-->

DOWNLOAD PANDUAN CARA MENGGUNAKAN E-RAPOR SMA TERBARU

kherysuryawan.id - Aplikasi e-Rapor SMA merupakan suatu aplikasi yang di keluarkan oleh direktorat pembinaan sekolah menengah atas yang tujuannya untuk di gunakan sebagai aplikasi dalam melakukan penginputan nilai dan sudah terintegrasi dengan aplikasi dapodik.


Aplikasi e-Rapor ini dapat di gunakan oleh sekolah yang menggunakan kurikulum KTSP dan kurikulum 2013. Didalam aplikasi e-Rapor terdapat menu penginputan nilai untuk versi ktsp dan juga untuk versi 2013. Selain itu aplikasi erapor juga secara otomatis dapat langsung di gunakan untuk melakukan cetak raport baik raport versi kurikulum ktsp Maupun cetak raport versi kurikulum 2013.
Untuk aplikasi e-Rapor terbaru yang di gunakan pada jenjang SMA saat ini yaitu di beri nama aplikasi e-Rapor versi 2018.e yang mana aplikasi e-Rapor 2018.e ini adalah aplikasi erapor yang sudah terntegrasi dengan dapodik.

Dalam menjalankan Aplikasi e-Rapor biasanya di tangani oleh seorang operator yang memang di khususkan oleh sekolah dalam hal ini di tunjuk oleh kepala sekolah dalam menangani proses penginputan nilai rapor, namun bukan berarti operator tersebutlah yang harus melakukan penginputan nilai seluruh siswa melainkan aplikasi eraport ini dapat di gunakan oleh guru, wali kelas, dan seorang operator sebagai adminnya.

Meskipun aplikasi e-Rapor sudah banyak di gunakan oleh sekolah-sekolah yang sudah menggunakan kurikulum 2013 maupun yang masih menggunakan kurkulum ktsp namun dalam penggunaannya masih banyak juga yang belum memahami cara menggunakan eraport SMA dan cara melakukan login untuk proses penginputan nilai baik nilai pengetahuan peserta didik, nilai keterampilan peserta didik, nilai sikap spritual peserta didik dan juga nilai sosial peserta didik.

Sesuai dengan judul postingan di atas maka pada kesempatan ini saya akan memberikan file berupa panduan dalam mengunakan aplikasi e-Rapor SMA versi terbaru yang mana di dalam buku panduan penggunaan aplikasi eraport i tersebut telah di jelaskan bagimana cara login sebgai seorang admin, guru, wali kelas.

Didalam buku panduan penggunaan aplikasi e-Rapor SMA yang akan saya bagikan ini juga didalamnya telah di jelaskan cara melakukan pengaturan yang harus di pahami oleh seorang admin e-Rapor agar proses penginputan nilai yang akan dilakukan oleh seorang guru maupun wali kelas dapat berjalan dengan baik dan tanpa kendala.

Didalam buku panduan penggunaan aplikasi e-Rapor SMP terdapat beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus di lakukan dan di kerjakan oleh seorang admin e-Rapor diantaranya yaitu :


Tugas Admin sebagai berikut :
1. Melakukan instalasi e-Rapor ke dalam server.
2. Melakukan sinkronisasi data ke dapodik.
3. Mengedit profil sekolah.
4. Memberi hak akses kepada user dalam hal ini, guru mata pelajaran, wali kelas, guru Bimbingan dan Konseling serta peserta didik, kepala sekolah dan
orang tua siswa.
5. Mensosialiasikan e-Rapor, membagikan username dan password kepada yang bersangkutan.
6. Meringkas nama mata pelajaran.
7. Memetakan mata pelajaran.
8. Menyesuaikan data muatan lokal
9. Menginput kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran.
10. Menginput data tanggal rapor.
11. Mencetak rapor.
12. Mengirim nilai ke dapodik.
13. Melakukan backup dan restore data.
14. Menginput nilai US/USBN khusus untuk kelas XII
15. Mengaktifkan dan menonaktifkan input nilai oleh guru
pada semester berjalan

Selain tugas admin pada buku panduan penggunaan aplikasi e-Rapor juga terdapat panduan tugas yang harus dilakukan dan di kerjakan oleh seorang guru mata pelajaran, guru bimbingan konseling (BK),wali kelas,dan juga oleh siswa diantaranya yaitu :

==> PANDUAN UNTUK GURU MATA PELAJARAN 
1. Login sebagai guru.
2. Mengganti password.
3. Mapping KD untuk menentukan KD yang diajarkan pada semester 1, 2, 3, 4, 5 dan 6. Serta mengedit ringkasan deskripsi KD maksimal 60 karakter.
4. Menambah KD Muatan lokal (jika diperlukan).
5. Input Nilai.
6. Proses Deskripsi Siswa
7. Kirim nilai akhir.

==> PANDUAN UNTUK GURU BK
Wewenang dan Tugas Guru Bimbingan dan
Konseling
Guru Bimbingan dan Konseling dalam hubungannya dengan e-Rapor SMA, memiliki wewenang dan tugas sebagai berikut:
1. Mengubah password sendiri.
2. Melihat detail data peserta didik.
3. Melihat hasil pengolahan nilai akhir semester dan akhir tahun.
4. Melihat grafik nilai peserta didik.
5. Melihat rekap kehadiran peserta didik.
6. Melihat dan mencetak leger.
7. Melakukan penilaian sikap spiritual dan sikap
sosial.
8. Memberikan pertimbangan kepada wali kelas
pada catatan perkembangan siswa.
9. Guru bimbingan dan konseling juga dapat memberikan pertimbangan kepada wali kelas berkaitan dengan penilaian sikap.

==> PANDUAN UNTUK WALI KELAS 

Wewenang dan Tugas Wali Kelas / PA
Wali kelas / Pembimbing Akademik (PA) dalam hubungannya dengan e-Rapor SMA, memiliki wewenang dan tugas sebagai berikut:
1. Mengubah password sendiri.
2. Edit Data Siswa (khususnya data yang tidak tersedia di dapodik)
3. Input dan Cetak KRS (Khusus Penyelenggara SKS)
4. Input Kehadiran, Nilai Ekstra, Prestasi Siswa, Catatan Wali dan Proses Deskripsi Sikap Siswa
5. Cetak Rapor

==> PANDUAN UNTUK SISWA / PESERTA DIDIK
1. Login sebagai siswa / peserta didik
2. Mengubah password siswa / peserta didik
3. Melihat data pribadi siswa / peserta didik
4. Melihat nilai akhir semester siswa / peserta didik
5. Melihat KHS dan ketuntasan KHS siswa / peserta didik
6. Menginput KRS
7. Melihat grafik nilai siswa / peserta didik
8. Melihat rekap kehadiran siswa / peserta didik

Itulah sedikit penjelasan mengenai beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan oleh seorang admin, guru mapel, guru BK, wali kelas dan juga siswa yang terdapat pada buku panduan eraport SMA yang akan saya bagikan pada artikel kali ini.
Baiklah bagi anda yang membutuhkan buku panduan penggunaan aplikasi e-Rapor SMA versi terbaru silahkan untuk mendownloadnya pada link download yang akan saya bagikan di bawah ini :
  • Buku panduan penggunaan erapor SMA (disini)
Demikianlah postingan tentang panduan penggunaan e-Rapor yang dapat saya bagikan pada kesempatan ini, semoga buku panduan penggunaan e-Rapor untuk jenjang SMA yang telah saya bagikan tersebut dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel