-->

CARA KERJA PMP,DAPODIK DAN E-RAPOR DI BANYAK KOMPUTER

Kherysuryawan.id - Cara mengerjakan Aplikasi PMP,ERAPOR,DAPODIK dalam satu jaringan menggunakan banyak laptop.
Selamat berjumpa kembali pada blog kherysuryawan.id blog pendidikan yang selalu update dengan informasi terbaru.
Saat ini saya akan berbagi informasi sekaligus sama-sama belajar. sebagai salah seorang operator sekolah memang kita dituntut untuk selalu belajar dan belajar agar dapat menghasilkan sesuatu pekerjaan yang mengembirakan.
Sahabat Operator Dapodik sekalian, tentu anda semua sudah sangat mengenal tentang Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP), Dapodik dan aplikasi E-rapor. Sebuah aplikasi yang menjadi santapan bagi para operator sekolah. Bagi banyak operator sekolah, aplikasi ini sungguh sangat merepotkan sebab banyak data yang harus di entri.
Sebagai operator sekolah kita di tuntut untuk bisa dan mahir dalam mengerjakan ke tiga aplikasi tersebut, Khusus untuk PMP aplikasi tersebut memiliki banyak instrumen yang harus diisi baik oleh kepala sekolah,pengawas,guru dan siswa sehingga pekerjaan tersebut sungguh sangat melelahkan.
Selain itu, lambannya loading setiap kuesioner membuat waktu pengerjaan 1 instrumen saja bisa mencapai hampir 2 jam. Bayangkan saja jika waktu tersebut dikalikan dengan jumlah instrumen yang perlu di entri. Tentu butuh waktu berminggu-minggu.

Hal itu juga sama kasusnya dengan pengerjaan dapodik dan Eraport dimana dalam aplikasi tersebut banyak data yang harus di input terutama mengenai nilai setiap mata pelajaran dalam setiap satu semester. Aplikasi Eraport merupakan aplikasi baru namun kini sudah di haruskan untuk di gunakan oleh setiap sekolah apalagi sekolah yang menerapkan kurikulum K13, apalagi kini aplikasi eraport telah terintegrasi langsung dengan aplikasi Dapodik.


Banyak para operator dapodik bertanya, bisakah entri data PMP,Dapodik Dan Eraport dilakukan bersamaan dengan banyak komputer atau laptop?
Mengenai pertanyaan apakah entri data PMP,Dapodik dan Eraport bisa dilakukan bersama dengan banyak komputer/laptop? Tentu jawabannya bisa. Aplikasi ini memang dirancang untuk bisa digunakan secara bersama. Terutama oleh PTK, dengan login menggunakan akun dan user GTK yang telah di entri melalui Aplikasi Dapodik dan dan sinkron dengan Aplikasi Eraport.


Untuk dapat menggunakan banyak komputer, simaklah dengan seksama langkah-langkah berikut ini. Sebenarnya cara ini Sangat mudah, namun membutuhkan ketelitian untuk menerapkan setiap tahapannya supaya tidak terjadi kesalahan. Sehingga aplikasi PMP,Dapodik dan Eraport bisa dikerjakan secara bersama dengan menggunakan banyak komputer atau laptop.

Cara Entri Data PMP,Dapodik dan Eraport dengan Banyak Komputer 
Langkah pertama jangan lupa nonaktifkan dulu “FIREWALL” di laptop anda,dengan cara:
Pada Laptop yang terinstal PMP,Dapodik maupun Erapor :
1. Buka "Run" (menekan tombol Windows+R). Kemudian ketikkan "firewall.cpl"). Kemudian klik "OK" atau bisa juga dengan cara ketikkan “windows firewall di menu start”kemudian enter maka windows firewall akan terlihat


2. Kemudian pilih tulisan  "Turn Windows Firewall on or off" 
3. Centang "Turn off windows firewall". Kemudian klik "OK"
Setelah windows firewall dinon aktifkan maka selanjutnya ikuti langkah berikut:
1. Pastikan menggunakan jaringan internet yang sama (bisa menggunakan  wifi, ataupun hotspot Hp, Yang terpenting koneksi internet lancar)
2. Untuk komputer atau laptop yang menjadi server utama, silahkan Masuk ke tampilan command prompt dengan cara menekan tombol WIN+R kemudian ketikkan “cmd” kemudian tekan "OK"  atau tekan ENTER.
4. Ketikkan ipconfig setelah kata user, kemudian enter
5. Setelah data muncul, lihat di ip address yg di lingkari diatas, kemudian copy dan pastekan ip address tersebut ke computer lainnya yang akan di gunakan secara bersama-sama dalam pengisian PMP,Dapodik maupun Erapor dan kemudian di akhir nomor ip address tersebut tambahkan titik dua dan angka 1745(khusus PMP).( contoh: 192.168.43.30:1745)
Angka 1745 merupakan alamat local aplikasi PMP.
Jika semua langkah-langkah diatas dilakukan dengan benar maka aplikasi PMP akan dapat di buka di banyak computer.

Cara di atas juga berlaku untuk mengerjakan aplikasi DAPODIK dan E-rapor, yang berubah hanya saja angka pada port/localhostnya. jika PMP menggunakan angka 1745, DAPODIK menggunakan angka 5774, dan E-rapor menggunakan angka 2679.

Untuk lebih jelas tentang bagaimana cara mengerjakan Eraport menggunakan jaringan LAN di banyak komputer silahkan kunjungi dan baca penjelasannya DISINI.
Selain itu jika di sekolah anda sudah memiliki laboratorium komputer maka anda dapat memanfaatkan JARINGAN LAN untuk mengerjakan PMP maupun DAPODIK dan juga Eraport secara bersama-sama menggunakan banyak komputer dengan tanpa mengeluarkan biaya paket data melainkan hanya dengan menggunakan jaringan lokal dengan cara mensharing aplikasi PMP,DAPODIK dan E-RAPOR dari server ke komputer client.

Untuk penggunaannya jika menggunakan JARINGAN LAN caranya hampir sama dengan cara di atas,perbedaannya yaitu jika menggunakan jaringan LAN maka tidak memerlukan paket data alias gratis. Pertama-tama ketahui dulu ip adress komputer server yang sudah terpasang aplikasi PMP, DAPODIK ataupun E-rapor, jika kita sudah mengetahuinya maka lanjut dengan membuka web browser pada masing-masing di komputer client(bisa menggunakan mozila atau chrome) setelah itu ketikkan ip adress milik komputer server dan tambahkan titik dua dan angka port/localhost yang terdapat pada masing-masing aplikasi yang akan di gunakan.

Sekian tutorial yang dapat saya share pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat buat anda yang membutuhkannya dan jangan lupa untuk mengunjungi blog ini untuk mendapatkan informasi penting lainnya seputar pendidikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel