Instrumen Isian Observasi Fokus Perilaku Instruksi yang Adaptif di PMM

Kherysuryawan.id – Rubrik isian Observasi Guru Fokus Perilaku Instruksi yang Adaptif Untuk Kepala Sekolah .

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang tahapan kegiatan observasi oleh guru yang akan dilaksanakan oleh kepala sekolah untuk melakukan penilaian kinerja guru di PMM.

 


Dalam melakukan observasi, maka kepala sekolah wajib untuk menyiapkan sebuah instrument yang telah berisi point-point yang akan dinilai pada saat guru melakukan praktek pembelajaran di kelas. Dalam setiap fokus perilaku yang akan di nilai oleh kepala sekolah tentunya ada komponen yang akan menjadi patokan penilaian bagi kepala sekolah.

 

Berbicara mengenai observasi maka guru harus dapat menyiapkan semua keperluan yang akan di gunakan saat observasi di kelas sehingga nantinya kepala sekolah bisa melihat kegiatan mengajar guru dan bisa melakukan penilaian sesuai dengan fokus perilaku yang akan di kembangkan oleh masing-masing guru di sekolah.

 

Sebagai informasi bahwa ada 8 indikator observasi pembelajaran yang dapat di pilih oleh guru dalam pelaksanaan observasi pembelajaran.

Berikut 8 Indikator observasi pembelajaran dalam pengelolaan kinerja guru di PMM:

1. Penerapan Disiplin Positif

2. Keteraturan Suasana Kelas

3. Umpan Balik Konstruktif

4. Perhatian dan Kepedulian

5. Ekspektasi pada Peserta Didik

6. Aktivitas Interaktif

7. Instruksi yang Adaptif

8. Instruksi Pembelajaran

 

Bagi guru yang dalam pelaksanaan observasi pembelajaran memilih fokus perilaku Instruksi yang Adaptif, maka tentunya kepala sekolah nantinya akan menilai sesuai dengan point-point yang ada pada fokus perilaku tersebut.

 

Berikut ini komponen penilaian yang ada pada Fokus Perilaku “Instruksi yang Adaptif”

Target Perilaku:

1. Guru melakukan strategi pembelajaran yang responsif terhadap peserta didik

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru memulai pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan untuk memahami pemahaman awal peserta didik
  • Guru melakukan penyesuaian pembelajaran sesuai respon dari peserta didik
  • Guru melakukan penyesuaian penjelasan agar lebih relevan dan dipahami peserta didik

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru memulai pembelajaran langsung dengan penjelasan materi pelajaran
  • Guru menyampaikan materi pelajaran tanpa disesuaikan dengan respon peserta didik
  • Guru mengabaikan respon peserta didik dengan meminta mereka diam menyimak

 

2. Guru melakukan penyesuaian pembelajaran mengacu kondisi, kebutuhan dan karakteristik peserta didik

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru menggunakan strategi pembelajaran berdasarkan hasil asesmen awal/diagnosis
  • Guru melakukan diferensiasi pembelajaran dengan setidaknya dua metode yang berbeda
  • Guru menyediakan dukungan belajar bagi peserta didik yang membutuhkan

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru mengabaikan adanya perbedaan karakteristik, kebutuhan dan kondisi awal peserta
  • Guru menggunakan hanya satu strategi pembelajaran yang dikuasainya
  • Guru menerapkan strategi pembelajaran yang kaku, sebatas menerapkan perangkat ajar

 

3. Guru merefleksikan praktik pembelajaran yang melibatkan peserta didik

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru mengkomunikasikan analisis terhadap hasil asesmen formatif
  • Guru mengkomunikasikan hasil survei umpan balik terhadap praktik pembelajaran
  • Guru memandu diskusi refleksi untuk menilai efektivitas praktik pembelajaran

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru menyangkal umpan balik yang disampaikan oleh peserta didik
  • Guru melakukan asesmen formatif tanpa mengkomunikasikan hasilnya
  • Guru membagikan tugas yang sudah dinilai tanpa ada catatan umpan balik

 

Kepala sekolah dalam melakukan observasi pembelajaran guru di kelas akan membutuhkan sebuah rubrik atau instrument yang sesuai dengan fokus perilaku yang dipilih oleh guru saat melakukan kegiatan observasi pembelajaran di kelas.

 

Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan membantu untuk memberikan contoh file instrumen isian observasi fokus perilaku guru pada indikator Instruksi yang Adaptif. Di dalam instrument yang akan admin bagikan ini telah di jabarkan komponen penilaian dari setiap indikator yang akan di nilai baik yang termasuk pada perilaku yang dianjurkan maupun pada perilaku yang perlu untuk dihindari.

 

Dengan adanya instrumen / rubrik isian observasi fokus perilaku guru pada indikator Instruksi yang Adaptif maka akan memudahkan bagi kepala sekolah atau tim observer dalam melakukan penilaian kepada guru yang akan di observasi selama melakukan pembelajaran di kelas.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan file instrumen isian observasi pembelajaran pada fokus perilaku Instruksi yang Adaptif untuk penilaian kinerja guru di PMM, maka silahkan dapatkan filenya yang telah admin siapkan dalam format word di bawah ini :

 

  • Instrumen Observasi Fokus Perilaku Guru pada Indikator Instruksi yang Adaptif – (DISINI)
  • Instrumen Penilaian Oleh KS pada Indikator Instruksi yang Adaptif – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan mengenai instrumen observasi fokus perilaku guru pada indikator Instruksi yang Adaptif, semoga bisa membantu para kepala sekolah yang akan melakukan observasi pembelajaran guru di sekolah masing-masing sesuai jadwal pelaksanaan obervasi yang telah di sepakati bersama di PMM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel