4 Cara Cek NRG Tahun 2024

Kherysuryawan.id – 4 Cara Melihat Nomor Registrasi Guru (NRG) Secara Online Tahun 2024.

Halo sahabat pendidikan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali di website pendidikan yang selalu memberikan informasi terupdate. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang salah satu informasi penting yang terkait dengan NRG atau Nomor Registrasi Guru bagi para guru yang baru saja dinyatakan lulus sertifikasi guru.

 

Apakah anda baru saja dinyatakan lulus sertifikasi ?

Jika anda baru saja dinyatakan lulus sertifikasi, maka anda tentunya harus memperoleh yang namanya Nomor Registrasi Guru (NRG). Perlu diketahui, bahwa Nomor Registrasi Guru (NRG) merupakan sebuah identitas penting bagi seorang guru sebagai bukti bahwa guru tersebut telah dinyatakan lulus sertifikasi pendidik.

 

Guru yang telah memiliki Nomor Registrasi Guru (NRG) berarti sudah siap dan sah untuk bisa menerimakan tunjangan sertifikasi guru. NRG menjadi bukti sah bahwa guru telah dinyatakan lulus dalam program pendidikan profesi guru atau yang disebut dengan PPG. Saat ini bagi guru yang ingin memperoleh sertifikat pendidik maka harus melalui tahapan Pendidikan Profesi guru (PPG) baik melalui PPG Dalam Jabatan (Bagi yang sudah menjadi guru dan terdaftar di dapodik), maupun melalui PPG Prajabatan (Pendidikan secara mandiri). Guru yang dapat menerimakan tunjangan profesi guru yaitu guru yang telah memiliki NRG, jadi Nomor Registrasi Guru (NRG) sangat penting bagi guru yang ingin mendapatkan tunjangan profesi guru.

 

Perlu juga untuk dipahami bahwa guru yang baru saja dinyatakan lulus dalam PPG tidak serta merta langsung bisa mendapatkan NRG. Guru yang telah lulus PPG akan terlebih dahulu mendapatkan sertifikat pendidik dan setelahnya itu barulah bisa diusulkan untuk mendapatkan Nomor Registrasi Guru (NRG). Jika guru dinyatakan lulus sertifikasi melalui jalur PPG di tahun 2024 maka ia dapat memperoleh NRG di tahun selanjutnya yaitu di tahun 2025. Jadi intinya bahwa Nomor Registrasi Guru (NRG) pasti akan keluar apabila guru telah mendapatkan sertifikat pendidik.

 

Lantas bagaimana cara untuk mengecek apakah NRG sudah terbit, bagi guru yang baru dintayakan lulus sertifikasi ???

Baiklah, pada postingan ini admin kherysuryawan akan memberikan informasi mengenai cara mudah dalam mengecek NRG bagi guru yang baru saja dintakan lulus sertifikasi. Dibawah ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek apakah Nomor Registrasi Guru (NRG) telah terbit.

 

1. CEK NRG MELALUI SIM PKB

Bagi anda yang ingin mengetahui apakah NRG telah terbit maka anda bisa mengeceknya melalui SIM PKB. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

Silahkan login ke SIM PKB menggunakan akun SimPKB ataupun dengan menggunakan akun belajar.id

Selanjutnya silahkan cek pada bagian “Status Sertifikasi” apabila pada status sertifikasi menyatakan “SUDAH SERTIFIKASI” maka dapat dipastikan bahwa NRG anda telah terbit/keluar.

Dibawah ini contoh tampilannya :


2. CEK NRG MELALUI AKUN KETUA MGMP DI SIM PKB

Cara kedua untuk melihat nomor NRG dapat di cek melalui ketua komunitas MGMP yaitu dengan melalui SIM PKB, pastikan anda sudah masuk sebagai anggota komunitasnya. 
Cara melakukan pengecekan :

  1. Masuk di akun ketua komunitas
  2. Masukkan Username dan pasword dan Klik Login
  3. Setelah berhasil login di home/beranda, geser ke bawah dan cari menu "Komunitasku"
  4. Berikutnya klik menu "Anggota Komunitasku"
  5. Di bagian atas dibawah Nama Profil ada menu " Unduh Laporan" , Pilih Laporan Daftar Anggota Komunitas, silahkan diklik unduh dan akan terdownload laporan anggota di menu Excel
  6. Selanjutnya lihat pada bagian NRG.

 

3. CEK NRG MELALUI ADMIN DINAS

Cara ketiga untuk melihat NRG adalah melalui admin dinas pendidikan / Admin KSG, atau yang menangani Tunjangan Profesi Guru/PPG.

Anda dapat menghubungi Admin dinas untuk bisa melakukan cek NRG dengan membawa beberapa persyaratan diantaranya yaitu : Sertifikat pendidik, ijazah terakhir dan data lainnya yang di butuhkan oleh dinas masing-masing.

Setelah dilakukan cek NRG, maka anda pun bisa mengunduh kartu penerbitan NRG melalui akun Admin Dinas. Dibawah ini contoh tampilan Kartu Penerbitan NRG


4. CEK NRG SECARA MANDIRI DI LAMAN INFO GTK

Cara Keempat untuk melihat Nomor Registrasi Guru (NRG) adalah melalui laman Info GTK. Anda bisa mengecek NRG anda masing-masing secara mendiri dan online melalui laman INFO GTK.

Berikut ini cara cek NRG di INFO GTK

1.     Buka Info GTK : https://info.gtk.kemdikbud.go.id/

2.     Masukkan username dan password 

3.     Setelah berhasil login, lihat di detail dibawah profil akan muncul Nomor NRG, atau bisa juga anda scrool ke bawah dan lihat di bagian rincian Data Kelulusan Sertifikasi, disana anda akan melihat nomor NRG anda.

Dibawah ini tampilan NRG di Info GTK :


Demikianlah 4 cara yang bisa admin kherysuryawan sampaikan kepada para guru yang ingin melihat nomor NRG setelah di nyatakan lulus sertifikasi pendidik. Semoga informasi ini dapat membantu para guru yang sedang ingin mengecek nomor NRG nya.

Sekian dan semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel