-->

BUKTI FISIK AKREDITASI SEKOLAH SD,SMP,SMA/SMK TAHUN 2020/2021

Selamat berjumpa kembali pada blog Kherysuryawan.id, melalui blog inilah saya sebagai admin selalu menyempatkan waktu untuk menulis informasi penting serta membagikannya kepada para pembaca yang menyukai artikel-artikel yang saya buat melalui blog ini.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai masalah yang berhubungan dengan yang Namanya Akreditasi Sekolah. Yang mana jika sekolah anda baru saja akan melakukan akreditasi atau sudah pernah terakreditasi namun masa aktifnya telah berakhir dan harus melakukan akreditasi kembali maka tentunya akan membutuhkan yang Namanya instrument akreditasi dan bukti fisik akreditasi.
Bukti fisik akreditasi sangat penting untuk di buat atau di miliki oleh setiap satuan Pendidikan yang akan di akreditasi sebab dengan memiliki bukti fisik tersebutlah maka sekolah artinya telah siap untuk di akreditasi. Bagi anda yang saat ini belum memiliki bukti fisik Akreditasi maka pada kesempatan ini dan melalui artikel ini saya akan membagikannya kepada anda secara gratis.

Namun sebelum saya membagikan bukti fisik untuk akreditasi sekolah baik sekolah SD,SMP,SMA/SMK maka terlebih dahulu saya akan menjelaskan mengenai pentingnya Akreditasi bagi suatu satuan Pendidikan serta manfaat dan fungsi dari akrdeditasi tersebut.

Akreditasi sekolah sangat penting bagi setiap satuan Pendidikan sebab dengan melakukan akreditasi maka sekolah akan memperoleh nilai yang menjadi bukti bahwa sekolah tersebut sudah benar-benar dapat di akui kualitasnya oleh penyelenggara Pendidikan. Nilai yang di berikan oleh tiap-tiap sekolah yang sudah berhasil melakukan akreditasi di nyatakan dalam bentuk huruf yakni Nilai A yang artinya bahwa sekolah tersebut terakreditasi sangat baik, Nilai B yang artinya sekolah tersebut teraakreditasi baik, Nilai C yang artinya bernilai cukup dan Nilai D yang artinya sekolah tersebut tidak terakreditasi.

Manfaat yang di peroleh bagi setiap satuan Pendidikan yang telah melakukan akreditasi yaitu dimana
Hasil dari akreditasi Sekolah / Madrasah (S/M) akan bermanfaat sebagai Acuan dalam upaya peningkatan mutu dan rencana pengembangan Sekolah/Madrasah.
Akreditasi juga bermanfaatn sebagai umpan balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah/madrasah dalam rangka menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program sekolah/madrasah.
Selain itu dengan memiliki nilai akreditasi maka hal tersebut dapat menjadi motivator agar Sekolah/Madrasah terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana, dan kompetitif baik di tingkat kabupaten / kota, provinsi, nasional, bahkan internasional.

Selain manfaat dari akreditasi fungsi dari dilakukannya akreditasi yaitu dari aspek pengetahuan dimana merupakan sebagai Informasi bagi semua pihak tentang kelayakan Sekolah/madrasah dilihat dari beberapa unsur terkait yang mengacu pada standar minimal beserta indikator-indikatornya.
Dari segi Akuntabilitas yaitu merupakan Salah satu bentuk pertanggungjawaban Sekolah/Madrasah sebagai lembaga pelayanan publik
Sedangkan dari aspek Pembina dan Pengembangan yaitu merupakan Dasar bagi pemerintah, penyelenggara pendidikan, S/M, dan masyarakat dalam upaya melakukan pembinaan, peningkatan dan pengembangan mutu sekolah dan madrasah.

Untuk melakukan kegiatan akreditasi pada satuan Pendidikan baik jenjang SD,SMP,SMA/SMK maka terlebih dahulu harus mengisi dan mempersiapkan instrument yang terdiri dari 8 standar yaitu :
1. Standar isi
2. Standar proses
3. Standar kompetensi lulusan
4. Standar pendidik dan tenaga kependidikan
5. Standar sarana dan prasarana
6. Standar pengelolaan
7. Standar pembiayaan
8. Standar penilaian

Ke delapan jenis standar tersebut wajib untuk di isi dan di sesuaikan dengan apa yang ada dan terjadi pada sekolah yang akan di akreditasi sehingga tim visitasi nantinya dapat dengan mudah melakukan proses penilaian sesuai dengan standar yang telah di tetapkan.

Baiklah, sesuai dengan judul pada artikel di atas, maka kini saatnya saya akan membagikan bukti fisik akreditasi terbaru untuk sekolah yang telah menggunakan kurikulum 2013, dimana bukti fisik akreditasi sekolah yang akan saya bagikan ini terdiri dari :

a. Surat pernyataan pemberlakuan kurikulum 2013
b. Format daftar lulusan 1 tahun terakhir
c. Format data pendidik dan tenaga kependidikan
d. Format data siswa untuk setiap kelas
e. Format data sarana dan prasarana
e. Berita acara Workshop pengembangan Silabus K13
f. Daftar cek list maple yang memiliki Silabus
g. Format instrument pengumpulan data dan informasi pendukung ( IPDIP ) akreditasi tahun 2019 / 2020

Bagi anda yang membutuhkan bukti fisik akreditasi di atas maka silahkan anda download bukti fisik akreditasi tahun tersebut pada judul di bawah ini :
  • Surat pernyataan pemberlakuan kurikulum 2013 (disini)
  • Format daftar lulusan 1 tahun terakhir (disini)
  • Format data pendidik dan tenaga kependidikan (disini)
  • Format data siswa untuk setiap kelas (disini)
  • Format data sarana dan prasarana (disini)
  • Berita acara Workshop pengembangan Silabus K13 (disini)
  • Daftar cek list maple yang memiliki Silabus (disini)
  • Format instrument pengumpulan data dan informasi pendukung (disini)
Seluruh file di atas saya buat dalam format word dan exel sehingga dapat dengan mudah untuk di sesuaikan dengan kebutuhan di sekolah bapak dan ibu guru masing-masing.
Demikianlah file dari bukti fisik akreditasi terbaru yang dapat saya bagikan pada artikel ini semoga apa yang telah saya bagikan tersebut sungguh benar-benar dapat bermanfaat bagi sekolah bapak dan ibu guru yang saat ini akan melakukan kegiatan akreditasi sehingga seluruh proses akreditasi tersebut dapat berjalan dengan lancar serta dapat memperoleh nilai yang baik sesuai dengan yang di harapkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel