Rangkuman IPAS Kelas 5 Bab 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pelajaran IPAS BAB 7 Daerahku Kebanggaanku Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang isi dari materi yang ada pada mata pelajaran IPAS kelas 5 SD kurikulum merdeka lebih tepatnya materi yang akan di pelajari di semester 2 BAB 7 yang berjudul Daerahku Kebanggaanku.

 

Dalam postingan ini admin telah menyiapkan ringkasan materinya yang tentu saja telah di sesuaikan dengan materi yang ada di BAB 7 Daerahku Kebanggaanku. Adapun materi hasil ringkasan ini merupakan materi yang bersumber dari buku siswa mata pelajaran IPAS kelas 5 SD Kurikulum Merdeka.

 

Sebagai informasi awal bahwasannya pada materi IPAS BAB 7 Daerahku Kebanggaanku yang akan di pelajari di semester 2 kelas 5 kurikulum merdeka ini, nantinya akan ada beberapa tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Diantaranya yaitu sebagai berikut :

 

Tujuan Pembelajaran :

1.     Mengenal warisan budaya dan mengetahui sejarahnya untuk kemudian dikaitkan dengan kehidupan saat ini.

2.     Menelaah kondisi dan aktivitas ekonomi yang terjadi di sekitar tempat tinggal.

 

Baiklah untuk lebih lengkapnya, maka di bawah ini sajian Rangkuman / Ringkasan materi pelajaran IPAS kelas 5 SD Bab 7 “Daerahku Kebanggaanku” yang akan di pelajari di semester 2 kurikulum merdeka.

 

BAB 7 Daerahku Kebanggaanku

Topik A: Seperti Apakah Budaya Daerahku?

Indonesia merupakan negara maritim. Laut merupakan bagian yang menyatukan setiap pulau yang ada di Indonesia. Terlebih setelah manusia menemukan berbagai alat transportasi yang mempermudah aktivitas mereka untuk berpindah tempat.

 

Hal yang sama terjadi saat bangsa asing mulai berdatangan ke Nusantara. Pedagang dari Tionghoa, Arab, India, Portugis, Inggris, dan Belanda juga melakukan interaksi dengan masyarakat Nusantara. Mereka banyak yang tinggal dan menetap lalu memperkenalkan budaya yang mereka bawa dari negara asal. Budaya-budaya tersebut lambat laun diterima oleh masyarakat setempat sehingga memengaruhi budaya lokal dan membentuk budaya yang merupakan percampuran dari keduanya. Proses percampuran dua budaya ini disebut sebagai akulturasi.

 

Jenis Warisan Budaya

Indonesia memiliki berbagai keragaman warisan budaya. Ada dua jenis warisan budaya, yaitu warisan budaya benda dan warisan budaya tak benda.

1.     Warisan budaya benda adalah warisan budaya yang bisa kita lihat dan raba. Contohnya bangunan, pakaian, makanan, senjata tradisional, alat musik, dan alat-alat produksi.

2.     Warisan budaya tak benda adalah warisan budaya yang tidak bisa kita raba, namun bisa kita lihat di sekitar kita. Contohnya musik, tarian, kebiasaan, keterampilan, bahasa, dan adat istiadat.

 

Cara Menjaga Warisan Budaya

Warisan budaya tentu akan rusak, bahkan hilang jika kita tidak menjaganya dengan baik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga warisan budaya tersebut agar kelak masih bisa dinikmati oleh anak cucu kita.

 

Berikut ini beberapa cara menjaga warisan budaya!

Pemugaran Borobudur

Borobudur dibangun pada abad ke-8, yaitu pada masa Kerajaan Mataram Kuno. Kemudian, candi ini ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada abad 19 dalam keadaan rusak parah. Beberapa kali, candi Borobudur berusaha dibersihkan, sebelum akhirnya dilakukan pemugaran pertama pada tahun 1907. Pemugaran berlangsung sampai sekarang untuk mengembalikan keutuhan dan kekuatan candi agar Candi Borobudur dapat kokoh berdiri sampai ratusan tahun ke depan.

 

Yuk, Belajar Silat!

Pencak silat merupakan seni bela diri tradisonal dari berbagai suku di Indonesia dan tersebar melalui kesenian Melayu Nusantara yang kepopulerannya kalah dari bela diri yang berasal dari negara lain, seperti karate dan taekwondo. Untuk mengatasinya, dibuatlah upaya-upaya untuk memunculkan kembali pencak silat di masyarakat, seperti memasukkan pencak silat sebagai pelajaran di sekolah, mendirikan berbagai klub pencak silat, dan mengadakan lomba-lomba tingkat nasional maupun internasional.

 

MATERI INTI TOPIK A :

1.     Ada dua jenis warisan budaya, yaitu warisan budaya benda dan warisan budaya tak benda.

2.     Warisan budaya benda berupa warisan budaya yang bisa kita lihat dan bisa kita raba, seperti gedung, alat musik, dan pakaian adat.

3.     Warisan budaya tak benda adalah warisan budaya yang tidak bisa kita raba, namun bisa kita lihat di sekitar kita, contohnya musik dan tarian.

4.     Warisan budaya bisa terbentuk karena adanya akulturasi dari budaya lain yang masuk ke suatu daerah. Seperti Candi Borobudur yang ada pengaruh dari budaya Hindu-Budha India.

5.     Warisan budaya harus dilestarikan agar tidak rusak atau punah.

6.     Pelestarian warisan budaya dapat dilakukan dengan cara pemugaran dan mempelajari warisan budaya yang ada.

 

Topik B: Kondisi Perekonomian di Daerahku

Aktivitas Ekonomi Masyarakat

Aktivitas ekonomi di masyarakat sangat beragam. Ada pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, perdagangan, jasa, pertambangan, dan perindustrian. Ada yang bekerja di perkantoran, bank, sawah, ladang, tempat-tempat perbelanjaan, pabrik, pelabuhan, dan tempat lainnya.

 

SDA dan Jenis Aktivitas Ekonomi

Kondisi geografis dan sumber daya yang dimiliki suatu tempat akan sangat berpengaruh kepada jenis aktivitas perekonomian masyarakatnya. Semakin banyak sumber daya yang dimiliki maka semakin mudah pula pemenuhan kebutuhan masyarakatnya. Jika kondisinya berlimpah, sumber daya tersebut akan didistribusikan ke daerah-daerah lain. Sebaliknya, jika di daerah setempat sumber daya yang diperlukan tidak tersedia atau sedikit maka sumber daya tersebut akan didatangkan dari tempat lain. Dengan demikian semua kebutuhan masyarakat setempat dapat terpenuhi.

 

Saat suatu barang kebutuhan masyarakat dapat diproduksi di daerah sendiri menggunakan sumber daya alam yang ada maka barang tersebut dapat dikatakan sebagai barang asli atau barang khas daerah tersebut. Jika produksinya memiliki kualitas unggul maka akan menjadi produk kebanggaan daerah.

 

Faktor Pendukung Kondisi Perekonomian Daerah

Selain kondisi geografis dan kesediaan sumber daya, faktor lain yang mendukung kondisi perekonomian di suatu daerah diantaranya yaitu :

1.       Bangunan, jembatan, dan jalan (infrastruktur)

2.       Teknologi

3.       Sumber Daya Manusia

 

MATERI INTI TOPIK B :

1.     Aktivitas ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

2.     Aktivitas ekonomi masyarakat terdiri atas bidang pertanian, perkebunan, perikanan, industri, peternakan, perdagangan, jasa, dan pertambangan.

3.     Aktivitas ekonomi di suatu daerah bergantung pada kondisi geografis, sumber daya alam, sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana yang ada di daerah tersebut.

4.     Aktivitas ekonomi memengaruhi kondisi perekonomian di suatu daerah.

5.     Sumber daya manusia yang berkualitas sangat membantu meningkatkan kondisi perekonomian di suatu daerah.

 

Topik C: Wah, Ternyata Daerahku Luar Biasa!

Produk Unggulan Daerah

Saat kita berwisata ke kota lain, seringkali kita membeli oleh-oleh ketika hendak pulang. Biasanya, oleh-oleh yang kita beli merupakan ciri khas daerah tersebut, baik itu berupa makanan ataupun barang. Makanan atau barang yang dijadikan oleh-oleh merupakan contoh produksi unggulan daerah.

 

Setiap produk unggulan daerah memiliki kekhasan tersendiri. Hal ini yang kerap kali membuat kita selalu menghubungkan kota yang kita kunjungi dengan makanan atau barang yang menjadi ciri khasnya. Di daerah asalnya produk tersebut sudah sangat terkenal, entah karena rasanya yang enak, barangnya yang unik dan sangat mencirikan kekhasan daerah, ataupun tempatnya yang sangat bagus.

 

Produk Indonesia yang Mendunia

Indonesia memiliki berbagai produk yang mendunia. Berikut beberapa produk Indonesia yang mendunia.

Rendang

Ternyata, makanan khas Minangkabau ini tidak hanya terkenal di seluruh Indonesia, tetapi juga dikenal di banyak negara di dunia. Rendang mulai dikenal melalui wisatawan mancanegara yang datang ke Minangkabau. Melalui mereka, rendang mulai dikenal di luar negeri. Bahkan, rendang pun akhirnya dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia versi CNN.

 

Gamelan

Ternyata, sekumpulan alat musik tradisional ini sudah dikenal luas di seluruh dunia. Banyak orang asing yang khusus datang untuk belajar memainkan gamelan. Bahkan, gamelan juga banyak dipelajari di sekolah-sekolah dan universitas-universitas di luar negeri. Alat musik ini juga menjadi mata kuliah yang diajarkan para mahasiswanya, seperti di University of Sydney-Australia.

 

MATERI INTI TOPIK C :

1.     Setiap daerah memiliki ciri khas dan keistimewaan atau keunggulan baik itu berupa hasil warisan budaya, sumber daya alam, atau produk hasil daerah.

2.     Ciri khas, keistimewaan atau keunggulan tersebut membuat daerah yang memilikinya dikenal masyarakat.

3.     Meningkatkan kualitas produk akan membuat produk tersebut menjadi produk unggulan.

4.     Memperkenalkan hasil budaya, keunggulan sumber daya alam, dan produk-produk unggulan daerah dapat dilakukan dengan melakukan promosi ke berbagai daerah dan negara,

5.     Rendang, gamelan, dan batik merupakan contoh produk daerah unggulan yang banyak dikenal di mancanegara.

 

👉👉 MATERI DAN RANGKUMAN IPAS KELAS 5 SD BAB LAINNYA KURIKULUM MERDEKA - (DISINI)


Demikianlah informasi yang bisa admin sajikan mengenai ringkasan atau rangkuman materi pelajaran IPAS kelas 5 Bab 7 “Daerahku Kebanggaanku”. Semoga dengan sajian materi yang telah di sediakan melalui artikel ini bisa membantu rekan pendidik maupun peserta didik dalam memperolah bahan pembelajaran yang diharapkan.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel