Cara Terbaru Cek SKTP Sertifikasi di simPKB 2022

Pada kesempatan kali ini saya sebagai admin akan membagikan tutorial singkat mengenai cara terbaru dalam mengakses dan membuka info sertifikasi bagi guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik dan memenuhi persyaratan dalam mengajar.
Bagi bapak dan ibu guru yang sudah bersertifikasi tentunya sudah mahir dalam menggunakan fasilitas teknologi yang mana setidaknya minimal telah mampu dalam mengakses internet terutama dalam hal mencari informasi seputar Pendidikan dan hubungannya dengan karir sebagai seorang guru.

Namun disisi lain masih banyak juga para guru yang sudah bersertifikasi masih mengandalkan dan mengharapkan bantuan dari orang lain hanya untuk bisa mengakses internet padahal seharusnya dengan jaman yang semakin modern saat ini guru harus memiliki kemampuan dalam menjalankan tugasnya dengan menggunakan bantuan teknologi.

Seperti hal nya untuk bisa melihat status data sertifikasi secara online masih banyak juga guru yang belum mengetahui bagaimana cara untuk bisa mengakses informasi mengenai cara mengetahui apakah data sertifikasinya telah valid atau belum valid.

Operator sekolah merupakan orang yang mengendalikan data – data sekolah termasuk data guru-guru di sekolah namun bukan berarti bahwa semua data yang sudah di input oleh seorang operator sekolah akan semuanya benar sebab operator sekolah juga manusia biasa yang tidak luput dari yang Namanya kesalahan.

Artikel ini sengaja saya buat untuk membantu bapak dan ibu guru khususnya yang sudah bersertifikasi agar bisa menggunakan kemampuannya dalam mengecek dan melihat sendiri data sertifikasinya apakah sudah benar dan valid atau masih ada yang perlu di perbaiki sehingga belum valid.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya untuk bisa mengakses data SKTP ( Surat Keputusan Tunjangan Profesi )  dapat dilakukan menggunakan link info GTK, maka Saat ini untuk mengecek data SKTP hanya dapat di lakukan melalui link Sim PKB yang hanya dapat di akses oleh guru yang bersangkutan. Selain guru yang sudah bersertifikasi guru yang belum bersertifikasi pun dapat mengakses link simPKB tersebut untuk melihat keakuratan data pribadi yang berhubungan dengan kepentingan sekolahnya masing-masing.

Baiklah untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara mengecek SKTP sertifikasi apaah sudah valid atau belum bagi guru yang telah memiliki sertifikat pendidik maka berikut ini adalah penjelasannya:

Hal – Hal yang perlu di persiapkan sebelum malakukan pengecekan data SKTP sertifikasi yaitu :

a. Accaount / email akun simPKB anda beserta passwordnya.
b. Accaount / email akun dapodik anda beserta passwordnya. ( dalam hal ini silahkan anda minta pada operator dapodik di sekolah anda masing-masing )

Jika hal-hal tersebut telah di persiapkan maka saatnya anda melakukan pengecekkan dengan cara seperti berikut ini.

1. Silahkan kunjungi alamat di bawah ini

Maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini :


2. Setelah itu silahkan masukkan email dan kata sandi yang telah anda miliki di akun simPKB anda, kemudian klik “Login”



3. Setelah itu silahkan anda cari fitur “Layanan Info GTK” kemudian klik gambar fitur tersebut, seperti pada gambar yang saya beri tanda di bawah ini


4. Setelah itu akan muncul seperti pada gambar di bawah ini



5. Kemudian silahkan isi kolom account PTK pada dapodik dengan menggunakan email yang anda miliki pada aplikasi dapodik. Begitu juga dengan password nya silahkan anda isi sesuai dengan password email yang ada pada aplikasi dapodik.
Jika sudah lanjutkan dengan menginputkan kode angka yang telah di sediakan pada halaman tersebut seperti pada gambar di bawah ini, dan langkah terakhir klik “Login”



6. Apabila data anda telah tertulis “ VALID” seperti pada gambar di bawah ini, maka itu artinya data anda telah aman dan siap untuk dapat menerima tunjangan sertifikasi.




7. Apabila data anda tertulis “ BELUM VALID” seperti pada gambar di bawah ini, maka itu artinya data anda belum aman atau masih ada yang perlu untuk di perbaiki agar data dapat menjadi VALID.




Demikianlah tutorial mengenai cara terbaru cek SKTP Sertifikasi di simPKB 2022, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat buat bapak dan ibu guru yang akan melihat data sertifikasinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel