Formulir Observasi Kinerja Guru di PMM

Kherysuryawan.id – Download Rubrik Observasi Kinerja Guru Formulir A: Diskusi Persiapan Observasi Kinerja Guru, Formulir B: Pelaksanaan Observasi Kinerja Guru, Formulir C: Tindak Lanjut Observasi Kinerja Guru, Formulir D: Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kinerja Guru.

 

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada postingan kali ini admin akan membahas tentang tahapan yang harus di lalui oleh seorang guru maupun oleh kepala sekolah dalam melaksanakan kegiatan penilaian kinerja yang akan di laksanakan melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).

 


Seperti telah di jelaskan dalam Peraturan Direktur Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Nomor 7607/B.B1/Hk.03/2023 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Kinerja Guru Dan Kepala Sekolah, yang mana guru dalam melakukan penilaian kinerja harus melaksanakan kegiatan observasi. Adapun yang nantinya akan mengobservasi guru ialah pimpinan disatuan tugas yang dalam hal ini yaitu kepala sekolah.

 

Sebelum melakukan observasi guru terlebih dahulu harus membuat Rencana Hasil Kerja (RHK). Perlu untuk di pahami bahwa Rencana Hasil Kerja (RHK) merupakan output dan outcome dari pelaksanaan tugas yang akan dihasilkan oleh Guru.

Rencana hasil kerja Guru meliputi:

a.     Meningkatnya praktik pembelajaran melalui observasi kinerja dalam menjalankan tugas Guru yang disepakati bersama Kepala Sekolah;

b.     Meningkatnya kinerja satuan pendidikan dan/atau peningkatan karier Guru melalui pengembangan kompetensi yang disepakati bersama Kepala Sekolah;

c.     Tersusunnya kurikulum operasional satuan pendidikan sebagai acuan dalam peningkatan pembelajaran;

d.     Terlaksananya pembelajaran melalui perencanaan dan perangkat penilaian/asesmen yang mengacu pada kurikulum operasional satuan pendidikan; dan

e.     Meningkatnya kinerja satuan pendidikan melalui terlaksananya tugas tambahan sesuai dengan jenis disepakati bersama Kepala Sekolah.

 

Pelaksanaan observasi kinerja dalam menjalankan tugas Guru terdiri atas:

a.       peningkatan praktik manajemen kelas yang berfokus pada keteraturan suasana kelas;

b.       peningkatan praktik manajemen kelas yang berfokus pada penerapan disiplin positif;

c.       peningkatan praktik dukungan psikologis yang berfokus pada ekspektasi peserta didik;

d.       peningkatan praktik dukungan psikologis yang berfokus pada perhatian dan kepedulian;

e.       peningkatan praktik dukungan psikologis yang berfokus pada umpan balik konstruktif;

f.        peningkatan praktik aktivasi kognitif yang berfokus pada instruksi yang adaptif;

g.       peningkatan praktik aktivasi kognitif yang berfokus pada instruksi pembelajaran; atau

h.       peningkatan praktik aktivasi kognitif yang berfokus pada aktivitas interaktif.

 

Berbicara mengenai praktik pembelajaran Guru melalui kegiatan Observasi, maka guru wajib memahami tahapan dalam pelaksanaan observasi Guru. Bagi Bapak/Ibu Guru yang akan melakukan observasi maka ada formulir atau lembar observasi yang harus di ketahui sehingga pada saat akan melaksanakan observasi maka Guru sudah memahami alur dan tahapan pelaksanaannya.

 

Formulir atau Lembar observasi praktik pembelajaran di PMM terdiri dari empat bagian utama, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Formulir A: Diskusi Persiapan Observasi Kinerja Guru

Formulir ini digunakan sebelum proses observasi dilakukan. Di sini, pengamat dan guru akan mendiskusikan tujuan observasi, area fokus, serta harapan yang ingin dicapai dari observasi tersebut.

 

2. Formulir B: Pelaksanaan Observasi Kinerja Guru

Formulir ini mencakup panduan observasi praktik pembelajaran yang akan dilakukan. Pengamat akan mencatat kegiatan pembelajaran, interaksi guru-siswa, penggunaan materi, dan faktor-faktor lain yang relevan.

 

3. Formulir C: Tindak Lanjut Observasi Kinerja Guru

Setelah observasi selesai, form ini akan digunakan untuk merumuskan tindak lanjut yang perlu dilakukan, baik oleh guru maupun pihak yang terkait. Hal ini dapat berupa rencana perbaikan, pelatihan tambahan, atau bimbingan teknis.

 

4. Formulir D: Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kinerja Guru

Formulir ini digunakan untuk merefleksikan pelaksanaan tindak lanjut yang telah dilakukan. Guru akan mengevaluasi efektivitas tindakan yang diambil dan menentukan langkah-langkah selanjutnya.

 

Pemahaman yang baik terhadap alur pengisian lembar observasi sangatlah penting. Dengan memahami alur tersebut, pengamat (Kepala Sekolah) dan guru dapat:

a.       Menyusun tujuan observasi yang jelas dan terukur.

b.       Mengumpulkan data yang relevan dan akurat selama proses observasi.

c.       Merumuskan rekomendasi dan tindak lanjut yang sesuai dengan hasil observasi.

d.       Meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan.

 

Setelah admin kherysuryawan menjelaskan tentang pelaksanaan Observasi Guru dalam penilaian kinerja di PMM seperti pada sajian diatas, maka kini saatnya admin akan membagikan Lembar Observasi Praktik Pembelajaran atau Formulir Observasi Kinerja Guru yang terdiri atas 4 bagian.

 

Perlu untuk diketahui bahwa Formulir/Format/Rubrik Observasi Kinerja Guru di PMM yang akan admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini telah disiapkan dalam format exel dan sudah sesuai dengan format asli yang disarankan sesuai dengan aturan yang di tetapkan pada Peraturan Direktur Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Nomor 7607/B.B1/Hk.03/2023 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Kinerja Guru Dan Kepala Sekolah.

 

Formulir/Format/Rubrik Observasi Kinerja Guru yang akan admin bagikan ini sangat mudah untuk di gunakan dan anda tinggal mengisi pada kolom yang telah di sediakan. Setelah diisi anda bisa menandatangani persetujuan observasi dan melakukan print sesuai kebutuhan.

 

Bagi bapak/ibu guru yang ingin mendapatkan file Formulir/Format/Rubrik Observasi Kinerja Guru, maka di bawah ini telah disiapkan filenya secara lengkap mulai dari Formulir A hingga Formulir D.

 

  1. Formulir A : Diskusi Persiapan Observasi Kinerja Guru – (DISINI)
  2. Formulir B : Pelaksanaan Observasi Kinerja Guru – (DISINI)
  3. Formulir C : Tindak Lanjut Observasi Kinerja Guru – (DISINI)
  4. Formulir D : Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kinerja Guru – (DISINI)
  5. Formulir Observasi Guru Untuk Penilaian Kinerja di PMM ( Format A – D) – DISINI
  6. Kumpulan Laporan Bukti Dukung di PMM - (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Formulir/Format/Rubrik Observasi Kinerja Guru yang bisa admin kherysuryawan sampaikan pada kesempatan ini, semoga file Formulir/Format/Rubrik Observasi Kinerja Guru di PMM yang telah di bagikan tersebut bisa membantu pelaksanaan Observasi Guru dalam penilaian kinerja di PMM.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel