Rangkuman Materi PJOK Kelas 4 Unit 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD Unit 1 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor” Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan membantu rekan guru dan juga para siswa yang akan belajar mata pelajaran PJOK di kelas 4 SD Kurikulum Merdeka.

 


Seperti diketahui bahwa pada kurikulum merdeka jenjang sekolah dasar siswa tidak memiliki buku pegangan atau buku siswa untuk mata pelajaran PJOK pada kurikulum merdeka sehingga terkadang menyulitkan bagi siswa dalam mengetahui materi apa yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di jenjang SD.

 

Meskipun demikian anda tidak perlu kuatir sebab melalui postingan ini admin kherysuryawan akan mencoba berbagi materi pelajaran PJOK yang akan di pelajari di kelas 4 SD kurikulum merdeka. Disini admin akan menyiapkan rangkuman/ringkasan materi pelajaran PJOK kelas 4 SD secara lengkap yang nantinya akan di pelajari pada kurikulum merdeka.

 

Perlu di ketahui bahwa jumlah unit/Bab yang akan dipelajari nantinya pada mata pelajaran PJOK di kelas 4 SD Kurikulum Merdeka yaitu berjumlah 8 Unit atau 8 Bab. Pada postingan ini admin hanya akan membahas materi yang akan di pelajari pada Unit 1 yaitu tentang “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor”.

Disini admin akan menyajikan ringkasan materi PJOK kelas 4 SD Unit 1 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor” kurikulum merdeka secara lengkap sehingga bisa menjadi bahan belajar baik untuk guru maupun bagi siswa di sekolah.

 

Kita ketahui Bersama bahwasannya saat ini semua sekolah telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka sehingga dalam melakukan aktivitas pembelajaran di sekolah maka buku teks pelajaran yang akan digunakan harus sesuai dengan buku teks mata pelajaran yang telah terintegrasi dengan pembelajaran kurikulum merdeka.

 

Apabila disekolah anda telah menggunakan kurikulum merdeka dan saat ini anda sedang membutuhkan ringkasan atau rangkuman untuk materi pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD khususnya materi pada Unit 1, maka anda bisa mendapatkan ringkasan materinya secara lengkap melalui artikel ini.

 

Adapun ringkasan/rangkuman materi PJOK kelas 4 Unit 1 tentang “Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor” yang akan disajikan pada postingan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka. Bagi anda yang juga belum memiliki buku teks PJOK kelas 4 Kurikulum Merdeka maka anda juga bisa mendapatkan filenya melalui postingan ini.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui rangkuman materi pelajaran pada mata pelajaran PJOK Kelas 4 Kurikulum Merdeka Unit 1 dengan judul Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor” maka silahkan lihat sajiannya di bawah ini :

 

Unit 1 : Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor

Tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk di capai oleh peserta didik pada Unit/Bab 1 ini ialah sebagai berikut :

Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam menjelaskan dan mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi gerakan pola gerak dasar lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, dan meloncat dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap seperti mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

 

Pada unit pembelajaran 1 ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi gerakan pola gerak dasar lokomotor. Pola gerak dasar lokomotor merupakan salah satu domain dari gerak dasar fundamental (fundamental basic movement), di samping gerak dasar nonlokomotor dan gerak dasar manipulatif.

 

Pola gerak dasar lokomotor diartikan sebagai gerakan atau keterampilan yang menyebabkan tubuh berpindah tempat, sehingga dibuktikan dengan adanya perpindahan tubuh (traveling) dari satu titik ke titik lain. Gerakan-gerakan tersebut merentang dari gerak yang sifatnya sangat alamiah mendasar seperti merangkak, berjalan, berlari, dan melompat, hingga ke gerakan yang sudah berupa keterampilan khusus seperti meroda, guling depan, hingga handspring dan backhandspring.

 

1: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan melompat dan meloncat

 

Melompat adalah gerakan memindahkan badan dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kedua kaki untuk menolak dan dua kaki untuk mendarat. Untuk melompat dengan baik, kedua lengan harus membantu dengan berayun ke atas, dan gerakan tubuh dikombinasikan dengan dorongan dari kaki untuk mengangkat berat tubuh. Mendarat dengan bagian jari-jari kaki dan lutut ditekuk.

Lompatan biasanya dilakukan dengan dua arah; pertama, menaikkan tubuh secara vertikal (lurus ke atas) untuk mencapai ketinggian, atau kedua, menaikkan tubuh dengan momentum horisontal untuk memperoleh jangkauan jarak yang jauh.

 

Tujuan dari gerakan melompat adalah untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar fundamental yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari[1]hari. Meskipun sifatnya tidak sealamiah berjalan dan berlari, semua anak normal biasanya sudah menguasai gerakan dasar ini pada usia-usia awal mereka.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran variasi dan kombinsi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan melompat dan meloncat antara lain sebagai berikut:

(1) Aktivitas pembelajaran melompat ke depan dengan tolakan salah satu kaki

(2) Aktivitas pembelajaran gerakan melewati rintangan tongkat yang dipegang guru

(3) Aktivitas pembelajaran gerakan melewati rintangan gawang

(4) Aktivitas pembelajaran gerakan melewati rintangan tali yang dibentangkan

(5) Aktivitas pembelajaran gerakan melompat ke depan dengan tumpuan satu kaki, dan berlari melompati gawang yang dipasang berjajar

(6) Aktivitas pembelajaran meloncat ke depan tolakan dua kaki

(7) Aktivitas pembelajaran meloncat ke atas tolakan dua kaki

(8) Aktivitas pembelajaran gerakan meloncat ke depan dengan tumpuan kedua kaki, dan meloncati ban

 

2: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalan dan berlari mengubah arah

 

Setelah peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan melompat dan meloncat, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalan dan berlari dengan merubah arah.

 

Gerak mengubah arah adalah mengubah arah gerak tubuh dari keadaan diam menjadi bergerak ke suatu tempat. Peserta didik diminta untuk mengamati dan kemudian mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalan dan berlari dengan merubah arah.

 

Peserta didik diminta untuk mempelajari variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalan dan berlari dengan merubah arah dengan saksama.

(1) Aktivitas pembelajaran gerakan berjalan kemudian diteruskan berlari

(2) Aktivitas pembelajaran kelincahan gerakan bereaksi

(3) Aktivitas pembelajaran gerakan berjalan ke depan dengan mengangkat lutut kemudian berlari

 

3: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berlari berbelok-belok

 

Setelah peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti: gerakan berjalan dan berlari mengubah arah, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti: gerakan berlari berbelok-belok

 

Berlari berbelok-belok adalah mengubah arah dengan berlari berbelok-belok dengan mengikuti rintangan atau tanpa rintangan. Peserta didik diminta untuk mengamati dan kemudian mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berlari berbelok-belok.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berlari berbelok-belok adalah sebagai berikut:

(1) Aktivitas pembelajaran gerakan berlari bolak-balik

(2) Aktivitas pembelajaran gerakan berlari berbelok-belok

(3) Aktivitas pembelajaran gerakan berlari jogging dengan mengangkat paha tinggi dan pendaratan kaki menggunakan ujung telapak kaki

(4) Aktivitas pembelajaran gerakan berlari cepat dengan langkah kaki lebar, mengikuti garis pada lintasan

(5) Aktivitas pembelajaran lomba lari cepat mengambil bola dilakukan dalam bentuk perlombaan

(6) Aktivitas pembelajaran lomba lari cepat beregu dengan ”shutle run”

(7) Aktivitas pembelajaran gerakan lomba lari cepat beregu mengambil bola dan meletakkan bola pada lingkaran

(8) Aktivitas pembelajaran gerakan lari cepat untuk menangkap bola yang dilambung

 

4: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalan, berlari, dan melompat

 

Setelah peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berlari berbelok-belok, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti berjalan, berlari, melompat, dan meloncat.

 

Gerak gerakan variasi dan kombinasi gerakan berjalan, berlari, melompat, dan meloncat adalah melakukan gerakan berjalan, berlari, dan melompat dalam satu gerakan. Peserta didik diminta untuk mengamati dan kemudian mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalan, berlari, melompat, dan meloncat.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor seperti gerakan berjalan, berlari, melompat, dan meloncat antara lain sebagai berikut:

(1) Aktivitas pembelajaran berjalan dan melompat sejauh-jauhnya

(2) Aktivitas pembelajaran berlari dan menolak me lewati bangku yang dipasang melintang

(3) Aktivitas pembelajaran berlari, menolak, sikap di udara, dan mendarat melewati tali

(4) Aktivitas pembelajaran gerakan berjalan ke depan kemudian melompat sejauh[1]jauhnya dan mendarat dengan dua kaki


Itulah sajian ringkasan materi PJOK kelas 4 Bab 1 Kurikulum Merdeka yang bisa admin kheryuryawan sampaikan dan bagikan lewat artikel ini.

Bagi anda yang membutuhkan file buku teks pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa PJOK Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran PJOK kelas 4 SD Unit 1 dengan judul Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor” yang dapat admin sajikan pada kesempatan kali ini, kiranya rangkuman tersebut dapat membantu siswa dan guru yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel