-->

√ 8 Langkah Cara Cek Info GTK 2020 Tanpa Username dan Password

Kherysuryawan.id - Cara Login Info GTK Tanpa Password dan Username.
Bagi guru yang sudah bersertifikasi link info GTK merupakan sebuah web yang sangat penting untuk melihat kevalidan sebuah data bagi guru yang telah memiliki sertifikat pendidik.
Di link info GTK itulah guru-guru dapat mengetahui apakah data yang dimiliki telah valid dan layak menerima SKTP atau masih belum valid dan memerlukan perbaikan data.

Seluruh data yang ditampilkan melalui link info GTK merupakan data hasil penarikan dari aplikasi dapodik sekolah masing-masing, sehingga jika ada kesalahan yang terjadi pada tampilan data yang ada di link info GTK maka untuk melakukan perbaikannya dapat dilakukan melalui aplikasi dapodik sekolah.
Seperti yang kita ketahui bahwa bagi guru yang sudah bersertifikasi maka harus memiliki jam mangajar minimal 24 jam perminggunya. Adapun tugas tambahan yang di akui di dalam aplikasi dapodik dan dapat di hitung jamnya adalah tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah, kepala laboratorium, kepala perpustakaan, wali kelas, dan guru Pembina ekstrakurikuler.

Apabila ada guru yang memiliki jam mengajar yang linier kurang dari 24 jam maka pastinya guru tersebut tidak akan menerimakan SKTP atau verifikasi data sertifikasinya di nyatakan belum valid karena jumlah jam mengajarnya belum mencukupi sebagai calon penerima sertifikasi.

Selain untuk melihat valid dan tidak nya data jam mengajar maka terdapat banyak persoalan yang terkadang muncul pada menu laman info GTK setiap guru, baik data individu guru maupun data sekolah yang menjadi penunjang bagi kelancaran sertifikasi guru.
Salah satu hal penting yang juga harus selalu di perhatikan pada laman info GTK yaitu mengenai valid tidaknya sebuah rombel dengan jumlah siswa yang ada pada rombel tersebut.

Bagi anda yang merupakan guru sertifikasi dan telah melakukan pengecekan data sertifikasi di laman info GTK serta data anda telah di nyatakan valid maka tentunya anda akan merasa senang sebab jika data anda telah di nyatakan valid maka bisa di pastikan anda akan mendapatkan SKTP dan dapat melakukan pencairan dana tunjangan sertifikasi. Namun bagi guru yang datanya belum valid maka mau tak mau harus dapat memperbaiki data nya agar dapat menjadi valid demi mendapatkan tunjangan sertifikasi guru.

Banyak guru-guru yang ada di Indonesia masih belum mengetahui bagaimana cara untuk bisa mengecek data sertifikasi mereka di laman info GTK sehingga mereka masih selalu berharap pada operator dapodik sekolah untuk bisa membantu mereka dalam melakukan pengecekan data di laman info GTK padahal seharusnya guru itu sendirilah yang harus dapat melakukan pengecekan data kepegawaiannya di laman info GTK.

Seperti yang kita ketahui Bersama bahwa ada beberapa hal penting yang harus di persiapkan oleh seorang guru ketika akan melakukan pengecekan data sertifikasi di laman info GTK, yaitu berupa username dan password yang nantinya akan di gunakan login di laman info GTK.
Adapun username yang di gunakan oleh setiap guru untuk bisa login di laman info GTK ialah berupa email yang di ambil dari akun masing-masing guru yang ada di aplikasi dapodik.
Untuk mendapatkan akun guru maka dapat memintanya melalui operator dapodik sekolah, begitu juga dengan passwordnya dapat di minta melalui operator dapodik sekolah.

Sebenarnya untuk bisa login kelaman info GTK bagi setiap guru dapat dilakukan meskipun tanpa menggunakan username dan password, oleh sebab itulah pada postingan ini saya akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara untuk bisa mengakses laman info GTK tanpa menggunakan username dan password.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial mengenai bagaimana cara untuk bisa masuk kelaman info GTK tanpa harus login menggunakan username dan password, namun cara yang akan saya berikan ini harus dimulai dari operator dapodik sekolah sehingga dari operator dapodik sekolah maka nantinya guru-guru akan dapat memperoleh sebuah link yang dapat di gunakan untuk mengakses laman info GTK tanpa lagi harus menggunakan username dan password.
Baiklah untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasannya :
(Cara ini hanya bisa dilakukan oleh operator dapodik sekolah)
  • Langkah kedua,Silahkan anda login ke dalam menu manajemen dapodik sekolah dengan cara klik "login" dan pilih “manajemen sekolah” seperti pada gambar di bawah
  • Langkah ketiga,masukkan “username” dan “password” pada kolom yang tersedia dengan menggunakan username dan password dapodik anda kemudian silahkan lanjutkan dengan mengklik tulisan “kelola data sekolah”.
  • Langkah keempat,Klik tulisan “ kelola data pokok”
  • Langkah kelima, akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini dan klik menu “ GURU DAN TENDIK” 
  • Langkah keenam, silahkan pilih nama guru yang akan di cek info sertifikasinya di laman info GTK kemudian pada bagian paling bawah geser scrol ke arah kanan hingga mendapatkan logo untuk dapat mengakses ke data guru tersebut, lalu klik logo tersebut seperti pada gambar di bawah ini


  • Langkah ke tujuh, klik tulisan "Info GTK"
  • Langkah kedelapan, akan muncul url/link yang akan di gunakan untuk mengakses info GTK. Nah di sinilah kunci untuk mengetahui bagaimana cara agar nantinya guru tersebut dapat masuk ke laman ingo gtk tanpa menggunakan username dan password. Caranya adalah silahkan anda tambahkan tulisan pada url/link yang telah anda dapatkan tadi(perhatikan pada link yang saya beri warna biru di bawah ini. sebagai contoh apabila url yang anda dapatkan adalah:
    (http://info.gtk.kemdikbud.go.id/index.php?s=1&data=MDAwMDAwMDAwMDAwMDAwMDsxNTQNzQwNjQxMjAwMnkT) maka silahkan anda tambahkan menjadi: (
    http://info.gtk.kemdikbud.go.id/info_2019_s2/index.php?s=1&data=MDAwMDAwMDAwMDAwMDAwMDsxNTQyNzQwNjQxMjAwMnkT) setelah itu silahkan anda copy link tersebut dan anda berikan kepada guru yang bersangkutan.

Apabila guru yang bersangkutan tersebut membuka/mengakses link tersebut maka secara otomatis laman info GTK akan dapat terbuka tanpa lagi harus memasukkan username dan password.
Nah tugas operator sekolah agar dapat memberikan link yang dapat diakses kelaman info GTK bagi seluruh gurunya yang ada di sekolah maka dapat melakukan cara di atas dan dilakukan bagi setiap guru-guru yang ada di sekolahnya.

Demikianlah yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya dan semoga apa yang anda telah coba melalui cara yang telah saya bagikan tersebut dapat berhasil anda terapkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel