CARA CEPAT MENGGANTI TEKS DI WORD 2016

Pada postingan kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial mengenai beberapa cara singkat yang dapat kita lakukan saat melakukan proses pengetikan di Microsoft office word 2016.
Salah satu yang ingin saya bahas pada kesempatan kali ini yaitu mengenai cara mudah dan cepat dalam mengganti atau merubah teks saat kita mengetik atau akan mengedit suatu data dengan menggunakan Microsoft office word 2016.

Merubah teks yang saya maksud disini yaitu merubah suatu teks atau kalimat yang banyak. Sebagai contoh misalnya apabila anda sedang mendownload suatu data di internet, anggaplah data tersebut salah satu contohnya adalah data mengenai makalah yang di dalamnya berisikan banyak kata – kata atau tulisan dengan kata tahun 2019.

Berhubung karena kita ingin membuat suatu makalah yang mana tahun yang akan kita gunakan adalah tahun 2020, maka mau tidak mau kita harus merubah seluruh data yang ada di makalah tersebut dari tahun 2019 menjadi tahun 2020.

Nah dari penjelasan contoh di atas tentunya untuk merubah data tahun 2019 menjadi tahun 2020 akan sangat mudah untuk kita lakukan apabila tulisan angka 2019 tersebut hanyalah satu atau 2 kata saja, namun bagaimana jika tulisan tahun 2019 yang ada di dalam makalah yang kita download tadi jumlahnya sangat banyak, tentunya hal ini akan sangat melelahkan kita apabila kita akan merubah satu persatu tulisan 2019 tersebut agar dapat menjadi 2020.

Melalui postingan kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai cara cepat dalam merubah teks seperti pada contoh ilustrasi diatas. Cara ini terbilang sangat mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga saat kita akan melakukan pekerjaan ini kita tidak kehabisan waktu hanya untuk mengganti suatu teks yang sebenarnya kita dapat melakukannya dengan mudah.

Penjelasan cara cepat mengganti teks yang akan saya berikan ini dapat anda lakukan ketika anda mengetik menggunakan Microsoft office word 2016.
Microsoft office word 2016 merupakan aplikasi word yang masih sangat baru  dan masih belum banyak orang yang menggunakannya namun dari segi fitur dan menu yang di gunakan meskipun beda dangan Microsoft office word versi sebelumnya namun tujuan dari penggunaanya adalah sama.

Kembali lagi pada pokok bahasan seperti pada ilustrasi di atas dimana apabila kita ingin merubah angka tahun 2019 tersebut agar menjadi tahun 2020 hanya dengan hitungan detik kita dapat mengganti tulisan 2019 yang jumlahnya sangat banyak maka kita dapat melakukannya dengan cara seperti pada penjelasan di bawah ini.

1.   Silahkan buka word 2016 anda ( sebagai contoh saya ingin mengganti teks 2019 menjadi 2020)

2.   Untuk dapat mengganti tulisan 2019 menjadi 2020 di word 2016 maka silahkan klik menu Ctrl + H pada keyboard computer/laptop anda, seperti terlihat pada gambar di bawah ini


3.   Maka akan tampil hasil seperti pada gambar di bawah ini


4.   Langkah selanjutnya silahkan klik menu “Replace” seperti pada gambar di bawah ini


5.   Pada kolom find what silahkan anda ketikkan angka 2019 seperti gambar di bawah ini


6.   Setelah itu pada kolom “Replace With” silahkan anda tuliskan angka 2020


7.   Setelah itu agar seluruh angka 2019 yang ada di word tersebut berubah semuanya menjadi angka 2020 maka silahkan klik menu “Replace All” yang ada pada bagian bawah seperti pada gambar di bawah ini



8.   Setelah anda menekan tulisan menu “Replace All” maka akan tampilan peringatan seperti pada gambar di bawah ini


9.   Maksud dari peringatan tersebut adalah bahwa jumlah seluruh angka 2019 yang akan di ganti yang terdapat di dalam word tersebut berjumlah 45 item.

Nah jika anda setuju angka 2019 tersebut seluruhnya akan di ganti dengan angka 2020 maka silahkan klik "OK" pada tampilan peringatan tersebut, seperti pada gambar di bawah ini



Apabila seluruh langkah-langkah di atas telah anda terapkan maka silahkan anda lihat hasilnya dimana seluruh tulisan angka 2019 tadi pasti akan berubah menjadi angka 2020 secara keseluruhan.

Bagaimana sangat mudah bukan ?
Semoga penjelasan yang telah saya sajikan pada postingan kali ini dapat bermanfaat buat anda yang sedang mencari informasi mengenai cara mudah dan cepat dalam mengganti teks menggunakan word 2016.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel