KKM IPA TERPADU KELAS 9 SMP REVISI TERBARU

Halo sahabat guru indonesia, berjumpa kembali di blog sederhana yang selalu mempostinga artikel tentang keperluan guru-guru dalam melakukan aktivitas pembelajaran.
seperti biasanya pada topik kali ini, perangkat pembelajaran yang akan di kupas yaitu seputar KKM IPA Terpadu untuk kelas 9 SMP kurikulum 2013.
Meskipun di setiap pergantian menteri pendidikan akan selalu terjadi perubahan model dalam pembuatan perangkat pembelajaran namun bukan berarti perangkat pembelajaran lama sudah tidak berguna lagi sebab anda tetap masih dapat menjadikannya sebagai bahan referensi.
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang menjadi dasar dalam menentukan ketuntasan seorang peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajarannya yang di sajikan dalam sebuah nilai .
KKM di tentukan dengan melihat beberapa aspek penilaian diantaranya kompleksitas, daya dukung dan intake. Penilaian Kompleksitas di lihat dari tingkat kesukaran materi pada setiap kompetensi dasar, daya dukung meliputi penilaian keadaan dan kelenkapan sarana dan prasarana yang di miliki oleh suatu satuan pendidikan, sedangkan penilaian intake yaitu meliputi penilaian kemampuan yang di miliki oleh peserta didik dalam memecahkan masalah yang di pelajari di sekolah.

Dalam buku laporan hasil belajar siswa tentunya kita akan melihat nilai KKM yang merupakan nilai batas dari setiap mata pelajaran, apabila seorang peserta didik memiliki nilai di bawah dari kkm yang telah di tetapkan maka peserta didik tersebut dinyatakan belum berhasil dan perlu perbaikan.
Nilai KKM dapat di jadikan sebagai persentase tingkat pencapaian kompetensi sesuai dengan target yang di harapkan oleh satuan pendidikan khusunya guru mata pelajaran.
Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan suatu acuan bersama yaitu antara guru dalam hal ini sebagai pendidik, peserta didik (siswa) dan juga orang tua/wali peserta didik.
seluruh pihak yang terlibat dalam hal tersebut memiliki hak dalam memperoleh informasi mengenai nilai kkm yang di tetapkan khususnya peserta didik dan orang tua peserta didik yang memperoleh hasil laporan hasil belajar sehingga dapat menjadi gambaran dalam usaha untuk mencapai hasil kkm yang telah di tetapkan.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh KKM untuk mata pelajaran IPA Terpadu kelas 9 dalam bentuk file yang dapat dengan mudah untuk di edit dan di perbaharui.
Berikut ini filenya di bawah ini jika anda membutuhkannya.

  • KKM IPA Terpadu kelas 9 (disini)
Demikianlah perangkat pembelajaran KKM IPA Terpadu kelas 9 k13 yang dapat saya share pada kesempatan kali ini semoga apa yang telah saya bagikan ini dapat bermanfaat buat bapak dan ibu guru di sekolah dalam menjalankan aktivitasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel