-->

CARA LOGIN / MENGISI DAFTAR HADIR GTK ONLINE TERBARU

Seperti yang kita ketahui bersama saat ini telah di sediakan suatu aplikasi daftar hadir yang dapat di akses secara online yaitu aplikasi hadir GTK yang bertujuan untuk melakukan pendataan secara online mengenai kehadiran guru dan tenaga kependidikan yang bersifat online.

Pada tahun ajaran 2018/2019 aplikasi daftar hadir GTK ( DHGTK ) online akan di berlakukan serentak di seluruh Indonesia dan resmi untuk di gunakan oleh setiap sekolah yang ada di seluruh indonesia. Sebenarnya aplikasi hadir online ini sudah di berlakukan mulai dari tahun ajaran yang lalu namun karena masih banyaknya kendala dan masalah yang terjadi sehingga aplikasi ini baru akan di digunakan secara resmi di tahun pelajaran 2018/2019.


Jika pada tahun ajaran sebelumnya aplikasi DHGTK masih menggunakan versi 1 maka pada tahun pelajaran 2018/2019 aplikasi hadir GTK akan di update dan akan menggunakan aplikasi hadir GTK versi terbaru yaitu aplikasi hadir GTK versi 2.

Pada artikel ini akan di jelaskan mengenai cara login dhgtk yang dilakukan secara online sehingga dapat melakukan centang absen kehadiran bagi guru dan tenaga kependidikan.

Absen online dhgtk sangat penting bagi guru dan tenaga kependidikan sebab sangat berpengaruh terhadap tunjangan terutama tunjangan sertifikasi guru.

Selain melakukan absen centang kehadiran di aplikasi dhgtk, kita juga dapat melakukan cetak SPTJM sebagai bukti yang sah tentang kehadiran guru dan tenaga kependidikan namun untuk melakukan cetak SPTJM hanya bisa di lakukan menggunakan login akun kepala sekolah sedangkan untuk melakukan absen harian dapat di lakukan dengan login menggunakan akun dapodik.

Berikut ini kutipan yang di tampilkan mengenai aplikasi hadir GTK :
“Dafftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan(DHGTK) akan resmi digunakan untuk menghitung kehadiran guru dan akan dituangkan dalam juknis tunjangan profesi sehingga tidak ada alasan memperlambat penyaluran tunjangan profesi dengan meminta dokumen/berkas dalam bentuk apapun kepada guru-guru”

Artinya bahwa aplikasi daftar hadir online ini sangat menentukan bagi para penerima tunjangan profesi guru karena kehadiran mereka sangat menentukan cair tidaknya tunjangan sertifikasi tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai cara login DHGTK dan mengisi daftar hadir guru dan tenaga kependidikan (DHGTK), berikut ini penjelasannya:

1. Silahkan anda buka link berikut ini: http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/ maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini.


2. Setelah itu untuk bisa login dan mengisi daftar hadir guru dan tenaga kependidikan maka pilihlah tulisan “ Login Sekolah”


3. Kemudian isilah 4 buah kolom yang telah di sediakan,untuk penjelasannya lihat di bawah ini:
- kolom ke-1“NPSN” diisi dengan nomor NPSN sekolah anda
- kolom ke-2“UserID” diisi dengan Email dapodik yang anda gunakan untuk login dapodik
- kolom ke-3“Password” diisi dengan kode password aplikasi dapodik sekolah anda
- kolom ke-4 diisi dengan mengetikkan ulang kode capcha yang telah disediakan ( biasanya berbentuk angka atau huruf )
Jika semuanya telah diisi maka lanjutkan dengan mengklik “LOGIN”


4. Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.
Terdapat 3 buah menu pada tampilan aplikasi hadir GTK, yaitu:

- BERANDA, yang berfungsi untuk menampilkan halaman utama aplikasi hadir GTK
- KEHADIRAN, yang berfungsi untuk menampilkan data sekolah,data guru,dan pengisian daftar hadir GTK
- KELUAR APLIKASI, yang berfungsi untuk mengakhiri penggunaan aplikasi atau ingin keluar dari aplikasi hadir GTK


5. Nah untuk melakukan pengisian absen hadir gtk silahkan klik menu “kehadiran” kemudian pilih semester sesuai dengan semester yang sedang berjalan saat ini dan pilih bulan sesuai bulan yang ingin di isi.


6. Setelah itu silahkan isi absen GTK sesuai dengan kehadiran masing-masing GTK dengan cara memberi tanda centang.

Sekian informasi yang dapat saya bagikan mengenai cara login dan mengisi daftar hadir GTK secara online, semoga postingan kali ini dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel