Kisi-Kisi TKA Bahasa Indonesia SMA/SMK Tahun 2025/2026

Kherysuryawan.id – Kisi-Kisi Tes Kemampuan Akademik (TKA) Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/SMK Terbaru Tahun 2025/2026.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi seputar pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik yang akan segera di mulai di masing-masing satuan pendidikan mulai dari jenjang SD, SMP hingga SMA/SMK.

 


Tes Kemampuan Akademik atau yang biasa di singkat dengan TKA akan di ikuti oleh siswa-siswi yang berada di tingkat akhir. Sebagai contoh untuk jenjang SMA/SMK maka siswa-siswi yang akan mengikuti ialah siswa-siswi yang berada di kelas 12 SMA/SMK. TKA menjadi sebuah tes/ujian yang sangat penting bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikannya ke tahap jenjang berikutnya.

 

Tes Kemampuan Akademik (TKA) bukanlah evaluasi untuk menentukan kelulusan siswa dari satuan pendidikan. Evaluasi penentuan kelulusan siswa tetap menjadi kewenangan pendidik dan satuan pendidikan. Karena itu tidak semua mata pelajaran yang ada dalam kurikulum menjadi mata uji dalam Tes Kemampuan Akademik (TKA).

 

Seperti pada jenjang SMA/SMK nantinya mata pelajaran yang akan di ujikan ada 3 mata pelajaran wajib, yakni mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris. Khusus untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, para peserta dalam hal ini murid yang akan mengikuti Tes Kemampuan Akademik (TKA) maka harus bisa mempersiapkan diri dengan baik agar nantinya bisa mengikuti ujian TKA dengan baik sehingga bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

 

Salah satu cara terbaik dalam mempersiapkan diri sebelum mengikuti Tes Kemampuan Akademik (TKA) khusus bagi peserta jenjang SMA/SMK maka hal pertama yang harus di lakukan ialah mengetahui kisi-kisi materi yang akan di ujikan pada pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik (TKA) nantinya. Melalui postingan ini admin telah menyiapkan salah satu kisi-kisi TKA untuk jenjang SMA/SMK yakni untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.

 

Kisi-kisi TKA Bahasa Indonesia jenjang SMA/SMK yang akan admin jabarkan disini dapat dijadikan sebagai acuan atau dasar bagi murid dalam belajar sehingga bisa mempersiapkan diri dengan baik saat mengikuti Tes Kemampuan Akademik (TKA) nantinya. Seluruh kisi-kisi Tes Kemampuan Akademik (TKA) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMA/SMK ini telah sesuai dengan panduan tentang kerangka asesmen Tes Kemampuan Akademik yang di tetapkan oleh kementerian pendidikan.

 

Baiklah untuk anda yang ingin mengetahui apa saja muatan dan kompetensi yang masuk sebagai kisi-kisi TKA pada mata pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMA/SMK, maka silahkan lihat penjabaran kisi-kisi nya di bawah ini :

 

KISI-KISI TKA BAHASA INDONESIA SMA/SMK TERBARU

Muatan dan kompetensi yang diukur dalam TKA Bahasa Indonesia SMA dirangkum dalam tabel berikut:


Muatan

Keterampilan membaca diujikan pada dua jenis teks, yaitu teks informasi tunggal maupun jamak, serta teks fiksi.

  • Teks informasi dapat berbentuk tunggal maupun jamak, dan merupakan teks yang berisi fakta, konsep, prosedur, dan metakognisi dari berbagai bidang atau topik, genre, dan konteks pada skala lokal, nasional, dan global.
  • Teks fiksi dapat berupa realisme atau absurd, dengan latar cerita konkret atau abstrak, tokoh dengan karakter bulat, konflik tunggal atau jamak dengan penyelesaian terbuka, alur campuran, dan sudut pandang campuran.

 

Teks yang digunakan TKA memiliki karakteristik kosakata, kalimat, dan wacana tertentu.

  • Karakteristik kosakata: kata khusus dan kata umum, kata berimbuhan kompleks, kata abstrak, makna denotatif, istilah teknis, konotatif konteks luas;
  • Karakteristik kalimat: 8-12 kata kata per kalimat, dengan kalimat kompleks berbagai pola dan kalimat inversi;
  • Karakteristik wacana: konjungsi antarparagraf makna ‘pertentangan’ dan ‘sebab akibat’, dan tanda baca untuk mendukung ungkapan dan makna, dengan panjang teks 250–300 kata (kecuali teks puisi).

 

Kompetensi

Aspek keterampilan membaca yang diukur adalah:

  • mengidentifikasi informasi tersurat dalam teks;
  • menyusun ulang, mengelompokkan, membuat ikhtisar, dan menyajikan kembali informasi tersurat dalam teks;
  • mengidentifikasi dan menyimpulkan informasi tersirat dalam teks;
  • menilai gagasan, fakta, atau opini dalam teks; dan
  • menanggapi isi teks, mengidentifikasi diri dengan tokoh atau kejadian, dan menanggapi bahasa penulis dalam teks.

 

Aspek-aspek tersebut dikelompokkan ke dalam tiga kompetensi, yaitu:

  • pemahaman tekstual, yaitu kemampuan untuk memahami informasi yang dikemukakan secara eksplisit, mengelompokkan, menyusun ulang, dan menyajikan kembali informasi secara eksplisit dari teks;
  • pemahaman inferensial, yaitu kemampuan untuk menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang tersirat dalam teks; dan
  • evaluasi dan apresiasi, yaitu kemampuan untuk membuat penilaian terhadap ide, menanggapi teks secara emosional dan estetis dengan mempertimbangkan dampaknya terhadap perasaan, imajinasi, serta penggunaan bahasa oleh penulis.

 

Tabel berikut menjabarkan subkompetensi yang terkandung dalam masing-masing kompetensi:

NO

KOMPETENSI

SUBKOMPETENSI

1

Pemahaman Tekstual

Mengidentifikasi penggunaan kata serapan dari bahasa daerah/asing dalam berbagai bidang.

Mengidentifikasi latar, karakter, dan/atau fenomena berdasarkan kosakata yang digunakan dalam teks fiksi atau nonfiksi.

Menyusun kerangka atau bagan berdasarkan bagian-bagian penting dalam teks.

2

Pemahaman Inferensial

Menyimpulkan ide pokok, gagasan pendukung, tokoh, peristiwa, latar, konflik, atau nilai-nilai dalam teks.

Menjelaskan hubungan makna antarkalimat dan/atau antarparagraf dalam teks.

Memprediksi lanjutan atau akhir uraian/cerita berdasarkan bagian tertentu dalam teks.

3

Evaluasi dan Apresiasi

Menilai relevansi peristiwa dalam teks dengan kehidupan sehari-hari.

Menilai keakuratan, kesesuaian, kecukupan, atau ketepatan informasi dalam teks.

Menilai ketepatan dan kesesuaian penggunaan bahasa dalam teks.

Menilai ketepatan bagian teks untuk menggambarkan karakter, peristiwa, atau latar dalam teks fiksi.

Menyimpulkan respons emosional terhadap unsur puisi, prosa, dan drama.

 

Demikianlah informasi mengenai kisi-kisi Tes Kemampuan Akademik (TKA) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMA/SMK, semoga apa yang telah admin sampaikan ini dapat menjadi referensi bagi guru SMA/SMK maupun bagi seluruh murid jenjang SMA/SMK khususnya yang saat ini akan mengikuti TKA , dan semmoga bisa mendapatkan nilai yang baik sesuai harapan masing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel