-->

PELIBATAN KELUARGA PADA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI ERA KEKINIAN

Di zaman yang semakin modern ini, kemajuan teknologi semakin berkembang dengan pesat. Begitu juga Dalam dunia pendidikan,teknologi  juga sangat dibutuhkan untuk  menunjang proses pendidikan yang semakin berkualitas. Saat ini banyak anak-anak sekolah yang sudah mahir menggunakan teknologi dalam mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Dengan bantuan teknologi seseorang dapat mengakses informasi dengan cepat. Namun dalam mengakses informasi terkadang kita harus jeli untuk memilah antara informasi yang benar dan yang tidak benar. Disinilah peran orang tua sebagai keluarga sangat di perlukan untuk selalu aktif menjaga dan memonitoring anak dalam mengakses informasi agar tidak terjerumus dalam perilaku negatif.

Keluarga merupakan satu kesatuan yang sangat menentukan keberhasilan dalam merencanakan program pendidikan. Oleh sebab itu pelibatan keluarga pada penyelenggaraan pendidikan di era kekinian sangat penting agar tercipta rasa saling menyayangi dan mendukung dalam setiap kegiatan yang sudah direncanakan.

Mengapa keluarga sangat penting untuk di libatkan dalam pendidikan di era sekarang ini?
Keluarga merupakan kunci utama untuk meraih keberhasilan pendidikan,karena seorang anak tidak dapat berhasil dengan baik tanpa doa ,dukungan dan motivasi dari orang tua,begitu juga sebaliknya hati orang tua akan merasakan bahagia dikala melihat anaknya berhasil mengenyam bangku pendidikan dan bisa meraih cita-citanya sesuai dengan apa yang di harapkan dalam keluarga.

Keluarga merupakan bagian terkecil dalam masyarakat, artinya jika dalam kehidupan keluarga tumbuh pendidikan yang tidak sehat maka dalam bermasyarakat pun perilaku tidak sehat itu akan melekat dan susah untuk di hilangkan. Oleh sebab itu keluarga sangat penting di libatkan dalam proses pendidikan untuk menghasilkan kehidupan yang baik dalam bermasyarakat.

Kepedulian orang tua terhadap pendidikan anak akan memberi rasa nyaman bagi anak dalam belajar dan menuntut ilmu. Rasa kebersamaan dalam keluarga juga akan membangkitkan gairah belajar sehingga keluarga yang memiliki dasar pendidikan yang baik akan menghasilkan keluarga yang bahagia,karena bisa melihat keluarganya hidup dalam dunia yang maju dan bisa mengikuti perkembangan zaman.

Di era yang semakin berkembang ini dalam pendidikan anak minat untuk membaca semakin berkurang, hal itu di sebabkan oleh salah satu faktor terjadinya perkembangan teknologi yang menyebabkan anak-anak lebih suka mengakses informasi melalui alat teknologi berupa HP maupun laptop yang tersambung melalui jaringan internet. Pengawasan orang tua sangat diperlukan dalam pendidikan ini agar anak-anak bisa mengakses informasi pendidikan yang baik dan positif serta tidak hanya mengakses informasi melalui internet tetapi juga orang tua harus membangkitkan semangat anak-anaknya untuk membaca buku yang merupakan jendela dunia. Disinilah peran orang tua sebagai kepala keluarga memberikan motivasi yang mendidik bagi anak-anaknya agar bisa menghasilkan pendidikan yang positif.


Sikap bekerja sama merupakan perilaku yang menggambarkan rasa saling memiliki dan rasa tanggung jawab yang dalam terhadap sesuatu yang akan di kerjakan.Dalam kehidupan berkeluarga sikap saling tolong menolong satu sama lain akan meringankan beban keluarga dalam menghadapi setiap tantangan dan persoalan hidup. Begitu juga dalam menempuh pendidikan di kala anak-anak ingin bersekolah maka orang tua harus memberi motivasi agar pendidikan anak dapat terlaksana dengan baik,serta di landasi rasa saling tanggung jawab dalam tugas masing-masing baik tugas bagi seorang anak dan tugas sebagai orang tua.

Banyak kejadian yang dialami oleh suatu keluarga di mana anak-anak mereka terjerumus kedalam dunia gelap atau perilaku negatif sehingga mencoreng nama keluarga. Hal tersebut terjadi karena kurangnya perhatian orang tua dalam memantau anak-anaknya. Terkadang orang tua hanya sibuk dengan pekerjaannya sehingga lupa bahwa tanggung jawab dalam mendidik anak sangatlah penting untuk masa depan anak tersebut.
Ketika anak terjatuh dalam hal-hal yang tidak baik barulah kita sebagai orang tua menyesal telah melupakan tanggung jawab  untuk mendidik anak –anak kita .

Di era yang semakin maju ini banyak persoalan yang timbul akibat kurangnya dasar pendidikan yang dimiliki seseorang sehingga mudah terjerumus dalam hal-hal negatif, seperti yang kita ketahui saat ini banyak terjadi propaganda radikalisme dan terorisme, disinilah peran keluarga perlu di intensifkan karena orang tua harus menjadi benteng bagi anak-anaknya agar keluarga tidak mudah terpengaruh oleh hasutan  kelompok-kelompok radikalisme. Jadi peran orang tua dan anggota keluarga sangat penting untuk membentengi keluarga dari paham radikalisme.

Pendidikan anak sangat penting untuk masa depan mereka dan keterlibatan keluarga juga jauh lebih penting untuk kesuksesan mereka, oleh sebab itu marilah kita sebagai keluarga dalam hal ini anak –anak dan orang tua untuk sama-sama saling memotivasi dalam setiap kegiatan yang sifatnya mendidik agar tercipta  pendidikan yang sehat, baik untuk pribadi maupun untuk keluarga, juga untuk masyarakat dan untuk Negara. #sahabatkeluarga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel