Rangkuman Matematika Kelas 4 Bab 18 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Matematika Kelas 4 SD Bab 18 “Balok dan Kubus” Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi pendidikan yang berhubungan dengan materi pelajaran yaitu matematika pada kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 


Admin kherysuryawan telah menyiapkan sebuah rangkuman materi matematika kelas 4 SD kurikulum merdeka khususnya materi yang ada pada Bab 18 yang akan di pelajari di semester 2 kurikulum merdeka. Hasil rangkuman yang telah admin buat ini akan admin bagikan dan sajikan pada artikel ini guna membantu sahabat pendidikan yang membutuhkannya.

 

Dengan mempelajari rangkuman materi tentunya akan lebih memudahkan bagi pendidik maupun peserta didik dalam mempelajari materi yang ada pada buku teks pelajaran. Bagi anda yang di sekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka khususnya pada sekolah jenjang SD dan saat ini sedang mencari rangkuman materi untuk mata pelajaran matematika kelas 4 semester 2 maka anda bisa mendapatkannya pada postingan ini sebab disini admin akan membagikannya secara publik.

 

Sebagai informasi bahwa seluruh materi hasil rangkuman yang telah admin buat ini semuanya bersumber dari buku teks pelajaran matematika kelas 4 SD volume 2 versi kurikulum merdeka. Hasil rangkuman ini sengaja dibuat dengan tujuan untuk berbagi informasi seputar materi matematika kelas 4 SD Bab 18 yang berjudul “Balok dan Kubus” yang akan di pelajari di semester 2 kurikulum merdeka.

 

Ada beberapa materi inti yang akan dipelajari di Bab 18 ini, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Balok dan Kubus
  • Jaring-jaring
  • Sisi-sisi dan Rusuk-rusuk yang tegak lurus dan sejajar
  • Cara Menyatakan Posisi

 

Baiklah untuk anda yang ingin melihat sajian rangkuman/ringkasan materi matematika kelas 4 SD Bab 18 “Balok dan Kubus” untuk pembelajaran semester 2 kurikulum merdeka, maka silahkan simak hasil rangkumannya di bawah ini :

 

BAB 18 BALOK DAN KUBUS

Prisma Persegi Panjang, Balok, dan Kubus

Bangun ruang yang dibatasi oleh 3 pasang persegi panjang yang sejajar disebut balok. Bangun ruang yang hanya dibatasi oleh 3 pasang persegi disebut dengan kubus.

Permukaan datar (rata) yang menjadi permukaan dari prisma persegi panjang atau kubus disebut sisi.

 

Jaring-Jaring

Gambar yang terbentuk pada lembaran kertas dengan menggunting sisi-sisi dari balok dan membentangnya secara mendatar disebut jaring-jaring balok.


Soal :

Perhatikan 3 jaring-jaring (A, B, C) berikut. Manakah yang dapat membentuk balok?



Jawaban :

Dari ketiga gambar diatas, yang bisa membentuk balok adalah gambar B dan C.

 

Soal:

Jaring-jaring manakah yang dapat dilipat untuk membentuk kubus?



Jawaban :

Dari ketiga gambar diatas, yang bisa membentuk kubus adalah gambar A dan B.

 

Sisi-Sisi dan Rusuk-Rusuk yang Tegak lurus dan Sejajar

Hubungan antara Sisi dan Sisi, Rusuk dan Rusuk

·       Setiap dua sisi yang berdekatan pada balok dan kubus adalah saling tegak lurus satu dengan yang lainnya.

·       Dua sisi dikatakan sejajar, jika kedua sisi tersebut tidak pernah ber[1]potongan satu dengan yang lainnya, seperti dan , dan serta .


Hubungan antara Sisi dan Rusuk

Perhatikan gambar balok di samping.

Rusuk yang mana tegak lurus pada rusuk AB?

Jawab :

Rusuk-rusuk yang tegak lurus dengan AB adalah AE, BF, AD, dan CB.

 

Rusuk manakah yang sejajar dengan AB?

Jawab :

Rusuk-rusuk yang sejajar dengan AB adalah EF, CD, dan GH

 

Kerangka Bangun Ruang

Gambar yang memberikan tampilan menyeluruh dari suatu bangun disebut dengan kerangka. Rusuk -rusuk yang sejajar pada bangun asli digambar sejajar dalam rangka.


Cara Menyatakan Posisi

Gambar di bawah menunjukkan posisi dari bidak-bidak pada papan catur. Kuda bergerak pada papan catur mengikuti pola huruf “L”. Posisi dari kuda tersebut ditulis dengan notasi yang memadukan abjad di sumbu mendatar (horizontal) dan bilangan di sisi tegak (vertikal).

Ada beberapa batu disusun seperti gambar .

Ambil dua batu yang menghasilkan simbol 8.

Posisi dari batu-batu yang diambil itu dinyatakan dengan (2 dan 2), (2 dan 4).

 

Nyatakan posisi masing-masing binatang dalam tiga angka sesuai dengan posisinya terhadap bendera.

Setiap posisi dinyatakan dalam 3 kombinasi angka. Misalnya, posisi monyet adalah di titik 3 pada lebar, 1 pada panjang dan 2 pada tinggi. Oleh karena itu dapat kita tulis bahwa posisi monyet = (3,1,2).

 

Untuk lebih jelas dan lengkapnya mengenai materi matematika kelas 4 SD Bab 18 semester 2 kurikulum merdeka, maka silahkan anda lihat pada judul di bawah ini :

👉 Buku Siswa & Guru Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai Ringkasan atau Rangkuman materi pelajaran matematika kelas 4 SD pada Bab 18 yang berjudul “Balok dan Kubus”. Semoga sajian rangkuman tersebut dapat bermanfaat bagi sahabat dan rekan pendidikan yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel