Instrumen Isian Observasi Fokus Perilaku Aktivitas Interaktif di PMM

Kherysuryawan.id – Rubrik isian Observasi Guru Fokus Perilaku Aktivitas Interaktif Untuk Kepala Sekolah .

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang tahapan kegiatan observasi oleh guru yang akan dilaksanakan oleh kepala sekolah untuk melakukan penilaian kinerja guru di PMM.

 


Dalam melakukan observasi, maka kepala sekolah wajib untuk menyiapkan sebuah instrument yang telah berisi point-point yang akan dinilai pada saat guru melakukan praktek pembelajaran di kelas. Dalam setiap fokus perilaku yang akan di nilai oleh kepala sekolah tentunya ada komponen yang akan menjadi patokan penilaian bagi kepala sekolah.

 

Berbicara mengenai observasi maka guru harus dapat menyiapkan semua keperluan yang akan di gunakan saat observasi di kelas sehingga nantinya kepala sekolah bisa melihat kegiatan mengajar guru dan bisa melakukan penilaian sesuai dengan fokus perilaku yang akan di kembangkan oleh masing-masing guru di sekolah.

 

Sebagai informasi bahwa ada 8 indikator observasi pembelajaran yang dapat di pilih oleh guru dalam pelaksanaan observasi pembelajaran.

Berikut 8 Indikator observasi pembelajaran dalam pengelolaan kinerja guru di PMM:

1. Penerapan Disiplin Positif

2. Keteraturan Suasana Kelas

3. Umpan Balik Konstruktif

4. Perhatian dan Kepedulian

5. Ekspektasi pada Peserta Didik

6. Aktivitas Interaktif

7. Instruksi yang Adaptif

8. Instruksi Pembelajaran

 

Bagi guru yang dalam pelaksanaan observasi pembelajaran memilih fokus perilaku Aktivitas Interaktif, maka tentunya kepala sekolah nantinya akan menilai sesuai dengan point-point yang ada pada fokus perilaku tersebut.

 

Berikut ini komponen penilaian yang ada pada Fokus Perilaku “Aktivitas Interaktif”

1. Guru memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang memberi peran pada semua peserta didik

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru memotivasi semua peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran
  • Guru menyediakan peran dalam kelompok untuk memastikan semua anggota mendapatkan peran
  • Guru memberikan dukungan dan kesempatan pada peserta didik yang pasif untuk berperan

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru membiarkan peserta didik membuat dan membagikan peran dalam kelompok
  • Guru menyediakan peran yang terbatas sehingga peserta didik tertentu tidak mendapat peran
  • Guru membiarkan Sebagian peserta didik bersikap dominan dalam proses pembelajaran

 

2. Guru mengajukan pertanyaan yang menstimulasi proses diskusi dan berpikir kritis

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru mengajukan pertanyaan terbuka untuk memancing proses diskusi dan berpikir kritis
  • Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan konsep yang dipelajari dengan konsep sebelumnya
  • Guru mengajukan yang meminta peserta didik membandingkan dua konsep yang berbeda

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru mengajukan pertanyaan hanya untuk menguji pemahaman peserta didik
  • Guru mengajukan pertanyaan yang meminta peserta didik mengulang konsep yang disampaikan
  • Guru menghakimi jawaban peserta didik sehingga membuat peserta didik yang lain ragu buat menjawab

 

3. Guru memfasilitasi terjadinya diskusi kelompok yang interaktif, kritis dan inklusif

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru memotivasi peserta didik untuk menyampaikan pendapat secara terbuka
  • Guru mengajukan pertanyaan yang memicu terjadinya diskusi kelompok
  • Guru berkeliling kelas untuk memberikan bimbinan pada kelompok dalam berdiskusi

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru hanya duduk di depan dan membiarkan kelompok berdiskusi sendiri
  • Guru membiarkan peserta didik membentuk kelompok sendidri sesuka hatinya
  • Guru mengabaikan atau melarang perubahan pendapat

 

Kepala sekolah dalam melakukan observasi pembelajaran guru di kelas akan membutuhkan sebuah rubrik atau instrument yang sesuai dengan fokus perilaku yang dipilih oleh guru saat melakukan kegiatan observasi pembelajaran di kelas.

 

Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan membantu untuk memberikan contoh file instrumen isian observasi fokus perilaku guru pada indikator Aktivitas Interaktif. Di dalam instrument yang akan admin bagikan ini telah di jabarkan komponen penilaian dari setiap indikator yang akan di nilai baik yang termasuk pada perilaku yang dianjurkan maupun pada perilaku yang perlu untuk dihindari.

 

Dengan adanya instrumen / rubrik isian observasi fokus perilaku guru pada indikator Aktivitas Interaktif maka akan memudahkan bagi kepala sekolah atau tim observer dalam melakukan penilaian kepada guru yang akan di observasi selama melakukan pembelajaran di kelas.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan file instrumen isian observasi pembelajaran pada fokus perilaku Aktivitas Interaktif untuk penilaian kinerja guru di PMM, maka silahkan dapatkan filenya yang telah admin siapkan dalam format word di bawah ini :

 

  • Instrumen Observasi Fokus Perilaku Guru pada Indikator Aktivitas Interaktif – (DISINI)
  • Instrumen Penilaian Oleh KS pada Indikator Aktivitas Interaktif – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan mengenai instrumen observasi fokus perilaku guru pada indikator Aktivitas Interaktif, semoga bisa membantu para kepala sekolah yang akan melakukan observasi pembelajaran guru di sekolah masing-masing sesuai jadwal pelaksanaan obervasi yang telah di sepakati bersama di PMM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel