Rangkuman Materi PAI Kelas 4 Bab 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 4 SD Bab 1 “Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman” Kurikulum Merdeka.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, bagaimana kabar anda hari ini ? Semoga kita semua sekalian selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Selamat berjumpa kembali di blog pendidikan ini, dikesempatan kali ini admin kherysuryawan akan membahas seputar materi pelajaran pada mata pelajaran PAI kelas 4 SD Kurikulum merdeka khususnya materi yang akan di pelajari pada Bab 1 dengan judul Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman” yang akan dipelajari di kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 


Materi Bab 1 tentang Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman” akan di pelajari di kelas 4 semester 1 kurikulum merdeka. Admin sengaja memberikan rangkuman materi ini dengan harapan dapat memudahkan bagi guru dalam mengajar dan juga tentunya akan memudahkan bagi siswa dalam belajar.

 

Kita ketahui Bersama bahwasannya saat ini semua sekolah telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka sehingga dalam melakukan aktivitas pembelajaran di sekolah maka buku teks pelajaran yang akan digunakan harus sesuai dengan buku teks mata pelajaran yang telah terintegrasi dengan pembelajaran kurikulum merdeka.

 

Apabila disekolah anda telah menggunakan kurikulum merdeka dan saat ini anda sedang membutuhkan ringkasan atau rangkuman untuk materi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 4 SD khususnya materi pada Bab 1, maka anda bisa mendapatkan ringkasan materinya secara lengkap melalui artikel ini.

 

Adapun ringkasan/rangkuman materi PAI kelas 4 Bab 1 tentang “Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman” yang akan disajikan pada postingan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka. Bagi anda yang juga belum memiliki buku teks PAI kelas 4 Kurikulum Merdeka maka anda juga bisa mendapatkan filenya melalui postingan ini.

 

Demi memudahkan siswa dalam mempelajari materi pelajaran maka dibutuhkan sebuah ringkasan atau rangkuman, sehingga olehnya itu disini admin kherysuryawan akan memberikan ringkasan/rangkuman materi untuk mata pelajaran PAI kelas 4 SD Bab 1 dengan judul Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman” dengan tujuan agar bisa membantu para siswa dalam belajar sehingga bisa lebih mudah memahami materi yang ada.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui rangkuman materi pelajaran pada mata pelajaran PAI Kelas 4 Kurikulum Merdeka Bab 1 dengan judul Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman” maka silahkan lihat sajiannya di bawah ini :

 

Bab 1 - Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman

Adapun tujuan pembelajaran yang akan di harapkan tercapai oleh peserta didik pada pembelajaran di Bab 1 ini ialah sebagai berikut :

  1. Membaca Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dengan tartil.
  2. Menjelaskan pesan pokok Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dengan baik.
  3. Membuat paparan tentang pesan pokok Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dengan baik.
  4. Menulis Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dengan baik.
  5. Menghafal Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dengan lancar.
  6. Membaca hadis tentang keragaman dengan baik.
  7. Menulis hadis tentang keragaman dengan baik.
  8. Menghafal hadis tentang keragaman dengan lancar.
  9. Berani mempresentasikan paparan tentang pesan pokok Q.S. Al[1]Ḥujurāt/49:13 dan hadis tentang keragaman.
  10. Membiasakan membaca Al-Qur’an dengan tartil dan sikap menghargai keragaman dan perbedaan sebagai sunatullah.


A. Membaca Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

Ketika kalian membaca Al-Qur’an, perhatikan makhārijul hurūf dan hukum bacaan tajwid yang terdapat pada bacaan tersebut. Tulisan Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 tersebut berwarna-warni dengan tujuan memudahkan kalian dalam membedakan hukum bacaan.


Mengartikan Surah Al-Ḥujurāt/49:13

Perhatikan Arti kata Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

Bacalah terjemah Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

 

Terjemah:

Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.

 

B. Memahami Pesan Pokok Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

Perhatikan gambar berikut!

Allah Swt. melalui Al-Qur’an memberikan gambaran kepada kita tentang keragaman manusia, tujuan penciptaan keragaman dan kemuliaannya di hadapan Allah Swt.

 

Bacalah dengan cermat tafsir ringkas Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 berikut ini!

 

Wahai manusia! Sesungguhnya, Kami telah menciptakan kalian berasal dari seorang pria dan seorang wanita, yakni keturunan yang sama dari Adam dan Hawa. Seluruh manusia sama derajat kemanusiaannya, tidak ada perbedaan antara satu suku dengan suku yang lain.

 

Kemudian Kami jadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya saling membantu, saling melengkapi dan bekerja sama, bukan saling mengolok-olok dan saling memusuhi antara satu kelompok dengan kelompok lainnya

 

Allah Swt. tidak senang terhadap orang yang menampakkan kesombongan dengan keturunan, kekayaan atau kepangkatan, karena sesungguhnya yang paling mulia di hadapan Allah Swt. hanyalah orang yang paling bertakwa. Karenanya, kalian hendaknya berusaha untuk meningkatkan ketakwaan supaya menjadi orang yang mulia di hadapan Allah Swt.

 

Sesungguhnya, Allah Swt. Maha Mengetahui segala sesuatu, baik yang tampak maupun yang tersembunyi, Allah Swt. Mahateliti sehingga tidak ada satu pun perbuatan manusia yang terlewat dari pengetahuanNya.

 

Di tengah keragaman itu, maka manusia diminta untuk saling berlapang dada dan bertenggang rasa. Manusia sebagai wakil Allah Swt. di atas bumi mendapat mandat untuk mengelola dan menjaga kelestarian planet ini. Dalam rangka itu, manusia harus mencipta suasana harmoni dan damai. “Berbeda dalam persaudaraan. Bersaudara dalam perbedaan”.

 

C. Menulis Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

Perhatikan gambar berikut!

Belajar Al-Qur’an bukan hanya membacanya saja, tapi juga belajar menulisnya dengan benar sesuai kaidah. Tulisan Al-Qur’an harus lestari. Dengan tulisan tersebut umat Islam senantiasa membacanya.

 

Cara menulis huruf Al-Qur’an yaitu:

         Dimulai dari kanan ke kiri.

         Memperhatikan penulisan hurufnya, sebab ada huruf yang ditulis di atas, tengah dan di bawah garis.

         Memperhatikan penulisan titik, gerigi dan harakat dengan benar.

Itulah petunjuk menulis Al-Qur’an secara sederhana.

 

D. Menghafal Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

Perhatikan gambar berikut!

Sungguh mulia para penghafal Al-Qur’an. Dia telah menjaga wahyu Allah Swt. di hatinya. Dia mendapat pahala berlipat ganda sebab hari-harinya disibukkan dengan Al-Qur’an. Kelak di akhirat Al-Qur’an akan memberi syafa’at kepadanya.

 

Kita semua pasti ingin menjadi penghafal Al-Qur’an. Menghafal Al-Qur’an diperlukan niat yang ikhlas dan usaha yang sungguh-sungguh. Namun jangan putus asa! Allah Swt. pasti menolong hamba-Nya yang bertekad menghafalnya. Ini terbukti dengan banyaknya penghafal Al-Qur’an.

 

E. Hadis Tentang Keragaman

Perhatikan gambar berikut!

Keragaman dan perbedaan adalah sunnatullah yang telah sengaja Allah Swt. ciptakan sebagaimana dinyatakan dalam Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13. Keragaman dan perbedaan bukan untuk diperselisihkan, tapi dicari titik persamaan yang mengantarkan pada sikap saling menghargai dan menghormati. Perbedaan bangsa, suku dan warna kulit bukan penentu kemuliaan. Hanya takwa yang menentukan nilai seseorang. Hal ini ditegaskan juga oleh Rasulullah saw. dalam hadisnya.

Artinya:

Telah menceritakan kepadaku orang yang pernah mendengar khutbah Rasulullah saw. ditengah-tengah hari tasyriq, beliau bersabda: “Wahai sekalian manusia! Rabb kalian satu, dan ayah kalian satu (maksudnya Nabi Adam). Ingatlah! Tidak ada kelebihan bagi orang Arab atas orang Ajam (non-Arab) dan bagi orang Ajam atas orang Arab, tidak ada kelebihan bagi orang berkulit merah atas orang berkulit hitam, bagi orang berkulit hitam atas orang berkulit merah kecuali dengan ketakwaan. Apa aku sudah menyampaikan?” mereka menjawab: Iya, benar Rasulullah saw. telah menyampaikan.” (HR.Ahmad dari Dari Abu Naḍrah)


Itulah sajian ringkasan materi PAI kelas 4 Bab 1 Kurikulum Merdeka yang bisa admin kheryuryawan sampaikan dan bagikan lewat artikel ini.

Bagi anda yang membutuhkan file buku teks pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa PAI Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran PAI kelas 4 SD Bab 1 dengan judul Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman” yang dapat admin sajikan pada kesempatan kali ini, kiranya rangkuman tersebut dapat membantu siswa dan guru yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran di kurikulum merdeka.

Semoga Bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel