Kisi-Kisi TKA Bahasa Indonesia SMA/SMK Tahun 2025/2026
Kherysuryawan.id – Kisi-Kisi Tes Kemampuan Akademik (TKA) Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/SMK Terbaru Tahun 2025/2026.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat
berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan
memberikan informasi seputar pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik yang akan
segera di mulai di masing-masing satuan pendidikan mulai dari jenjang SD, SMP
hingga SMA/SMK.
Tes Kemampuan Akademik atau yang biasa di singkat dengan
TKA akan di ikuti oleh siswa-siswi yang berada di tingkat akhir. Sebagai contoh
untuk jenjang SMA/SMK maka siswa-siswi yang akan mengikuti ialah siswa-siswi yang
berada di kelas 12 SMA/SMK. TKA menjadi sebuah tes/ujian yang sangat penting
bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikannya ke tahap jenjang berikutnya.
Tes Kemampuan Akademik (TKA) bukanlah evaluasi untuk
menentukan kelulusan siswa dari satuan pendidikan. Evaluasi penentuan kelulusan
siswa tetap menjadi kewenangan pendidik dan satuan pendidikan. Karena itu tidak
semua mata pelajaran yang ada dalam kurikulum menjadi mata uji dalam Tes
Kemampuan Akademik (TKA).
Seperti pada jenjang SMA/SMK nantinya mata pelajaran yang
akan di ujikan ada 3 mata pelajaran wajib, yakni mata pelajaran Bahasa
Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris. Khusus untuk mata pelajaran Bahasa
Indonesia, para peserta dalam hal ini murid yang akan mengikuti Tes Kemampuan
Akademik (TKA) maka harus bisa mempersiapkan diri dengan baik agar nantinya
bisa mengikuti ujian TKA dengan baik sehingga bisa mendapatkan hasil yang
sesuai dengan harapan.
Salah satu cara terbaik dalam mempersiapkan diri sebelum
mengikuti Tes Kemampuan Akademik (TKA) khusus bagi peserta jenjang SMA/SMK maka
hal pertama yang harus di lakukan ialah mengetahui kisi-kisi materi yang akan
di ujikan pada pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik (TKA) nantinya. Melalui postingan
ini admin telah menyiapkan salah satu kisi-kisi TKA untuk jenjang SMA/SMK yakni
untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Kisi-kisi TKA Bahasa Indonesia jenjang SMA/SMK yang akan
admin jabarkan disini dapat dijadikan sebagai acuan atau dasar bagi murid dalam
belajar sehingga bisa mempersiapkan diri dengan baik saat mengikuti Tes
Kemampuan Akademik (TKA) nantinya. Seluruh kisi-kisi Tes Kemampuan Akademik (TKA)
untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMA/SMK ini telah sesuai dengan panduan
tentang kerangka asesmen Tes Kemampuan Akademik yang di tetapkan oleh
kementerian pendidikan.
Baiklah untuk anda yang ingin mengetahui apa saja muatan
dan kompetensi yang masuk sebagai kisi-kisi TKA pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia jenjang SMA/SMK, maka silahkan lihat penjabaran kisi-kisi nya di
bawah ini :
KISI-KISI TKA BAHASA INDONESIA SMA/SMK TERBARU
Muatan dan kompetensi yang diukur dalam TKA Bahasa Indonesia SMA dirangkum dalam tabel berikut:
Muatan
Keterampilan membaca diujikan pada dua jenis teks, yaitu
teks informasi tunggal maupun jamak, serta teks fiksi.
- Teks informasi dapat berbentuk tunggal maupun jamak, dan merupakan teks yang berisi fakta, konsep, prosedur, dan metakognisi dari berbagai bidang atau topik, genre, dan konteks pada skala lokal, nasional, dan global.
- Teks fiksi dapat berupa realisme atau absurd, dengan latar cerita konkret atau abstrak, tokoh dengan karakter bulat, konflik tunggal atau jamak dengan penyelesaian terbuka, alur campuran, dan sudut pandang campuran.
Teks yang digunakan TKA memiliki karakteristik kosakata,
kalimat, dan wacana tertentu.
- Karakteristik kosakata: kata khusus dan kata umum, kata berimbuhan kompleks, kata abstrak, makna denotatif, istilah teknis, konotatif konteks luas;
- Karakteristik kalimat: 8-12 kata kata per kalimat, dengan kalimat kompleks berbagai pola dan kalimat inversi;
- Karakteristik wacana: konjungsi antarparagraf makna ‘pertentangan’ dan ‘sebab akibat’, dan tanda baca untuk mendukung ungkapan dan makna, dengan panjang teks 250–300 kata (kecuali teks puisi).
Kompetensi
Aspek keterampilan membaca yang diukur adalah:
- mengidentifikasi informasi tersurat dalam teks;
- menyusun ulang, mengelompokkan, membuat ikhtisar, dan menyajikan kembali informasi tersurat dalam teks;
- mengidentifikasi dan menyimpulkan informasi tersirat dalam teks;
- menilai gagasan, fakta, atau opini dalam teks; dan
- menanggapi isi teks, mengidentifikasi diri dengan tokoh atau kejadian, dan menanggapi bahasa penulis dalam teks.
Aspek-aspek tersebut dikelompokkan ke dalam tiga
kompetensi, yaitu:
- pemahaman tekstual, yaitu kemampuan untuk memahami informasi yang dikemukakan secara eksplisit, mengelompokkan, menyusun ulang, dan menyajikan kembali informasi secara eksplisit dari teks;
- pemahaman inferensial, yaitu kemampuan untuk menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang tersirat dalam teks; dan
- evaluasi dan apresiasi, yaitu kemampuan untuk membuat penilaian terhadap ide, menanggapi teks secara emosional dan estetis dengan mempertimbangkan dampaknya terhadap perasaan, imajinasi, serta penggunaan bahasa oleh penulis.
Tabel berikut menjabarkan subkompetensi yang terkandung
dalam masing-masing kompetensi:
|
NO |
KOMPETENSI |
SUBKOMPETENSI |
|
1 |
Pemahaman Tekstual |
Mengidentifikasi penggunaan kata serapan dari bahasa daerah/asing
dalam berbagai bidang. |
|
Mengidentifikasi latar, karakter, dan/atau fenomena berdasarkan
kosakata yang digunakan dalam teks fiksi atau nonfiksi. |
||
|
Menyusun kerangka atau bagan berdasarkan bagian-bagian penting dalam
teks. |
||
|
2 |
Pemahaman Inferensial |
Menyimpulkan ide pokok, gagasan pendukung, tokoh, peristiwa, latar,
konflik, atau nilai-nilai dalam teks. |
|
Menjelaskan hubungan makna antarkalimat dan/atau antarparagraf dalam
teks. |
||
|
Memprediksi lanjutan atau akhir uraian/cerita berdasarkan bagian
tertentu dalam teks. |
||
|
3 |
Evaluasi dan Apresiasi |
Menilai relevansi peristiwa dalam teks dengan kehidupan sehari-hari. |
|
Menilai keakuratan, kesesuaian, kecukupan, atau ketepatan informasi
dalam teks. |
||
|
Menilai ketepatan dan kesesuaian penggunaan bahasa dalam teks. |
||
|
Menilai ketepatan bagian teks untuk menggambarkan karakter,
peristiwa, atau latar dalam teks fiksi. |
||
|
Menyimpulkan respons emosional terhadap unsur puisi, prosa, dan
drama. |
Demikianlah informasi mengenai kisi-kisi Tes Kemampuan
Akademik (TKA) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMA/SMK, semoga
apa yang telah admin sampaikan ini dapat menjadi referensi bagi guru SMA/SMK
maupun bagi seluruh murid jenjang SMA/SMK khususnya yang saat ini akan
mengikuti TKA , dan semmoga bisa mendapatkan nilai yang baik sesuai harapan
masing-masing.