Rangkuman PPKN Kelas 10 Unit 4 Bagian 3 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Ringkasan Materi PPKN Kelas 10 SMA/SMK Bagian 3 Unit 4 “Pertukaran Budaya di Pentas Global” merupakan materi semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada postingan kali ini admin akan menyajikan informasi seputar materi pelajaran PPKN kelas 10 semester 2 yaitu materi yang ada pada Bagian 3 Unit 4 tentang “Pertukaran Budaya di Pentas Global”.

 


Admin kherysuryawan sengaja membuat materi ini dalam bentuk ringkasan/rangkuman dengan harapan agar bisa memudahkan bagi guru dan siswa yang akan menggunakannya sebagai referensi dalam belajar. Dengan mempelajari materi yang telah di ringkas pastinya akan lebih memudahkan bagi pelajar dalam menggunakannya sebagai bahan belajar sebab materi yang telah di ringkas merupakan materi inti atau materi yang penting.

 

Sebagai informasi bahwa hasil ringkasan materi PPKN kelas 10 Bagian 3 Unit 4 “Pertukaran Budaya di Pentas Global” yang telah admin kherysuryawan buat ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran PPKN kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka.

 

Ada beberapa unit materi yang akan di pelajari di mata pelajaran PPKN kelas 10 di bagian 3 semester 2 kurikulum merdeka, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Unit 1 Mengidentiikasi Identitas Individu dan Identitas Kelompok
  • Unit 2 Mengenali, Menyadari, dan Menghargai Keragaman Identitas
  • Unit 3 Kolaborasi Antar budaya di Indonesia
  • Unit 4 Pertukaran Budaya di Pentas Global
  • Unit 5 Belajar dari Kekayaan Tradisi

 

Pada kesempatan ini admin hanya akan fokus untuk memberikan ringkasan pada materi yang ada di Unit 4 “Pertukaran Budaya di Pentas Global”.

Adapun tujuan pembelajaran dari materi ini yaitu sebagai berikut :

Tujuan Pembelajaran :

Pada unit ini, peserta didik diharapkan mampu mengidentiikasi tradisi, kearifan, serta kebudayaan masyarakat di negara lain. Selain itu, peserta didik juga diharapkan mampu menampilkan atau mempromosikan budaya, tradisi atau niliai-nilai yang di miliki oleh bangsa Indonesia ke masyarakat dunia.


Baiklah untuk melihat hasil ringkasan/rangkuman materi PPKN Kelas 10 SMA/SMK Unit 4 “Pertukaran Budaya di Pentas Global” yang terdapat pada bagian 3 semester 2 kurikulum merdeka, maka di bawah ini sajian materinya :


Unit 4 Pertukaran Budaya di Pentas Global

Setiap komunitas memiliki keunikan serta kebijaksanaan yang tumbuh dan berkembang di antara mereka. Filosoi serta nilai itu yang menghidupi dan dipegang erat oleh mereka. Pada setiap nilai yang hidup tersebut, selalu ada makna dan nilai yang berguna untuk menjunjung harkat dan martabat manusia.

 

Saat ini, kata Hans Kung, umat ma nusia di dunia dihadapkan pada tiga tantangan (Kung, 2000:229230). 

Pertama, kehidupan umat manusia sedang berada di bawah ancaman (wacana) "clash of civilizations", yang tiada lain berusaha mempertarungkan satu peradaban dengan peradaban lainnya. Ancaman yang dihadapi bukan pada kekhawatiran akan munculnya perang du nia baru. Lebih dari itu, apa yang menjadi kegelisahan para penyeru madzhab etika universal adalah timbulnya konlik identitas atas dasar, agama, nilai, ideologi, dan budaya antar negara atau dalam satu negara.

 

Kedua, munculnya gerakan fundamentalisme khususnya yang berkaitan dengan ideologi tertentu, yang kerapkali menutup pintu rapat rapat bagi masuknya segala produk modernitas. Mereka melihat bahwa kekuatan ajaran agama ada dalam ruh yang paling fundamen dan itu menjadi jalan keluar bagi berbagai macam kesengsaran sosial sekaligus reaksi terhadap peradaban Barat yang sekuler.

 

Ketiga, tantangan umat manusia adalah munculnya banyak varian dogmatisme yang eksis dalam setiap nilai atau ideologi. Hal inilah yang menjadi akar persoalan munculnya berbagai pertentangan antara dogmatisme dan pragmatisme, fundamen talisme dan pencerahan.

 

Di luar tiga tantangan itu, sesungguhnya ada hal yang indah dan menarik, yakni eksistensi kearifan dalam setiap masyarakat dunia. Kearifan ini yang secara universal mengajak masyarakat untuk kembali kepada kesejatian hidup saling berpegang erat antar sesama dan bahu membahu menyelamatkan bumi.

 

Mengenali kearifan masyarakat yang ada di banyak negara adalah salah satu cara untuk meredam gejolak akibat superioritas kelompok tertentu. Promosi atas kebu dayaan yang dimiliki menjadi sangat terbuka dalam dunia yang sudah terhubung. Teknologi dan informasi memungkinkan hal tersebut terjadi.


Untuk melihat sajian materi hasil rangkuman pada Unit lainnya , maka silahkan lihat melalui judul di bawah ini :

๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ Materi & Rangkuman PPKN Kelas 10 SMA/SMK Lengkap Semua Unit Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan sampaikan mengenai rangkuman/ringkasan materi PPKN kelas 10 Unit 4 “Pertukaran Budaya di Pentas Global”. Semoga sajian materi hasil ringkasan ini bermanfaat bagi sahabat pendidikan dimanapun berada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel