Kisi-Kisi TKA Bahasa Inggris SMA/SMK Tahun 2025/2026

Kherysuryawan.id – Kisi-Kisi Tes Kemampuan Akademik (TKA) Bahasa Inggris Kelas 12 SMA/SMK Terbaru Tahun 2025/2026.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi seputar pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik yang akan segera di mulai di masing-masing satuan pendidikan mulai dari jenjang SD, SMP hingga SMA/SMK.

 


Tes Kemampuan Akademik atau yang biasa di singkat dengan TKA akan di ikuti oleh siswa-siswi yang berada di tingkat akhir. Sebagai contoh untuk jenjang SMA/SMK maka siswa-siswi yang akan mengikuti ialah siswa-siswi yang berada di kelas 12 SMA/SMK. TKA menjadi sebuah tes/ujian yang sangat penting bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikannya ke tahap jenjang berikutnya.

 

Tes Kemampuan Akademik (TKA) bukanlah evaluasi untuk menentukan kelulusan siswa dari satuan pendidikan. Evaluasi penentuan kelulusan siswa tetap menjadi kewenangan pendidik dan satuan pendidikan. Karena itu tidak semua mata pelajaran yang ada dalam kurikulum menjadi mata uji dalam Tes Kemampuan Akademik (TKA).

 

Seperti pada jenjang SMA/SMK nantinya mata pelajaran yang akan di ujikan ada 3 mata pelajaran wajib, yakni mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika dan Bahasa Indonesia. Khusus untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, para peserta dalam hal ini murid yang akan mengikuti Tes Kemampuan Akademik (TKA) maka harus bisa mempersiapkan diri dengan baik agar nantinya bisa mengikuti ujian TKA dengan baik sehingga bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

 

Salah satu cara terbaik dalam mempersiapkan diri sebelum mengikuti Tes Kemampuan Akademik (TKA) khusus bagi peserta jenjang SMA/SMK maka hal pertama yang harus di lakukan ialah mengetahui kisi-kisi materi yang akan di ujikan pada pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik (TKA) nantinya. Melalui postingan ini admin telah menyiapkan salah satu kisi-kisi TKA untuk jenjang SMA/SMK yakni untuk mata pelajaran Bahasa Inggris.

 

Kisi-kisi TKA Bahasa Inggris jenjang SMA/SMK yang akan admin jabarkan disini dapat dijadikan sebagai acuan atau dasar bagi murid dalam belajar sehingga bisa mempersiapkan diri dengan baik saat mengikuti Tes Kemampuan Akademik (TKA) nantinya. Seluruh kisi-kisi Tes Kemampuan Akademik (TKA) untuk mata pelajaran Bahasa Inggris jenjang SMA/SMK ini telah sesuai dengan panduan tentang kerangka asesmen Tes Kemampuan Akademik yang di tetapkan oleh kementerian pendidikan.

 

Baiklah untuk anda yang ingin mengetahui apa saja muatan dan kompetensi yang masuk sebagai kisi-kisi TKA pada mata pelajaran Bahasa Inggris jenjang SMA/SMK, maka silahkan lihat penjabaran kisi-kisi nya di bawah ini :

 

KISI-KISI TKA BAHASA INGGRIS SMA/SMK TERBARU

TKA Bahasa Inggris mengukur keterampilan membaca beragam jenis teks berbahasa Inggris dalam berbagai situasi komunikasi sehari hari, vokasional, dan akademik.

 

Muatan

Muatan TKA Bahasa Inggris merupakan irisan jenis teks, konteks komunikasi, topik, dan kompleksitas teks pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Terkait jenis teks, TKA menggunakan teks descriptive, recount, narrative, procedure, dan analytical exposition. Terkait konteks komunikasi, TKA menggunakan teks yang menggambarkan komunikasi sehari-hari, di tempat kerja, dan akademik secara proporsional. Terkait topik, TKA menggunakan teks dengan topik yang merupakan gabungan topik-topik pada kedua kurikulum, namun menghindari kosakata teknis yang terlampau jarang digunakan dalam komunikasi.

 

Kompleksitas teks dalam TKA Bahasa Inggris disesuaikan dengan tingkat kemahiran yang ingin dicapai dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Kedua kurikulum menginginkan murid memiliki kemahiran pada tingkat intermediate atau B1 dalam Common European Framework of Reference for Languages (CEFR). Karena itu TKA Bahasa Inggris menggunakan teks dengan kompleksitas tingkat B1 dengan karakteristik sebagai berikut:

  • panjang sekitar 250–350 kata
  • menggunakan kosakata berfrekuensi tinggi (hingga 3000 kata)
  • menggunakan struktur kalimat sederhana serta kompleks
  • menggunakan konteks sehari-hari, vokasional, dan akademik dasar yang berkaitan dengan minat, pengalaman, dan kebutuhan informasi umum dengan tingkat pemahaman yang baik.

 

Mengingat bahwa sebagian peserta tes memiliki tingkat kemampuan di bawah B1, TKA Bahasa Inggris juga menggunakan teks dengan kompleksitas tingkat A2. Teks A2 memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • panjang sekitar 200–300 kata,
  • menggunakan kosakata berfrekuensi tinggi (hingga 2000 kata),
  • menggunakan struktur kalimat sederhana dan beberapa bentuk majemuk dasar, dan
  • menggambarkan konteks kehidupan sehari-hari dan vokasional yang berkaitan dengan hal-hal konkret dan dikenal dengan tingkat pemahaman yang memadai.

 

Kompetensi

TKA Bahasa Inggris mencakup tiga level kompetensi dalam keterampilan membaca, yaitu pemahaman tekstual, pemahaman inferensial, serta evaluasi dan apresiasi.


Berikut disajikan level-level kompetensi tersebut beserta sub-sub-kompetensi untuk setiap level.

NO

KOMPETENSI

SUBKOMPETENSI

1

Pemahaman Tekstual:

mampu memahami informasi yang eksplisit, mengelompokkan, menyusun ulang, dan menyajikan kembali informasi eksplisit dari teks

Menemukan/mengidentifikasi Informasi: mampu menemukan atau mengidentifikasi informasi penting yang disebutkan secara eksplisit dalam teks.

Mengklasifikasi: mampu mengelompokkan orang, benda, tempat, atau peristiwa dalam teks berdasarkan kategori tertentu.

Membuat kerangka: mampu menyusun poin-poin utama dari teks dalam bentuk kerangka atau daftar.

Meringkas: mampu menyajikan kembali isi teks secara ringkas dengan mengutip bagian penting.

Mensintesis: Subkompetensi mampu menggabungkan informasi dari sumber lain untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang suatu isu atau topik.

2

Pemahaman Inferensial: 

mampu menarik kesimpulan berdasarkan informasi tersirat dalam teks, pengalaman pribadi, serta intuisi untuk memahami isi teks

Menyimpulkan detail pendukung: mampu menentukan fakta tambahan yang membuat teks lebih informatif, menarik, atau persuasif.

Menyimpulkan topik, ide pokok/gagasan utama, makna, target pembaca, tujuan penulisan teks, atau pesan moral yang tidak secara eksplisit dinyatakan dalam teks.

Menyimpulkan urutan kejadian: mampu memperkirakan isi selanjutnya dari teks.

Menyimpulkan perbandingan: mampu menyimpulkan persamaan atau perbedaan antara tokoh, waktu, tempat, benda, atau gagasan dalam teks.

Menyimpulkan hubungan sebab-akibat: mampu menafsirkan hubungan/kaitan antara gagasan/tindakan satu dan lainnya yang dinyatakan dalam teks.

Menyimpulkan karakter tokoh: mampu menyimpulkan sifat atau kepribadian tokoh berdasarkan petunjuk eksplisit dalam teks.

Memprediksi hasil cerita: mampu memprediksi akhir cerita setelah membaca bagian awal.

3

Evaluasi dan Apresiasi: 

mampu membuat penilaian terhadap ide, menanggapi teks secara emosional dan estetis dengan mempertimbangkan dampaknya terhadap perasaan, imajinasi, serta penggunaan bahasa oleh penulis

Menilai realitas atau fantasi: mampu menganalisis peristiwa dalam teks dapat terjadi dalam kehidupan nyata berdasarkan pengalaman dan pengetahuan pribadi.

Menilai fakta atau opini: mampu menilai fakta/opini yang diberikan penulis untuk mendukung pendapatnya berdasarkan bukti atau sekadar berusaha mempengaruhi pembaca.

Menilai kecukupan dan validitas informasi: Menilai kesesuaian, kelengkapan, keakuratan informasi dalam teks (dengan membandingkannya dengan sumber lain).

Menilai kesesuaian: mampu menentukan bagian teks yang paling sesuai untuk menggambarkan karakter utama atau aspek lain dari bacaan.

Menanggapi isi teks: mampu mengungkapkan perasaan/kesan/pendapat terhadap bacaan, seperti ketertarikan, kebosanan, kegembiraan, ketakutan, kebencian, atau kesenangan.

 

Demikianlah informasi mengenai kisi-kisi Tes Kemampuan Akademik (TKA) untuk mata pelajaran Bahasa Inggris jenjang SMA/SMK, semoga apa yang telah admin sampaikan ini dapat menjadi referensi bagi guru SMA/SMK maupun bagi seluruh murid jenjang SMA/SMK khususnya yang saat ini akan mengikuti TKA , dan semmoga bisa mendapatkan nilai yang baik sesuai harapan masing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel