Instrumen Isian Observasi Fokus Perilaku Instruksi Pembelajaran di PMM

Kherysuryawan.id – Rubrik isian Observasi Guru Fokus Perilaku Instruksi Pembelajaran Untuk Kepala Sekolah .

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang tahapan kegiatan observasi oleh guru yang akan dilaksanakan oleh kepala sekolah untuk melakukan penilaian kinerja guru di PMM.

 


Dalam melakukan observasi, maka kepala sekolah wajib untuk menyiapkan sebuah instrument yang telah berisi point-point yang akan dinilai pada saat guru melakukan praktek pembelajaran di kelas. Dalam setiap fokus perilaku yang akan di nilai oleh kepala sekolah tentunya ada komponen yang akan menjadi patokan penilaian bagi kepala sekolah.

 

Berbicara mengenai observasi maka guru harus dapat menyiapkan semua keperluan yang akan di gunakan saat observasi di kelas sehingga nantinya kepala sekolah bisa melihat kegiatan mengajar guru dan bisa melakukan penilaian sesuai dengan fokus perilaku yang akan di kembangkan oleh masing-masing guru di sekolah.

 

Sebagai informasi bahwa ada 8 indikator observasi pembelajaran yang dapat di pilih oleh guru dalam pelaksanaan observasi pembelajaran.

Berikut 8 Indikator observasi pembelajaran dalam pengelolaan kinerja guru di PMM:

1. Penerapan Disiplin Positif

2. Keteraturan Suasana Kelas

3. Umpan Balik Konstruktif

4. Perhatian dan Kepedulian

5. Ekspektasi pada Peserta Didik

6. Aktivitas Interaktif

7. Instruksi yang Adaptif

8. Instruksi Pembelajaran

 

Bagi guru yang dalam pelaksanaan observasi pembelajaran memilih fokus perilaku Instruksi Pembelajaran, maka tentunya kepala sekolah nantinya akan menilai sesuai dengan point-point yang ada pada fokus perilaku tersebut.

 

Berikut ini komponen penilaian yang ada pada Fokus Perilaku “Instruksi Pembelajaran”

Target Perilaku:

1. Guru memberikan penjelasan yang mudah sesuai pemahaman awal peserta didik

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru menampilkan visualisasi atau ilustrasi yang memudahkan pemahaman peserta didik
  • Guru menjelaskan konsep yang sulit dengan bahasa yang mudah dipahami
  • Guru menjelaskan konsep disesuaikan hasil asesmen awal

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru menampilkan visualisasi atau ilustrasi menarik tapi tidak terkait penjelasannya
  • Guru menjelaskan konsep yang sulit dengan istilah-istilah baru yang sulit dipahami
  • Guru menjelaskan konsep hanya mengacu pada buku /perangkat ajar

 

2. Guru memberikan contoh yang kontekstual dan relevan dengan keseharian peserta didik

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru menjelaskan konsep disertai dengan contoh yang familiar dengan kehidupan peserta didik
  • Guru menjelaskan konsep dikaitkan dengan isu atau topik sehari-hari yang relevan bagi peserta didik
  • Guru memberi kesempatan pada peserta didik berbagi pengalaman yang relevan

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru menjelaskan konsep disertai contoh yang hanya dipahami oleh guru atau orang dewasa
  • Guru menjelaskan konsep tanpa dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari
  • Guru menggunakan contoh yang sama berulang-ulang

 

3. Guru menyampaikan penjelasan secara terstruktur dan logis

PERILAKU YANG DIANJURKAN

  • Guru menjelaskan konsep secara runtut dari tujuan, konsep inti dan kesimpulan
  • Guru menjelaskan materi baru dihubungkan dengan materi sebelumnya
  • Guru memberi penjelasan dan bimbingan langkah demi langkah disertai dengan demonstrasi

PERILAKU YANG DIHINDARI

  • Guru memberi instruksi yang terlalu umum sehingga peserta didik kesulitan mengikuti langkah-langkahnya
  • Guru menjelaskan konsep tidak runtut, melompat-lompat antar topik tanpa menjelaskan keterkaitannya
  • Guru tidak mengulang bagian penting dari penjelasannya

 

Kepala sekolah dalam melakukan observasi pembelajaran guru di kelas akan membutuhkan sebuah rubrik atau instrument yang sesuai dengan fokus perilaku yang dipilih oleh guru saat melakukan kegiatan observasi pembelajaran di kelas.

 

Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan membantu untuk memberikan contoh file instrumen isian observasi fokus perilaku guru pada indikator Instruksi Pembelajaran. Di dalam instrument yang akan admin bagikan ini telah di jabarkan komponen penilaian dari setiap indikator yang akan di nilai baik yang termasuk pada perilaku yang dianjurkan maupun pada perilaku yang perlu untuk dihindari.

 

Dengan adanya instrumen / rubrik isian observasi fokus perilaku guru pada indikator Instruksi Pembelajaran maka akan memudahkan bagi kepala sekolah atau tim observer dalam melakukan penilaian kepada guru yang akan di observasi selama melakukan pembelajaran di kelas.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan file instrumen isian observasi pembelajaran pada fokus perilaku Instruksi Pembelajaran untuk penilaian kinerja guru di PMM, maka silahkan dapatkan filenya yang telah admin siapkan dalam format word di bawah ini :

 

  • Instrumen Observasi Fokus Perilaku Guru pada Indikator Instruksi Pembelajaran – (DISINI)
  • Instrumen Penilaian Oleh KS pada Indikator Instruksi Pembelajaran – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan mengenai instrumen observasi fokus perilaku guru pada indikator Instruksi Pembelajaran, semoga bisa membantu para kepala sekolah yang akan melakukan observasi pembelajaran guru di sekolah masing-masing sesuai jadwal pelaksanaan obervasi yang telah di sepakati bersama di PMM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel