan penilaian

Jawaban : D. Agar guru dapat melakukan penilaian

 

Bagaimana menurut Anda tanggapan awal para guru mengenai komunitas belajar?

Jawab :

Awalnya persepsi setiap guru berbeda-beda, ini menjadi landasan utama terkait komunitas belajar dimana agar setiap anggota komunitas belajar memiliki persepsi yang sama.

 

Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif 

Materi : Membangun Nilai Bersama

 

Tujuan membangun nilai bersama adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif, membuat kenyamanan dan keterbukaan saat proses belajar serta mendukung, meningkatkan kolaborasi, meningkatkan kepercayaan, meningkatkan komunikasi dan menjaga agar tetap fokus pada tujuan bersama dalam proses belajar guru dalam komunitas belajar.

 

Langkah Moderasi Membangun Nilai Bersama :

  • Penyepakatan Nilai dan Komitmen
  • Pendalaman Makna Setiap Nilai

 

1. Konsistensi bukan hal yang penting agar guru dapat menjaga komitmen.

A. Benar

B. Salah

Jawaban : B. Salah

 

Apakah para guru di satuan pendidikan Anda sudah terbiasa memegang komitmen dan budaya disiplin positif?

Jawab :

Sudah, berawal dari komitmen bersama maka akan menimbulkan budaya disiplin positif bagi seluruh warga sekolah.

 

Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif 

Materi : Menciptakan Lingkungan Belajar yang Ramah Guru

 

Agar komunitas belajar menjadi praktik yang berdampak dan berkelanjutan, maka kita perlu menciptakan lingkungan belajar yang ramah guru. Orang dewasa memiliki cara berpikir, berperilaku dan memproses informasi yang berbeda.

 

Ada beberapa prinsip belajar orang dewasa yang perlu dipahami untuk menciptakan lingkungan belajar yang ramah guru antara lain :

  • Orang dewasa ingin memiliki kendali atas proses belajarnya.
  • Orang dewasa belajar dengan menghubungkan materi baru dengan pengalaman atau pengetahuan yang sudah mereka miliki.
  • Orang dewasa belajar untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi atau belajar dengan tujuan tertentu.
  • Orang dewasa ingin hasil belajarnya bisa diaplikasikan langsung pada kehidupannya sehari-hari.

 

Berikut ini merupakan prinsip belajar orang dewasa, kecuali...

A. Cenderung independen dan ingin punya kendali atas proses belajar

B. Mengembangkan pemahaman dari pengalaman pribadi

C. Didorong oleh perintah atasan

D. Berorientasi pada peran dan fokus pada pemecahan masalah

Jawaban : C. Didorong oleh perintah atasan

 

Apakah saat ini guru-guru di satuan pendidikan Anda sudah saling terbuka dan nyaman dengan satu sama lain?

Jawab :

Benar, karena guru di satuan pendidikan kami senantiasa ingin mengaplikasikan pengetahuan barunya dalam kehidupan sehari-harinya atas kendali atas proses belajarnya.

 

Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif 

Materi : Membentuk Kelompok Belajar

 

Agar proses belajar setiap guru dalam komunitas dapat berjalan kondusif dan efektif, maka komunitas belajar perlu dibagi ke dalam kelompok-kelompok belajar. Ada tiga hal penting terkait pengelolaan komunitas belajar dalam sekolah yang perlu diperhatikan yaitu :

A. Bagaimana membagi grup ke dalam kelompok belajar?

  • Berkolaborasi dalam membuat perencanaan pembelajaran.
  • Berkolaborasi membuat bahan ajar yang bisa digunakan bersama.
  • Mengevaluasi dan merefleksikan pembelajaran.
  • Mendiskusikan berbagai masalah yang dihadapi dikelas.

 

B. Kapan pertemuan rutin komunitas dilakukan?

  • Alokasikan waktu minimal 1 jam setiap minggu dalam jam kerja untuk kegiatan komunitas belajar.

 

C. Siapa yang mengakomodir setiap kelompok belajar?

Peran koordinator belajar :

  • Memastikan guru dalam belajar dengan aman dan nyaman.
  • Memastikan agenda pembehasan dalam kelompok relevan dan bermanfaat bagi semua guru.
  • Mengeskalasi masalah yang dihadapi guru kepada tim kecil untuk mendapat solusi.

 

Siklus komunitas belajar antara lain :

  • Refleksi awal.
  • Perencanaan
  • Implementasi
  • Evaluasi

 

1. Kelompok belajar terdiri dari guru-guru yang...

A. Dipilih secara acak

B. Dibentuk sesuai inisiatif guru

C. Memiliki relevansi yang mirip 

D. Memiliki kompetensi yang sama

Jawaban : C. Memiliki relevansi yang mirip 

 

Kira-kira, kelompok belajar seperti apa yang paling tepat diterapkan di satuan pendidikan Anda?

Jawab :

Kelompok belajar yang tetap fokus pada tujuan bersama dalam proses belajar guru dalam komunitas belajar.

 

Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif 

Materi : Belajar Bersama dan Berbagi Praktik Baik

 

1. Di awal, tim kecil dapat mengikuti pertemuan kelompok belajar dan berperan sebagai...

A. Penilai

B. Fasilitator

C. Pengawas

D. Pengamat

Jawaban : B. Fasilitator

 

Dalam materi ini tidak ada cerita reflektif. Silakan ketikan pernyataan ini pada kolom yang tersedia.

Jawab :

Kelompok belajar yang tetap fokus pada tujuan bersama dalam proses belajar guru dalam komunitas belajar.

 

Jawaban Post Test Modul 2 Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah

 

1. Berikut ini adalah paradigma yang perlu dibangun agar guru merasa aman mengungkapkan pendapat, kecuali…

A. Setiap pendapat itu berharga

B. Tidak ada pendapat yang salah atau jelek

C. Perbedaan pendapat itu memperkaya pengetahuan

D. Pendapat saya paling benar

Jawaban : D. Pendapat saya paling benar

 

2. Mengadakan pertemuan belajar di hari Minggu tidak sesuai dengan prinsip pengelolaan kelompok belajar, yaitu…

A. Semangat berkolaborasi

B. Bisa dilakukan kapan saja

C. Bagian dari jam kerja guru

D. Semua benar

Jawaban : C. Bagian dari jam kerja guru

 

3. Perhatikan pernyataan berikut!

1. Melakukan evaluasi dan monitoring

2. Menjadi fasilitator dalam sesi penguatan pentingnya komunitas belajar

3. Menjadi fasilitator dan mendampingi pertemuan-pertemuan awal di kelompok belajar

4. Menjadi fasilitator dalam pertemuan kelompok belajar

Dari pernyataan di atas, yang merupakan peran tim kecil dalam tahap inisiasi komunitas belajar, yaitu....

A. 1 dan 2

B. 1 dan 4

C. 2 dan 3

D. 2, 3, dan 4

Jawaban : D. 2, 3, dan 4

 

4. Yang merupakan manfaat yang didapat guru dengan adanya komunitas belajar berikut ini adalah…

A. Guru tidak bekerja sendirian

B. Guru belajar dari praktik baik guru lainnya

C. Guru bertukar ide dan berbagi sumber daya

D. Semua jawaban benar

Jawaban : D. Semua jawaban benar

 

5. Di bawah ini adalah contoh berperilaku dalam menghargai waktu, kecuali …

A. Datang tepat waktu

B. Membuat perencanaan untuk menyelesaikan tugas

C. Menjaga pada fokus dan tujuan awal

D. Menghargai pendapat rekan lain

Jawaban : D. Menghargai pendapat rekan lain

 

6. Hal yang harus diperhatikan saat menentukan koordinator belajar adalah…

A. Harus guru dengan pangkat tertinggi

B. Merupakan guru yang berkomitmen untuk selalu belajar

C. Sebaiknya ditunjuk langsung oleh tim kecil atau kepala sekolah

D. Semua benar

Jawaban : B. Merupakan guru yang berkomitmen untuk selalu belajar

 

7. Bagaimana strategi memulai sebuah praktik baru agar mudah diterima?

A. Membahas teori secara lengkap

B. Memberikan instruksi secara mendetail

C. Mulai dengan yang mudah dan relevan

D. Mengundang ahli untuk menjelaskan

Jawaban : C. Mulai dengan yang mudah dan relevan

 

8. Apa tujuan dari membangun nilai bersama dalam komunitas belajar?

A. Agar Untuk memastikan bahwa proses pembelajaran dalam komunitas belajar aman dan nyaman

B. Untuk memenuhi tagihan administrasi

C. Untuk berpendapat tanpa menghargai pendapat orang lain

D. Agar lebih mudah mengevalasi nilai murid

Jawaban : A. Agar Untuk memastikan bahwa proses pembelajaran dalam komunitas belajar aman dan nyaman

 

Demikianlah informasi mengenai Kunci Jawaban Cerita Reflektif, Latihan Pemahaman dan Jawaban Post test Modul 2 Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah Topik Membangun Komunitas Belajar dalam Sekolah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi bapak/ibu guru dan kepala sekolah yang akan mengikuti pelatihan mandiri pada topik ini di PMM.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel