Kisi-Kisi TKA Bahasa Inggris SMA/SMK Tahun 2025/2026
Kherysuryawan.id – Kisi-Kisi Tes Kemampuan Akademik (TKA) Bahasa Inggris Kelas 12 SMA/SMK Terbaru Tahun 2025/2026.
Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat
berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan
memberikan informasi seputar pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik yang akan
segera di mulai di masing-masing satuan pendidikan mulai dari jenjang SD, SMP
hingga SMA/SMK.
Tes Kemampuan Akademik atau yang biasa di singkat dengan
TKA akan di ikuti oleh siswa-siswi yang berada di tingkat akhir. Sebagai contoh
untuk jenjang SMA/SMK maka siswa-siswi yang akan mengikuti ialah siswa-siswi yang
berada di kelas 12 SMA/SMK. TKA menjadi sebuah tes/ujian yang sangat penting
bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikannya ke tahap jenjang berikutnya.
Tes Kemampuan Akademik (TKA) bukanlah evaluasi untuk
menentukan kelulusan siswa dari satuan pendidikan. Evaluasi penentuan kelulusan
siswa tetap menjadi kewenangan pendidik dan satuan pendidikan. Karena itu tidak
semua mata pelajaran yang ada dalam kurikulum menjadi mata uji dalam Tes
Kemampuan Akademik (TKA).
Seperti pada jenjang SMA/SMK nantinya mata pelajaran yang
akan di ujikan ada 3 mata pelajaran wajib, yakni mata pelajaran Bahasa Inggris,
Matematika dan Bahasa Indonesia. Khusus untuk mata pelajaran Bahasa Inggris,
para peserta dalam hal ini murid yang akan mengikuti Tes Kemampuan Akademik (TKA)
maka harus bisa mempersiapkan diri dengan baik agar nantinya bisa mengikuti
ujian TKA dengan baik sehingga bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan
harapan.
Salah satu cara terbaik dalam mempersiapkan diri sebelum
mengikuti Tes Kemampuan Akademik (TKA) khusus bagi peserta jenjang SMA/SMK maka
hal pertama yang harus di lakukan ialah mengetahui kisi-kisi materi yang akan
di ujikan pada pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik (TKA) nantinya. Melalui postingan
ini admin telah menyiapkan salah satu kisi-kisi TKA untuk jenjang SMA/SMK yakni
untuk mata pelajaran Bahasa Inggris.
Kisi-kisi TKA Bahasa Inggris jenjang SMA/SMK yang akan
admin jabarkan disini dapat dijadikan sebagai acuan atau dasar bagi murid dalam
belajar sehingga bisa mempersiapkan diri dengan baik saat mengikuti Tes
Kemampuan Akademik (TKA) nantinya. Seluruh kisi-kisi Tes Kemampuan Akademik (TKA)
untuk mata pelajaran Bahasa Inggris jenjang SMA/SMK ini telah sesuai dengan panduan
tentang kerangka asesmen Tes Kemampuan Akademik yang di tetapkan oleh
kementerian pendidikan.
Baiklah untuk anda yang ingin mengetahui apa saja muatan
dan kompetensi yang masuk sebagai kisi-kisi TKA pada mata pelajaran Bahasa
Inggris jenjang SMA/SMK, maka silahkan lihat penjabaran kisi-kisi nya di bawah
ini :
KISI-KISI TKA BAHASA INGGRIS SMA/SMK TERBARU
TKA Bahasa Inggris mengukur keterampilan membaca beragam
jenis teks berbahasa Inggris dalam berbagai situasi komunikasi sehari hari,
vokasional, dan akademik.
Muatan
Muatan TKA Bahasa Inggris merupakan irisan jenis teks,
konteks komunikasi, topik, dan kompleksitas teks pada Kurikulum 2013 dan
Kurikulum Merdeka. Terkait jenis teks, TKA menggunakan teks descriptive,
recount, narrative, procedure, dan analytical exposition. Terkait konteks
komunikasi, TKA menggunakan teks yang menggambarkan komunikasi sehari-hari, di
tempat kerja, dan akademik secara proporsional. Terkait topik, TKA menggunakan
teks dengan topik yang merupakan gabungan topik-topik pada kedua kurikulum,
namun menghindari kosakata teknis yang terlampau jarang digunakan dalam
komunikasi.
Kompleksitas teks dalam TKA Bahasa Inggris disesuaikan
dengan tingkat kemahiran yang ingin dicapai dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum
Merdeka. Kedua kurikulum menginginkan murid memiliki kemahiran pada tingkat
intermediate atau B1 dalam Common European Framework of Reference for Languages
(CEFR). Karena itu TKA Bahasa Inggris menggunakan teks dengan kompleksitas
tingkat B1 dengan karakteristik sebagai berikut:
- panjang sekitar 250–350 kata
- menggunakan kosakata berfrekuensi tinggi (hingga 3000 kata)
- menggunakan struktur kalimat sederhana serta kompleks
- menggunakan konteks sehari-hari, vokasional, dan akademik dasar yang berkaitan dengan minat, pengalaman, dan kebutuhan informasi umum dengan tingkat pemahaman yang baik.
Mengingat bahwa sebagian peserta tes memiliki tingkat
kemampuan di bawah B1, TKA Bahasa Inggris juga menggunakan teks dengan
kompleksitas tingkat A2. Teks A2 memiliki karakteristik sebagai berikut:
- panjang sekitar 200–300 kata,
- menggunakan kosakata berfrekuensi tinggi (hingga 2000 kata),
- menggunakan struktur kalimat sederhana dan beberapa bentuk majemuk dasar, dan
- menggambarkan konteks kehidupan sehari-hari dan vokasional yang berkaitan dengan hal-hal konkret dan dikenal dengan tingkat pemahaman yang memadai.
Kompetensi
TKA Bahasa Inggris mencakup tiga level kompetensi dalam
keterampilan membaca, yaitu pemahaman tekstual, pemahaman inferensial, serta
evaluasi dan apresiasi.
Berikut disajikan level-level kompetensi tersebut beserta
sub-sub-kompetensi untuk setiap level.
|
NO |
KOMPETENSI |
SUBKOMPETENSI |
|
1 |
Pemahaman Tekstual: mampu memahami informasi yang eksplisit, mengelompokkan, menyusun
ulang, dan menyajikan kembali informasi eksplisit dari teks |
Menemukan/mengidentifikasi Informasi: mampu menemukan atau
mengidentifikasi informasi penting yang disebutkan secara eksplisit dalam
teks. |
|
Mengklasifikasi: mampu mengelompokkan orang, benda, tempat, atau
peristiwa dalam teks berdasarkan kategori tertentu. |
||
|
Membuat kerangka: mampu menyusun poin-poin utama dari teks dalam bentuk
kerangka atau daftar. |
||
|
Meringkas: mampu menyajikan kembali isi teks secara ringkas dengan
mengutip bagian penting. |
||
|
Mensintesis: Subkompetensi mampu menggabungkan informasi dari sumber
lain untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang suatu isu
atau topik. |
||
|
2 |
Pemahaman Inferensial: mampu menarik kesimpulan berdasarkan informasi
tersirat dalam teks, pengalaman pribadi, serta intuisi untuk memahami isi
teks |
Menyimpulkan detail pendukung: mampu menentukan fakta tambahan yang
membuat teks lebih informatif, menarik, atau persuasif. |
|
Menyimpulkan topik, ide pokok/gagasan utama, makna, target pembaca,
tujuan penulisan teks, atau pesan moral yang tidak secara eksplisit
dinyatakan dalam teks. |
||
|
Menyimpulkan urutan kejadian: mampu memperkirakan isi selanjutnya
dari teks. |
||
|
Menyimpulkan perbandingan: mampu menyimpulkan persamaan atau
perbedaan antara tokoh, waktu, tempat, benda, atau gagasan dalam teks. |
||
|
Menyimpulkan hubungan sebab-akibat: mampu menafsirkan hubungan/kaitan
antara gagasan/tindakan satu dan lainnya yang dinyatakan dalam teks. |
||
|
Menyimpulkan karakter tokoh: mampu menyimpulkan sifat atau
kepribadian tokoh berdasarkan petunjuk eksplisit dalam teks. |
||
|
Memprediksi hasil cerita: mampu memprediksi akhir cerita setelah
membaca bagian awal. |
||
|
3 |
Evaluasi dan Apresiasi: mampu membuat penilaian terhadap ide,
menanggapi teks secara emosional dan estetis dengan mempertimbangkan
dampaknya terhadap perasaan, imajinasi, serta penggunaan bahasa oleh penulis |
Menilai realitas atau fantasi: mampu menganalisis peristiwa dalam
teks dapat terjadi dalam kehidupan nyata berdasarkan pengalaman dan
pengetahuan pribadi. |
|
Menilai fakta atau opini: mampu menilai fakta/opini yang diberikan
penulis untuk mendukung pendapatnya berdasarkan bukti atau sekadar berusaha
mempengaruhi pembaca. |
||
|
Menilai kecukupan dan validitas informasi: Menilai kesesuaian,
kelengkapan, keakuratan informasi dalam teks (dengan membandingkannya dengan
sumber lain). |
||
|
Menilai kesesuaian: mampu menentukan bagian teks yang paling sesuai
untuk menggambarkan karakter utama atau aspek lain dari bacaan. |
||
|
Menanggapi isi teks: mampu mengungkapkan perasaan/kesan/pendapat
terhadap bacaan, seperti ketertarikan, kebosanan, kegembiraan, ketakutan,
kebencian, atau kesenangan. |
Demikianlah informasi mengenai kisi-kisi Tes Kemampuan
Akademik (TKA) untuk mata pelajaran Bahasa Inggris jenjang SMA/SMK, semoga apa
yang telah admin sampaikan ini dapat menjadi referensi bagi guru SMA/SMK maupun
bagi seluruh murid jenjang SMA/SMK khususnya yang saat ini akan mengikuti TKA ,
dan semmoga bisa mendapatkan nilai yang baik sesuai harapan masing-masing.