Instrumen Isian Observasi Fokus Perilaku Penerapan Disiplin Positif di PMM

Kherysuryawan.id – Rubrik isian Observasi Guru Fokus Perilaku Penerapan Disiplin Positif Untuk Kepala Sekolah .

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang tahapan kegiatan observasi oleh guru yang akan dilaksanakan oleh kepala sekolah untuk melakukan penilaian kinerja guru di PMM.

 


Dalam melakukan observasi, maka kepala sekolah wajib untuk menyiapkan sebuah instrument yang telah berisi point-point yang akan dinilai pada saat guru melakukan praktek pembelajaran di kelas. Dalam setiap fokus perilaku yang akan di nilai oleh kepala sekolah tentunya ada komponen yang akan menjadi patokan penilaian bagi kepala sekolah.

 

Berbicara mengenai observasi maka guru harus dapat menyiapkan semua keperluan yang akan di gunakan saat observasi di kelas sehingga nantinya kepala sekolah bisa melihat kegiatan mengajar guru dan bisa melakukan penilaian sesuai dengan fokus perilaku yang akan di kembangkan oleh masing-masing guru di sekolah.

 

Sebagai informasi bahwa ada 8 indikator observasi pembelajaran yang dapat di pilih oleh guru dalam pelaksanaan observasi pembelajaran.

Berikut 8 Indikator observasi pembelajaran dalam pengelolaan kinerja guru di PMM:

1. Penerapan Disiplin Positif

2. Keteraturan Suasana Kelas

3. Umpan Balik Konstruktif

4. Perhatian dan Kepedulian

5. Ekspektasi pada Peserta Didik

6. Aktivitas Interaktif

7. Instruksi yang Adaptif

8. Instruksi Pembelajaran

 

Bagi guru yang dalam pelaksanaan observasi pembelajaran memilih fokus perilaku Penerapan Disiplin Positif, maka tentunya kepala sekolah nantinya akan menilai sesuai dengan point-point yang ada pada fokus perilaku tersebut.

 

Berikut ini komponen penilaian yang ada pada Fokus Perilaku “Penerapan Disiplin Positif”

Target Perilaku:

1. Guru melakukan refleksi dinamika kelas untuk menerapkan kesepakatan kelas

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru mengajak peserta didik melakukan refleksi dinamika kelas mengacu kesepakatan kelas
  • Guru menunjukkan kesediaan mendengarkan pandangan peserta didik tentang dinamika kelas
  • Guru bersikap adaptif sehingga bersedia mengubah kesepakatan kelas bila diperlukan

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru mengabaikan pendapat peserta didik tentang apa yang terjadi di kelas
  • Guru bersikap defensif dalam menyikapi umpan balik dari peserta didik terkait kedisiplinan
  • Guru menerapkan hukuman fisik terhadap peserta didik yang melakukan pelanggaran kedisiplinan

 

2. Guru melakukan penguatan positif terhadap perilaku yang sesuai atau mendukung kesepakatan kelas

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru memberi pujian terhadap perilaku peserta didik yang sesuai kesepakatan kelas
  • Guru memberi penguatan positif dengan beragam cara
  • Guru mengakui suatu perilaku positif secara spesifik dan menjelaskan alasannya

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru tidak konsisten dalam memberikan penguatan positif, hanya pada peserta didik tertentu
  • Guru mengabaikan perilaku positif karena terlalu fokus pada perilaku negatif atau hal lain
  • Guru melakukan penguatan perilaku yang tidak bermanfaat bagi peserta didik dan kelas secara keseluruhan

 

3. Guru memfasilitasi peserta didik menyadari konsekuensi dan memperbaiki perilaku melanggarnya (restitusi)

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru membantu peserta didik menyadari konsekuensi dari perilaku melanggarnya
  • Guru mendengarkan sudut pandang peserta didik terhadap perilaku melanggarnya
  • Guru memberikan dukungan pada peserta didik dalam melakukan perbaikan perilakunya

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru langsung memberikan hukuman, bukan membangun upaya perbaikan perilaku
  • Guru kehilangan kesabaran dalam membantu peserta didik menyadari konsekuensi perilakunya
  • Guru meminta peserta didik untuk tenang dengan mengabaikan perilaku melanggar yang terjadi

 

Kepala sekolah dalam melakukan observasi pembelajaran guru di kelas akan membutuhkan sebuah rubrik atau instrument yang sesuai dengan fokus perilaku yang dipilih oleh guru saat melakukan kegiatan observasi pembelajaran di kelas.

 

Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan membantu untuk memberikan contoh file instrumen isian observasi fokus perilaku guru pada indikator Penerapan Disiplin Positif. Di dalam instrument yang akan admin bagikan ini telah di jabarkan komponen penilaian dari setiap indikator yang akan di nilai baik yang termasuk pada perilaku yang dianjurkan maupun pada perilaku yang perlu untuk dihindari.

 

Dengan adanya instrumen / rubrik isian observasi fokus perilaku guru pada indikator Penerapan Disiplin Positif maka akan memudahkan bagi kepala sekolah atau tim observer dalam melakukan penilaian kepada guru yang akan di observasi selama melakukan pembelajaran di kelas.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan file instrumen isian observasi pembelajaran pada fokus perilaku Penerapan Disiplin Positif untuk penilaian kinerja guru di PMM, maka silahkan dapatkan filenya yang telah admin siapkan dalam format word di bawah ini :

 

  • Instrumen Observasi Fokus Perilaku Guru pada Indikator Penerapan Disiplin Positif – (DISINI)
  • Instrumen Penilaian Oleh KS pada Indikator Penerapan Disiplin Positif – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan mengenai instrumen observasi fokus perilaku guru pada indikator Penerapan Disiplin Positif, semoga bisa membantu para kepala sekolah yang akan melakukan observasi pembelajaran guru di sekolah masing-masing sesuai jadwal pelaksanaan obervasi yang telah di sepakati bersama di PMM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel