-->

CARA MEMBUAT PARTISI BARU DI WINDOWS

Disaat kita membeli laptop atau komputer baru terkadang partisi pada laptop baru tersebut terbatas. Adakalanya kita memiliki banyak dokumen berupa foto,video dan dokumen lainnya yang mana dokumen tersebut ingin kita simpan pada tempat penyimpanan tertentu sehingga kita membutuhkan ruang tertentu untuk menyimpan data tersebut.



Sama seperti yang saya alami saat saya memiliki komputer baru saya hanya memiliki 2 partisi pada computer tersebut sehingga saya mengambil kesimpulan untuk membuat partisi baru dan uniknya cara ini saya lakukan tanpa menggunakan aplikasi maupun software.
Banyak cerita yang mengatakan bahwa jika kita membuat partisi baru maka data pada partisi yang lama yang akan kita kompresi akan hilang. Cerita tersebut hanyalah HOAX karena say membuktikannya bahwa setelah saya membuat partisi baru di computer saya ternyata tak satupun ada data saya yang hilang.

Baiklah ijinkan saya pada kesempatan ini untuk  berbagi cara membuat partisi baru tanpa menggunakan aplikasi.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
- Buka start menu, kemudian pada My Computer klik kanan lalu pilih Manage.
- Setelah terbuka jendela baru Computer Management, pada bagian kiri jendela pilih menu disk       management, maka akan terbuka tampilan berupa list partisi yang ada.
- Pada bagian ini, silahkan pilih drive mana yang akan kita bagi menjadi dua. Pada gambar terlihat       kalau saya memilih E yang akan dibagi.
 Pada drive tersebut klik kanan kemudian pilih Shrink Volume


- Lalu akan terbuka kotak dialog Shrink. Disini kamu bisa menentukan berapa kapasitas baru yang akan dibuat dari hasil pembagian drive E. Disini saya ingin membuat partisi baru dengan kapasitas 60000 MB, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Setelah selasai klik Shrink.
- Setelah proses shrink selesai,maka anda akan melihat hasil dari partisi baru dengan status Unallocated.
Dengan status yang unallocated tersebut, drive tersebut masih belum bisa digunakan.
Untuk bisa menggunakannya maka anda harus format terlebih dahulu drive tersebut dengan cara klik kanan pada drive tersebut, kemudian pilih New Simple Volume


- Kemudian klik next
- Konfirmasikan ukuran volume yang akan ditetapkan ke volume baru, lalu klik Next.


- Kemudian Konfirmasikan huruf harddisk yang akan ditetapkan ke volume baru ( dalam hal ini saya memilih huruf G sebagai nama hardisk baru saya di computer ), lalu klik Next.
- Pastikan bahwa NTFS dipilih sebagai sistem berkas, lalu klik Next.


- Langkah terakhir klik finish.


- Pemformatan volume dimulai dan semua pengaturan selesai bila pemformatan selesai.
Setelah selesai,status Unallocated tadi akan hilang dan berubah menjadiprimary atau  Healthy atau logical drive (sesuai dengan ketentuan yang anda gunakan pada proses format sebelumnya).


Jika semua langkah di atas sudah anda lakukan dengan benar maka anda dapat melihat hasil partisi baru anda akan muncul di windows explorer anda seperti pada tampilan gambar di bawah ini.


Sekian informasi yang dapat saya bagikan melalui artikel ini,semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel