Rangkuman Matematika Kelas 4 Bab 17 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Matematika Kelas 4 SD Bab 17 “Pecahan” Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi pendidikan yang berhubungan dengan materi pelajaran yaitu matematika pada kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 


Admin kherysuryawan telah menyiapkan sebuah rangkuman materi matematika kelas 4 SD kurikulum merdeka khususnya materi yang ada pada Bab 17 yang akan di pelajari di semester 2 kurikulum merdeka. Hasil rangkuman yang telah admin buat ini akan admin bagikan dan sajikan pada artikel ini guna membantu sahabat pendidikan yang membutuhkannya.

 

Dengan mempelajari rangkuman materi tentunya akan lebih memudahkan bagi pendidik maupun peserta didik dalam mempelajari materi yang ada pada buku teks pelajaran. Bagi anda yang di sekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka khususnya pada sekolah jenjang SD dan saat ini sedang mencari rangkuman materi untuk mata pelajaran matematika kelas 4 semester 2 maka anda bisa mendapatkannya pada postingan ini sebab disini admin akan membagikannya secara publik.

 

Sebagai informasi bahwa seluruh materi hasil rangkuman yang telah admin buat ini semuanya bersumber dari buku teks pelajaran matematika kelas 4 SD volume 2 versi kurikulum merdeka. Hasil rangkuman ini sengaja dibuat dengan tujuan untuk berbagi informasi seputar materi matematika kelas 4 SD Bab 17 yang berjudul “Pecahan” yang akan di pelajari di semester 2 kurikulum merdeka.


Ada beberapa materi inti yang nantinya akan di pelajari di mata pelajaran matematika kelas 4 SD kurikulum merdeka khususnya pada Bab 17 semester 2, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Pecahan Tidak Sejati
  • Pecahan Senilai
  • Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

 

Baiklah untuk anda yang ingin melihat sajian rangkuman/ringkasan materi matematika kelas 4 SD Bab 17 “Pecahan” untuk pembelajaran semester 2 kurikulum merdeka, maka silahkan simak hasil rangkumannya di bawah ini :

 

RANGKUMAN BAB 17 PECAHAN

 

Pecahan Lebih dari 1

Jumlah dari 1 l dan 1/3 l ditulis dengan 1 1/3 l dan dibaca “satu dan sepertiga liter” dan dapat juga di tulis menjadi 4/3 l dan dibaca “empat per tiga liter”.



Soal:

Berapa meter panjang dari pita berikut?

1. 1m dan berapa meter lebihnya?

2. Dengan melihat gambar di atas, berapa banyak 1/4 m pada pita?

 

Jawaban :

1. 1 meter dan lebihnya adalah ¾ meter sehingga total menjadi 1 ¾ meter.

2. 1/4 meter terdapat 7 buah sehingga dapat ditulis 7/4 meter

 

Pecahan yang memiliki pembilang kurang dari penyebut, seperti 1/3 dan 3/4 , disebut pecahan sejati. Pecahan yang merupakan penjumlahan dari bilangan asli dan pecahan sejati, seperti 1 1/3 dan 1 3/4 , disebut pecahan campuran. Pecahan yang memiliki pembilang sama dengan atau lebih dari penyebut, seperti 4/4 dan 7/4 , disebut pecahan tidak sejati.

 

Pecahan sejati adalah kurang dari 1, pecahan campuran lebih dari 1, dan pecahan tidak sejati adalah sama dengan atau lebih dari 1.

 

Pecahan Senilai

Ayo selidiki bilang-bilangan berikut dengan menggunakan garis bilangan.

1. Ayo baca pecahan tersebut dari terkecil ke terbesar 1/2, 1/3, 1/4, 1/5 , 1/6 1/7 , 1/8 , 1/9 dan 1/10 .

2. Ayo perhatikan garis bilangan pada halaman sebelumnya dan tentukan pecahan yang senilai dengan pecahan berikut.


Jawaban :

A. 1/2 = 2/4 = 3/6 = 4/8 = 5/10

B. 1/3 = 2/6 = 3/9

C. 3/4 = 6/8

 

Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

Penjumlahan Pecahan

Dua orang siswa, Ana dan Yuni, masing-masing membuat kopi susu dengan mencampur kopi dan susu seperti gambar di bawah ini. Berapa liter kopi susu yang dibuat?


Jawaban :

Kopi susu yang dibuat Ana adalah :

1/5 + 2/5 = 3/5 liter

Kopi susu yang dibuat Yuni adalah :

3/6 + 4/6 = 7/6 = 1 1/6 liter

 

·       Penjumlahan dua pecahan dengan penyebut yang sama dapat dilakukan dengan menjumlahkan pembilangnya.

·       Penjumlahan pecahan campuran dapat dilakukan dengan menjumlahkan bagian bilangan asli dan menjumlahkan bagian pecahan. Jika hasil dari penjumlahan bagian pecahan adalah pecahan tidak sejati, simpan bilangan tersebut ke bagian bilangan asli.

 

Pengurangan Pecahan

Berapa liter lebihnya 7/8 l, sari buah dibandingkan dengan 4/8 l susu? Ayo pikirkan cara menemukan jawabannya.

Jawaban :

7/8 – 4/8 = 3/8

Jadi jawabannya adalah 3/8 liter.

 

·       Pengurangan dua pecahan dengan penyebut yang sama dapat dilakukan dengan menjumlahkan pembilangnya

·      Pengurangan pecahan campuran dapat dilakukan dengan menjumlahkan hasil pengurangan bagian bilangan asli dan hasil pengurangan bagian pecahan.

·       Pada pengurangan pecahan campuran dengan penyebut yang sama, apabila pengurangan dari pembilang bagian pecahan tidak dapat dilakukan, kita dapat meminjam bagian dari bilangan asli.

 

Untuk lebih jelas dan lengkapnya mengenai materi matematika kelas 4 SD Bab 17 semester 2 kurikulum merdeka, maka silahkan anda lihat pada judul di bawah ini :

👉 Buku Siswa & Guru Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai Ringkasan atau Rangkuman materi pelajaran matematika kelas 4 SD pada Bab 17 yang berjudul “Pecahan”. Semoga sajian rangkuman tersebut dapat bermanfaat bagi sahabat dan rekan pendidikan yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel